Business Coaching, Sukses Berwirausaha
Business Coaching

Business Coaching, Sukses Berwirausaha

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Business Coaching terkait dengan pengembangan kewirausahaan. Coaching untuk bisnis ini berjalan antara tiga sampai 6 bulan antara seorang Coach dengan pengusaha yang ingin menata bisnis dan mencapai tujuan bisnis yang dibidik.

Hasil akhir dari Business Coaching adalah meningkatnya kemampuan pengusaha menumbuhkembangkan bisnis dan menghasilkan profit sesuai harapan.

Beberapa aspek yang akan ditata dalam Business Coaching diantaranya adalah:

1. Aspek produk yang akan dijual.

2. Proses bisnis yang dijalankan.

3. Pengelolaan karyawan.

4. Pengembangan mindset dan perilaku entrepreneurship pemilik bisnis

Business Coaching disesuaikan dengan Level Pengusaha

Tujuan bisnis dalam Business Coaching ditentukan oleh level pengusaha. Jika Anda termasuk seorang pengusaha muda yang sedang merintis usaha maka tujuan bisnis yang bisa dicapai adalah kemampuan memetakan pasar, memutuskan produk yang akan dijual dan tahu cara menjual produk dengan baik.

Namun, jika Anda termasuk pengusaha level menengah yang sudah menjalankan bisnis selama minimal lima tahun berjalan dan ingin mengembangkan bisnis dengan membuka cabang baru, maka Business Coaching akan lebih berkonsentrasi pada aspek finansial dimana pengelolaan finansial yang baik akan membantu pengusaha meraih sukses saat membuka cabang usaha baru.

Membentuk Karakter Entrepreneurial

Terlepas dari itu, baik Anda sebagai pengusaha baru ataupun sudah cukup berpengalaman, Business Coaching akan fokus pada pembentukan mindset dan perilaku entrepreneurship, seperti kemampuan membaca peluang, kegigihan berusaha, keberanian untuk bereksperimen, dan mampu membangun hubungan baik dengan karyawan dan konsumen sebagai target market bisnis.

Baca juga 5 Mindset Pebisnis Sukses

Seorang Coach di Business Coaching dapat juga berperan sebagai mentor yang akan memberikan pandangan dan masukan positif, juga berbagi pengalaman praktis untuk mendukung kesuksesan bisnis Anda.

Ada tiga kategori pengusaha yang membutuhkan Business Coaching ini, sebagai berikut:

1. Calon pengusaha

Calon pengusaha adalah Anda yang belum pernah menjalankan bisnis namun sedang merencanakan produk yang akan dijual, melihat pasar yang akan disasar, cara penjualan yang tepat dan menghitung kalkulasi finansial.

Ada beberapa kategori calon pengusaha yang belum memiliki pengalaman menjalan usaha sebelumnya, sebagai berikut:

- Anak muda yang sedang membangun perusahaan baru / start-up.

- Pensiunan yang sudah purna bakti dan ingin menekuni area bisnis baru.

- Karyawan perusahaan yang ingin menjalankan bisnis secara part-time.

2. Pengusaha Organik

Pengusaha organik adalah Anda yang sudah memiliki usaha dan masih belum puas dengan keuntungan yang dihasilkan selama sekian lama namun belum menunjukkan peningkatan yang signifikan.

Pengusaha organik ingin mengelola bisnis secara professional dan memperoleh keuntungan lebih banyak melalui perencanaan-perencanaan bisnis yang lebih rapi dengan pengelolaan manajemen yang tertata baik.

3. Pengusaha Modern

Pengusaha modern adalah Anda yang terbilang sukses dan ingin mengakuisisi pasar di skala lebih besar dengan cara membuka cabang baru, menjual produk secara online, atau meningkatkan proses bisnis melalui fungsi-fungsi digital dimana produk bisa terjual lebih banyak dan memiliki produk turunan yang bisa menjadi icon di bisnis tersebut.

Secara fundamental, Business Coaching akan membantu para pengusaha untuk memiliki karakter entrepreneurship yang kuat dalam menjalankan bisnisnya.

Hasil akhir dari Business Coaching ini adalah apapun jenis usaha yang dijalankan oleh pengusaha diharapkan bisa mewakili visi dan motivasi si pengusaha untuk menciptakan pekerjaan baru yang tumbuh dari perkembangan produk dan pasar.

Dengan melibatkan inovasi maka pengusana dilatih untuk berpikir kreatif dan memberikan kepuasaan besar pada pelanggan mereka dan konsumen secara luas.

Raih kesuksesan bisnis Anda dengan bantuan Business Coach kami. 

Related Posts