10 Cara Atasi Tantangan Terbesar dalam Hidup
Wellness Coaching

10 Cara Atasi Tantangan Terbesar dalam Hidup

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Hidup adalah dinamika, penuh tantangan yang bergulir terus silih berganti. Satu hari Anda merasa bisa mengatasi semuanya. Kemudian, hanya dalam hitungan detik Anda seakan dilempar ke tepi jurang yang menyeramkan. Anda tidak sendirian jika merasakan hal seperti ini. Setiap orang harus menghadapi rangkaian tantangannya sendiri.

Belajar mengatasi tantangan akan membuat Anda tetap tangguh dan tenang berada dalam situasi yang penuh tekanan. Setiap orang memiliki caranya sendiri untuk mengatasi berbagai tantangan dalam hidup. Walau begitu, ada beberapa trik dan tips yang bisa diikuti untuk menemani Anda menghadapi tantangan tersebut. Anda bisa memilihnya dari daftar di bawah ini.

10 Cara Atasi Tantangan Terbesar dalam Hidup

1. Membuat rencana

Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi esok tetapi kita bisa membuat rencana. Tengoklah sebentar pola hidup Anda dan kenali tantangan-tantangan yang sedang Anda hadapi sekarang. Perkirakan hasil potensial yang akan muncul dan buatlah rencana bagaimana Anda akan mencapai hasil tersebut. Jika Anda bekerja jauh dari rumah dan dapat mengantisipasi jenis tantangan yang mungkin dihadapi, maka Anda bisa membuat rencana lebih awal. Sederhananya seperti ini, jika tantangan adalah pengelolaan waktu, maka Anda dapat belajar dan membuat rencana bagaimana mengelola waktu yang dimiliki agar optimal.

2. Anda tidak sendirian

Setiap orang di dunia ini pernah mengalami masa buruk dalam hidupnya. Beberapa mungkin lebih bisa menyembunyikannya lebih baik dibandingkan orang lain. Tetapi kenyataannya adalah, apapun yang sedang Anda lalui, ada orang lain yang juga mengalami hal sama. Jadi, Anda tidak sendirian. Cobalah untuk bicara pada orang yang kiranya bisa menjadi pendengar yang baik. Ungkapkan perasaan Anda dan ekspresikan kekhawatiran Anda terkait berbagai aspek dalam hidup Anda.

3. Meminta bantuan

Anda tidak sendiri jadi Anda bisa menemukan bantuan. Singkirkan rasa malu karena meminta bantuan, terlepas siapa yang Anda tuju, apakah pasangan, orang asing, mentor, teman, sahabat, atau siapapun yang ingin membantu Anda mencapai keberhasilan dalam hidup.

4. Me time

Menutupi perasaan Anda yang sebenarnya tidak akan membuat rasa itu pergi. Rasa itu malah akan menjadi energy yang terjebak dan memicu konsekuensi negatif jika diabaikan. Luangkan waktu untuk merasakan energy tersebut secara khusus. Me time, begitu menurut istilah anak milenial sekarang. Me time ini bisa dalam bentuk meditasi, menulis jurnal, atau pengalaman katarsis.

Baca juga Mengenal Emosi Negatif dalam Diri

Ketika Anda merasakan perasaan Anda dan membaginya dengan orang lain, mungkin Anda akan bisa melihat situasi yang sedang dihadapi sekarang dengan perspektif baru. Cara ini bisa membawa Anda pada solusi terbaik dan mampu mengatasi tantangan yang sedang dihadapi sekarang.

5. Menerima dukungan

Meminta bantuan hanyalah satu sisi dari koin. Di sisi lain, Anda juga harus terbuka dan bersedia menerima dukungan dari orang yang benar-benar menyayangi dan perhatian pada Anda. Bukalah hati untuk menerima bantuan saat Anda membutuhkannya.

6. Menolong orang lain

Peribahasa menyebutkan, “Apa yang kau tabur itulah yang kau tuai.” Jika Anda sedang berjuang mengatasi masalah namun memiliki saran bagi seseorang yang sedang melalui masa sulitnya, maka berikan pertolongan padanya. Menolong orang lain bukan hanya bermanfaat bagi mereka, tetapi juga bis amembuat Anda merasa lebih senang dan bahagia.

7. Think big

Adalah mudah membuat Anda berpikir sempit akibat rasa takut akan kegagalan, atau bahkan rasa takut untuk membuat keputusan. Namun, untuk meraih hal besar dalam hidup, Anda harus bisa mengambil risiko. Apapun tantangan yang ada, berpikirlah dengan luas dan bermimpilah setinggi-tingginya. Dengan afirmasi seperti ini maka Anda akan meraih lebih dari yang pernah Anda bayangkan. Jangan biarkan pikiran menghalangi jalan Anda.

8. Positive mindset

Apa yang Anda pikirkan akan menjadi kenyataan. Cobalah melatih pikiran Anda untuk berpikir positif. Cara ini membutuhkan waktu dan latihan yang dimulai dengan kesadaran mental. Anda bisa melatih kesadaran Anda melalui teknik meditasi. Ketika Anda bisa mengenali pikiran Anda dan membiarkannya melewati Anda, maka Anda akan bisa menghentikan pikiran negatif yang menghalangi jalan Anda.

9. Pantang menyerah

Ketika tantangan muncul, apakah itu berupa ujian kelulusan atau masalah finansial, janganlah menyerah! Kegigihan adalah kunci utama dalam mengatasi berbagai tantangan. Menyerah artinya Anda tidak akan bisa melalui tantangan juga belajar dari hal tersebut.

10. Kerja cerdas bukan kerja keras

Secara umum, ada lebih dari satu cara untuk menyelesaikan tantangan, namun hanya ada satu cara optimal untuk melakukannya. Yaitu dengan bekerja cerdas bukan bekerja keras. Mulailah dengan mengenali sumber daya dan kemampuan Anda kemudian tentukan goal. Lalu, buatlah rencana dan menentukan proses yang bisa dilakukan untuk mencapai goal. Lakukan riset dan belajar dari pengalaman orang lain yang berhasil melalui tantangan yang sama. Optimalkan keahlian dan ide-ide yang Anda miliki untuk menghadapi tantangan itu dengan lebih baik. Tetap di jalur Anda dan mulailah bekerja.

Raih hidup sehat, bahagia dan seimbang dengan bantuan Wellness Coach kami.

Related Posts