Mengapa Etika dalam Bisnis itu Penting
Business Coaching

Mengapa Etika dalam Bisnis itu Penting

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Dalam setiap pekerjaan jenis apapun di bidang apapun selalu ada etika dalam proses bisnisnya. Apakah Anda bekerja untuk perusahaan kecil atau besar pun tidak ada perbedaan, semua harus memiliki etika bisnis. Mengapa etika bisnis penting untuk dipelajari?

Jika Anda masih ingat ketika The Wall Street kolaps beberapa tahun lalu, dimana institusi keuangan tersebut dinilai mengambil keputusan buruk dan dipertanyakan. Ada etika tanggungjawab bagi semua orang yang bekerja disana, mulai dari pimpinan hingga anak buah, semuanya harus menanggung tanggungjawab etis.

Disebutkan oleh para ahli, integritas merupakan konsep etika yang paling penting yang mencakup semua area bisnis. Ketika Anda bertindak dengan integritas maka perilaku etis akan muncul secara alami. Mereka yang memiliki integritas tinggi dipandu oleh serangkaian prinsip yang memengaruhi keputusan dan perilakunya.  

Orang yang berintegritas biasanya memiliki prinsip lain seperti kejujuran, rasa menghargai, tanggung jawab pribadi, rasa kasih dan ketergantungan. Kualitas seperti ini akan memengaruhi respon individu ketika menghadapi tantangan untuk membuat keputusan yang tepat.

Baca juga 5 Alasan Mengapa Mindset Berdampak pada Bisnis dan Kehidupan

Terkadang, membuat keputusan itu mudah namun tidak semuanya tepat. Jadi, diperlukan hal lain seperti prinsip-prinsip di atas untuk membuat sebuah keputusan yang tepat, apalagi ketika Anda harus mengambil keputusan di luar tanggung jawab dan tugas Anda.

Lalu, apa yang tepat untuk dilakukan? Tergantung pada tanggung jawab yang dimiliki oleh masing-masing. Karena kita pasti tahu ketika diberi tugas oleh atasan dan harus membuat keputusan di luar area kita, maka Anda harus tahu bahwa sudah waktunya untuk menarik perhatian orang lain. Jangan dipendam sendiri atau diabaikan ketika Anda tidak bisa mengambil keputusan karena jika Anda mengabaikan hal itu maka akan tercipta masalah yang besar.

Salah satu konsep etika bisnis yang harus diperhatikan adalah pentingnya dukungan kepemimpinan eksekutif untuk implementasi etika di dalam organisasi. Dalam sebuah organisasi, jika sebuah program ingin dijalankan tetapi tidak dimulai dari pimpinan maka akan sulit untuk tersebar luas ke seluruh bagian organissi. Bagaimanapun, pimpinan adalah model yang selalu dijadikan teladan oleh anak buahnya.

Menjalankankan praktik etika bisnis mungkin saja bukan merupakan metode yang menguntungkan organisasi dalam jangka pendek, tetapi penerapan etika bisnis ini akan sangat berguna untuk keberlangsungan organisasi dalam jangka waktu panjang. Semua orang pasti tahu bahwa berperilaku penuh etika akan menciptakan hasil bisnis yang positif.

Lingkungan bisnis yang mendukung dan memegang nilai-nilai etika yang kuat biasanya menjadi tempat kerja yang lebih menyenangkan dan produktif. Hal ini berpengaruh juga pada layanan pelanggan, dimana ketika pelanggan dilayani dengan menyenangkan maka mereka akan kembali dan tidak berpikir untuk berpindah ke lain hati.

Satu hal penting lainnya adalah, bahwa prinsip-prinsip etika bisnis di Indonesia akan memandu Anda menjalani kehidupan baik secara personal maupun profesional. Untuk menjadi individu beretika memerlukan seseorang melihat secara luas nilai-nilai universal dalam mengambil keputusan. Nilai universal ini akan berpengaruh besar bagi kehidupan individu dalam berbisnis ataupun dalam kehidupan pribadi.

Raih kesuksesan bisnis Anda dengan bantuan Business Coach kami.

Related Posts