Apakah Emotional Wellness Itu?
Wellness Coaching

Apakah Emotional Wellness Itu?

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Kesehatan mental menjadi salah satu tantangan besar saat ini, dimana diperkirakan satu dari lima orang individu menderita karena kesehatan mental setiap tahunnya. Kesehatan emosional merupakan istilah yang sering dipakai di lingkup spiritual dan seringkali digunakan untuk menangkis tantangan mental. Tapi apa kesehatan emosional itu sebenarnya dan apa artinya menjadi sehat secara emosional?

Menurut National Center for Emotional Wellness, istilah kesehatan emosional mengacu pada kesadaran, pemahaman, dan pemerimaan emosi diri, serta kemampuan mengelola tantangan dan perubahan secara efektif. Ketika Anda bisa merasakannya maka Anda akan lebih sadar pada sensasi tubuh sendiri.

Semakin Anda beraksi sesuai perasaan dan emosi, maka dua hal ini akan semakin diandalkan. Menyadari momen hari ini dan merasakan diri dari dalam tanpa melihat terlalu banyak pada masa lalu atau masa depan, juga penting bagi kesehatan emosional Anda.

Baca juga Ciri-ciri Emotional Wellness yang Sehat

Menjadi sehat secara emosional akan mendorong Anda untuk lebih perlahan mengganggapi kehidupan. Menjadi sehat secara emosional juga bukan berarti harus bahagia setiap saat, tetapi Anda menjadi lebih sadar dan bisa beradaptasi dengan kondisi yang ada untuk membuat diri Anda merasa lebih baik.

Menjadi sehat secara emosional akan mengarah pada kehidupan yang lebih bahagia, penuh semangat, dan membuat Anda terdorong untuk mengoptimalkan potensi terbaik Anda. Sebagai manusia, kita semua memiliki tantangan dan masalah, namun, yang harus diperhatikan adalah bagaimana Anda mengatasi isu yang menentukan kesehatan emosional Anda. Juga, mengenai merangkul semua kebaikan dalam hidup dengan cara melihat melalui gelas setengah penuh, bukan setengah kosong.

Berikut beberapa pertanyaan yang bisa membantu Anda merasa yakin akan kesehatan emosional Anda:

1. Bagaimana Anda memperlakukan orang lain baik dalam kehidupan pribadi atau profesional?

Mereka yang memiliki kesehatan emosional baik cenderung lebih sensitif dan penuh kasih tentang akan kebutuhan orang lain, dan secara umum, lebih dermawan secara spiritual.

2. Apakah Anda bisa penuh syukur?

Mereka yang memiliki kesehatan emosional baik selalu merasa bersyukur atas hidup dan semua kebaikan yang diterimanya. Mereka lebih bisa menghargai daripada mengeluhkan apa yang tidak dimilikinya. Biasanya, mereka bisa menghitung berkat dalam hidup mereka, bukan berkaitan dengan materi atau uang, melainkan hal yang berhubungan dengan aspek spiritual dalam hidup mereka.

3. Apakah Anda bahagia dengan diri Anda sekarang?

Mereka yang memiliki kesehatan emosinal baik biasanya merasa cukup dengan dirinya sendiri. Mereka akan merasa hidup seperti yang diinginkannya. Mereka juga merawat diri secara fisik dan psikologis dengan baik melalui berbagai sikap yang menguntungkan. Biasanya, mereka bukan orang-orang yang penuh keluh kesah, melainkan, selalu mencari dan mencoba untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Mereka juga selalu terhubung dalam percakapan dengan diri sendiri secara positif.

4. Apakah Anda termasuk orang yang berpikiran terbuka dan fleksibel?

Artinya, Anda bisa menyadari dan mendengar pikiran sendiri juga renungan orang lain. Anda juga tidak merasa terikat pada suatu dogma atau filosofi namun mau mendengar pandangan dan renungan orang lain.

5. Apakah Anda memiliki tujuan hidup?

Mereka yang memiliki kesehatan emosional baik akan memiliki alasan untuk bangun di pagi hari. Mereka juga cenderung untuk melihat hidup dalam gambaran besar. Mereka cenderung mengetahui nilai-nilai hidup dan fokus pada hal itu. Tujuan hidup memberi mereka arti, secara profesional, orientasi pada keluarga, atau komunitas.

6. Apakah anda memiliki cara untuk mengelola stres?

Mereka yang memiliki kesehatan emosional baik mempunyai cara tersendiri untuk mengelola stres atau tekanan dalam hidup mereka, baik melalui meditasi, olahraga, ngobrol, atau melalui aktifitas kreatif seperti seni, musik atau menulis. Mereka bisa mempertahankan keseimbangan antara pekerjaan dan bersenang-senang.

Raih hidup sehat, bahagia dan seimbang dengan bantuan Wellness Coach kami.

Related Posts