Manfaat Komunikasi Leadership dalam Interaksi Bisnis
Leadership Coaching

Manfaat Komunikasi Leadership dalam Interaksi Bisnis

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Menjalani peran apapun dalam bisnis mengharuskan Anda bisa menyampaikan ide dan visi dalam cara tertentu yang memicu terbentuknya keputusan, kerjasama tim dan aksi. Para pemimpin besar bisa memotivasi dan menginspirasi timnya melalui cara komunikasi yang jelas seraya meningkatkan kedisiplinan, akuntabilitas dan keselarasan strategi.

Membagikan informasi teramat penting bagi organisasi dan seingkali menjadi hal yang sulit seiring pertumbuhan organisasi tersebut. Para pemimpin senior harus bisa menetapkan contoh teladan dengan mengomunikasikan informasi setransparan mungkin dan menguatkan kepercayaan dari tim.

Sebuah organisasi akan sulit untuk berkembang jika informasi yang ada disimpan di masing-masing departemen saja. Secara prinsip, komunikasi dimulai ketika Anda mulai memegang peran pemimpin dan harus menggambarkan filosofi, prioritas, dan tujuan kepemimpinan Anda bagi organisasi.  

Baca juga 9 Tanda Anda Memiliki Leader Mindset

Komunikasi yang buruk hanya akan menghabiskan waktu percuma dan mengarah pada kesalahan. Anda harus bisa memastikan ada rencana jelas sebelum Anda berkomunikasi, termasuk menyampaikan instruksi dengan cara logis tanpa terkesan memerintah secara otoriter. Anda bisa membuat rencana penyampaian informasi seperti berikut:

1. Tetapkan tujuan dari tugas dan hasil yang diharapkan

2. Jelaskan berapa lama proses yang diperlukan dan tentukan tenggat waktu penyelesaian

3. Sebutkan sumber-sumber data yang diperlukan

4. Jelaskan mengenai detail tambahan

5. Ulangi komunikasi Anda dengan jelas

Mengapa harus mengulangi komunikasi Anda? Menyampaikan pesan berulangkali akan menguatkan pemahaman. Ada sebuah riset yang menyarankan pentingnya pengulangan komunikasi untuk meningkatkan pemahaman orang akan pesan yang Anda sampaikan. Berikut beberapa hal yang menjadi manfaat dalam komunikasi kepemimpinan:

1. Kemampuan menyampaikan pesan yang menginsipirasi dan memicu aksi

2. Kepercayaan diri saat menyampaikan ide dan visi organisasi pada seluruh tim

3. Menyampaikan pencerahan dan rekomendasi secara efektif

Disebutkan dalam sebuah riset di Universitas Harvard bahwa ketika komunikasi diulang maka sebuah proyek terbukti bisa diselesaikan lebih cepat dengan kesalahan minim (Neeley & Leonardi, 2011). jadi, pastikan Anda bisa mengulangi pesan karena hal ini terbukti berguna bagi tim Anda dan organisasi secara umum.

Anda bisa menggunakan media berbeda untuk mengulang komunikasi, misalnya ketika Anda sudah menyampaikan pesan dalam rapat koordinasi dengan tim tentang sebuah proyek baru maka Anda bisa menindaklanjuti pesan tersebut dengan mengirimkan email untuk memastikan pesan yang disampaikan adalah valid adanya.

Sebagai pemimpin, komunikasi adalah hal yang penting, bukan hanya untuk menyampaikan detail informasi dan visi dari rencana bisnis yang Anda buat, tetapi juga untuk memotivasi, menginspirasi, dan mengelola hubungan baik untuk menggerakkan orang ke arah yang ditetapkan untuk mencapai tujuan.

Terkadang, ketika Anda berada di posisi pemimpin, Anda tidak menyadari bahwa lampur sorot selalu mengarah pada Anda. Semua ucapan dan tindakan akan diteliti, baik ataupun buruk. Kata-kata dan aksi dapat menjadi kebiasaan dan kebiasaan berkontribusi untuk mendefinisikan karakter kita. Leadership merupakan hal istimewa yang harus kita dapatkan setiap hari.

Ingatlah satu hal fundamental bahwa prinsip komunikasi akan memicu semua interaksi bisnis.

Maksimalkan potensi kepemimpinan Anda dengan bantuan Leadership Coach kami.

Related Posts