5 Perbedaan Antara Goal dan Visi
Business Coaching

5 Perbedaan Antara Goal dan Visi

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Seringkali kita menganggap bahwa istilah visi dan goal itu memiliki makna yang sama, padahal sebenarnya ada perbedaan yang cukup jelas. Visi merupakan gambaran akan masa depan yang tervisualisasikan dengan jelas dan ingin dicapai oleh individu, namun jalan menuju kesana belum dapat ditentukan.

Disinilah goal berperan. Goal membantu Anda merancang jalan menuju visi dengan menentukan tonggak pencapaian di dalam perjalanannya. Jika Anda memiliki sebuah bisnis namun tidak memiliki visi maka bisnis Anda akan mengarah pada situasi yang tidak produktif.

Oleh karena itu visi dan goal adalah dua istilah yang selalu berjalan beriringan, tanpa salah satunya, maka yang lain tidak akan tercapai. Di bawah ini beberapa perbedaan penting yang memisahkan makna visi dan goal:

Goal menciptakan hasil

Goal merupakan perangkat untuk mencapai tujuan akhir yang sudah tergambarkan secara jelas dalam visi itu sendiri. Goal membutuhkan kerja keras, usaha, energi dan komitmen yang akan membawa Anda lebih dekat pada visi Anda. Misalnya, jika visi Anda menjadikan layanan bisnis Anda menjadi sebuah platform dunia dalam tiga tahun ke depan, maka Anda harus menentukan goal di setiap level dan memenuhinya dengan baik sebelum bisa mencapai visi.

Goal itu realistik

Sama halnya dengan mimpi, visi tetap tidak akan tercapai tanpa diiringi oleh goal. Untuk mencapai goal Anda juga membutuhkan objektif, yaitu pijakan-pijakan kecil yang akan membantu Anda meraih goal. Untuk merealisasikan visi Anda maka Anda membutuhkan goal dan juga objektif.

Baca juga 4 Cara Sederhana Merumuskan Visi Misi Perusahaan

Visi terbatas tetapi goal tidak

Imajinasi manusia itu tidak terbatas, seperti isi salah satu pidato Martin Luther King dimana pada saat itu tidak pernah terpikirkan, namun kemudian menjadi terwujud menjadi kenyataan beberapa tahun kemudian. Oleh karena itu, visi tidak ada batasnya, dan visi bisa terwujud dengan usaha dan kerja keras. Visi Anda akan sejauh imajinasi Anda, namun goal yang akan menarik Anda jauh diiringi oleh kemampuan, keahlian, dan kegigihan.

Goal memerlukan aksi tetapi visi tidak

Tidak ada yang tidak mungkin bagi siapapun untuk bisa mewujudkan visinya. Dan untuk mencapai visi tersebut, setiap orang harus merancang langkah terbaik menuju visi tersebut. Ketika Anda ingin memiliki badan yang lebih sehat dalam waktu tiga bulan maka Anda akan menentukan langkah apa yang harus dilakukan untuk mencapai visi Anda tersebut.

Goal dibuat untuk jangka pendek tetapi visi tidak

Goal biasanya merupakan daftar hal yang akan Anda lakukan dalam waktu dekat. Ketika Anda menyelesaikan salah satunya maka Anda akan bergerak menyelesaikan goal berikutnya. Namun visi merupakan proses yang bertahap yang memerlukan waktu lebih panjang untuk mewujudkannya.

Anda harus menjadi penentu goal dan seorang yang visioner untuk bisa membawa bisnis Anda melangkah dan siap menghadapi petualangan yang penuh dinamika. Lagipula, jika Anda tidak memiliki gambaran apa yang akan dicapai nanti, bagaimana Anda bisa bertahan dalam gempuran tantangan yang ada?

Raih kesuksesan bisnis Anda dengan bantuan Business Coach kami.

Related Posts