5 Sifat Leadership Dalam Keluarga
Parenting Coaching

5 Sifat Leadership Dalam Keluarga

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Keluarga bisa diibaratkan sebagai satu bentuk organisasi kecil yang memiliki pemimpin bersama para anggotanya dengan tugas dan peran berbeda. Sama halnya dengan sebuah organisasi besar atau perusahaan yang dikelola secara profesional, keluarga juga harus bisa dikelola oleh mereka yang berada di dalamnya.

Masing-masing anggota memiliki tanggungjawab dan memiliki kualitas leadership yang mampu menyokong keluarga untuk berkembang dan semakin solid dalam perjalanannya kemudian. Sifat leadership seperti apa yang penting untuk diketahui dan apakah sifat-sifat ini bisa membawa keluarga menghadapi berbagai tantangan hidup dengan baik?

Namun sifat kepemimpinan atau leadership ini adaptif karena justru seorang pemimpin yang baik bisa menyesuaikan gaya kepemimpinannya sesuai dengan situasi yang ada, meski memang ada beberapa karakteristik leadership yang konsisten dalam berbagai situasi. Seorang pemimpin bisa memahami apa yang harus dikerjakan dan memotivasi orang lain untuk berkolaborasi mencapai goal bersama.

Berikut ini beberapa karakter leadership yang bisa diterapkan di dalam keluarga, yaitu:

1. Integritas

Seorang pemimpin yang baik bertindak dengan adil, jujur dan penuh komitmen dan pemimpin yang baik juga menginspirasi orang lain untuk meraih kualitas kepemimpinan yang sama. Kepercayaan dan penghargaan berjalan seiring, ketika orang melihat Anda sebagai teladan maka mereka akan mengikuti Anda.

Baca juga Parenting Coaching: Memahami Pola Asuh yang Tepat bagi Anak

2. Visi

Untuk bisa memimpin dengan baik maka Anda harus bisa menetapkan visi dan membagikannya dengan seluruh tim. Seorang pemimpin yang efektif bisa melihat suatu hal dalam gambaran besar. Belajar untuk berkomunikasi untuk mengukur goal dan titik pencapaian yang sudah ditentukan. Dengan kejelasan visi ini, bukan hanya di saat menyenangkan tetapi juga di saat sulit, Anda akan menginspirasi dedikasi orang lain.

3. Kesadaran diri

Memahami kekuatan dan kelemahan merupakan sifat leadership yang sangat penting. Percaya diri mengerjakan suatu hal yang Anda kuasai dan pertimbangkan area yang harus diperbaiki dan dikembangkan lagi. Seorang pemimpin yang baik mau mengakui dan belajar dari sebuah kesalahan dan tidak takut untuk dikritisi. Pemimpn yang baik tahu apa yang dipikirkan orang lain tentang mereka dan bisa memahami kontribusinya pada organisasi secara menyeluruh.

4. Ketegasan

Seorang pemimpin yang baik tidak pernah takut memimpin. Mereka bisa mempertimbangkan, membuat keputusan yang meyakinkan dan mampu mempertahankan hasilnya. Mereka akan menganalisa langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai goal dan tetap pada jalurnya meskipun ada berbagai hambatan dan halangan yang mengganggu. Jangan pernah takut meminta pendapat orang lain untuk menemukan solusi yang dicari, namun jangan tunduk pada tekanan atau bertindak melawan penilaian terbaik Anda.

5. Kolaborasi

Sulit untuk memimpin satu tim dimana setiap anggotanya tidak merasa terikat satu sama lain. Untuk alasan ini, seorang pemimpin harus bisa membuat anggota tim merasa dipercaya, memiliki nilai dan dukungan. Jangan sungkan untuk mendengarkan orang lain dan menerima masukannya, akan lebih bagus jika bisa mendorong mereka untuk bicara dan mengambil risiko. Bukalah satu diskusi yang terbuka dan jujur dan fokus untuk menemukan resousi efektif dari sebuah konflik.

Tidak ada orang yang memiliki sifat kepemimpinan secara alami karena sama halnya dengan keahlian lain, kepemimpinan memerlukan talenta. Untuk itu pupuklah kualitas yang tersebut di atas lalu aplikasikan dalam keluarga Anda.

Bangun keharmonisan hubungan orang tua dan anak dengan bantuan Parenting Coach kami.

Related Posts