Dampak Pemimpin dan Kepemimpinan yang Baik pada Masyarakat
Leadership Coaching

Dampak Pemimpin dan Kepemimpinan yang Baik pada Masyarakat

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Ketika bicara tentang kepemimpinan (leadership), kebanyakan orang ingin belajar cara menjadi pemimpin yang baik dalam pekerjaan. Konteks pemimpin dalam perusahaan adalah topik panas yang selalu berlanjut karena setiap orang ingin belajar menjadi pengusaha sukses dan bos terbaik sebisa mungkin.

Namun, kepemimpinan bukan hanya seputar ruang lingkup pekerjaan saja tetapi juga lebih luas, yaitu dalam ruang lingkup masyarakat. Bahkan, kepemimpinan dahulu menjadi fenomena sosial sebelum akhirnya berubah menjadi suatu kemampuan profesional. Kualitas kepemimpinan hari ini merupakan aspirasi dari para pemimpin  dengan latar belakang sosial dan politik sebelumnya.

Manusia secara alami adalah makhluk sosial yang hidup dalam kelompok besar dimana setiap individu harus beradaptasi dengan peran berbeda dan membaur dalam kelompok berbeda. Supaya terbentuk struktur di dalam masyarakat dan membantu masyarakat untuk tumbuh dan berkembang, maka secara alami manusia terbagi menjadi pemimpin dan pengikut.

Pemimpin adalah sosok yang memimpin jalan dan bergerak dari satu bagian ke bagian lain untuk memberi arahan, sedangkan pengikut menyelesaikan tugas yang diberikan kepadanya dan membantu membuat perubahan di dalam kelompok.

Baca juga Leadership Adalah Aksi dan Teladan Bukan Posisi Atau Gelar

Memahami peranan dan dampak dari suatu kepemimpinan yang baik di dalam masyarakat merupakan sebuah kajian yang menarik. Berbeda dengan kepemimpinan di lingkungan pekerjaan yang ruang lingkupnya lebih kecil, kita bisa lebih mudah mengidentifikasi struktur, menganalisa bagaimana kepemimpinan yang positif memberi pengaruh terhadap lingkungannya. Masyarakat adalah struktur yang fenomenal dengan banyaknya elemen dan faktor pendukung berbeda. Namun, masyarakat tidak terbatas pada satu tujuan, oleh karena itu kepemimpinan dalam masyarakat begitu luas dan tidak dapat diukur.


Kepemimpinan untuk mengadopsi perubahan sosial

Kepemimpinan adalah instrumental dalam menerima perubahan sosial. Sepanjang sejarah, apakah itu dalam rangka menghapus norma sosial, mengatasi kekuatan negatif atau modernisasi sejarah, perubahan sosial sangat tidak mungkin dilakukan tanpa keterlibatan sosok pemimpin yang baik.

Jika bicara mengenai mobilisasi masa, menyalakan hasrat masyarakat menuju suatu tujuan dan memotivasi orang untuk melakukan tindakan untuk meraih tujuan tersebut, rasanya tidak mungkin menyatukan masyarakat dan memberi inspirasi tanpa suatu kepemimpinan.

Seseorang harus menjadi penggerak meski sosok itu tidak harus seorang pemimpin secara profesional atau politik, namun sosok itu harus memiliki karisma untuk memotivasi dan menginspirasi orang banyak.

Kepemimpinan untuk masyarakat yang positif dan tentram

Rasanya menarik untuk diingat bahwa satu orang atau sekelompok kecil orang bisa memiliki pengaruh besar pada jutaan perasaan manusia di dunia. Masyarakat yang kehioangan pemimpinnya yang kompeten akan terlempar ke jurang kekecewaan dalam skala kecil dan kekacauan dan anarki dalam skala besar. Sosok pemimpin yang hebat bisa tetap memotivasi dan menginspirasi orang, bekerjasama untuk menjadi masyarakat yang lebih baik dan bukan hanya mementingkan keuntungan pribadi. Sosok pemimpin yang hebat bisa menghargai dan menghormati orang-orangnya ketika mereka mencapai kesuksesan dan mampu menciptakan masyarakat yang positif dan bahagia.

Ketika orang memiliki keyakinan pada pemimpinannya dan merasa diperhatikan baik dalam aspek ekonomi atau politik, maka mereka akan memiliki pemikiran yang lebih menyeluruh dalam masyarakat. Seorang pemimpin yang bisa menciptakan masyarakat yang bahagia, dan masyarakat yang bahagia akan bisa membangun bangsa yang kuat!

Maksimalkan potensi kepemimpinan Anda dengan bantuan Leadership Coach kami.

Related Posts