Mengatasi Rasa Takut dan Cemas Berlebihan
Wellness Coaching

Mengatasi Rasa Takut dan Cemas Berlebihan

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Setiap orang pasti pernah mengalami rasa takut atau cemas, namun sebagian orang juga pernah merasakannya secara berlebihan. Rasa takut dapat menciptakan sinyal kuat sebagai respon dari situasi darurat, misalnya ketika Anda terjebak dalam kebakaran atau diancam orang lain.

Namun rasa takut, juga bisa tercipta ketika Anda menghadapi peristiwa tidak berbahaya seperti berbicara di depan orang banyak, mendapatkan pekerjaan baru, bertemu dengan orang yang disukai, atau bahkan ketika akan menghadiri acara pesta.

Rasa takut merupakan respon alami individu pada sebuah ancaman yang menghampiri. Rasa cemas merupakan salah satu jenis rasa takut yang biasanya ada dalam pikiran kita sendiri mengenai apa yang akan terjadi di masa depan, alih-alih momen yang sedang dijalani hari ini.

Rasa takut dan cemas berlangsung dalam waktu singkat kemudian berlalu, namun bisa juga berlangsung lama jika Anda terjebak di dalamnya. Dalam beberapa kasus, Anda akan merasakan dua hal itu sepanjang hidup dan berdampak pada kemampuan Anda untuk makan, tidur, konsentrasi, bepergian, atau bahkan sekadar meninggalkan rumah dan pergi ke kantor. Hal itu akan menghalangi Anda dari memenuhi kebutuhan hidup dan melakukan hal yang Anda inginkan. Terlebih lagi, situasi seperti itu akan memengaruhi kondisi kesehatan Anda.

Beberapa orang merasa kewalahan karena rasa takutnya dan berusaha menghindari situasi yang mungkin menyebabkan mereka takut atau cemas. Memecah siklus seperti ini tidak mudah, namun ada cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Anda bisa belajar untuk mengendalikan rasa takut dalam diri agar Anda bisa menjalani hidup dengan nyaman.

Baca juga Kenali Diri Sendiri Lebih Dekat dengan 5 Langkah Sederhana

Apa Penyebab Rasa Takut?

Banyak hal yang menyebabkan rasa takut pada diri kita. Takut pada sesuatu -misalnya api, bisa membuat Anda aman. Rasa takut pada kegagalan akan membuat Anda berusaha memberikan yang terbaik agar Anda tidak gagal, tetapi jika upaya itu terlalu berlebihan juga akan menghalangi keberhasilan yang bisa diraih.

Apa yang Anda takutkan dan bagaimana Anda merespon ketika Anda takut akan sangat berbeda pada setiap individu. Mengetahui penyebab rasa takut dan mencari tahu alasannya merupakan salah satu langkah awal untuk mengatasi rasa takut di dalam diri.

Apa Penyebab Rasa Cemas?

Karena rasa cemas adalah bagian dari rasa takut maka uraian singkat di atas juga berlaku untuk rasa cemas ini. Istilah ‘cemas’ cenderung menggambarkan kekhawatiran yang bertahan dalam jangka waktu lama. Istilah ini digunakan ketika seseorang mengalami ketakutan akan apa yang bakal terjadi, alih-alih yang sedang berlangsung saat ini.

Kecemasan merupakan istilah yang digunakan oleh ahli medis ketika menggambarkan rasa takut yang berlangsung terus menerus. Perasaan ketika Anda takut atau cemas itu mirip karena dasar emosinya sama.

Seperti Apa Rasa Takut dan Cemas Itu?

Ketika Anda merasa takut atau sangat cemas maka tubuh dan pikiran Anda bereaksi dengan cepat, dan hal-hal di bawah ini yang mungkin akan Anda alami:

1. Jantung berdegup kencang tidak seperti biasanya

2. Bernapas cepat

3. Otot tubuh menjadi lemah

4. Berkeringat deras

5. Rasa tidak nyaman di perut atau lambung

6. Sulit berkonsentrasi pada hal lain

7. Merasa pening

8. Mendadak beku tidak dapat melangkah

9. Sulit untuk makan

10. Keringat dingin

11. Mulut menjadi kering

12. Otot menjadi tegang

Hal-hal di atas terjadi karena tubuh Anda merasakan emosi takut itu dan bersiap untuk menghadapi momen darurat, sehingga aliran darah menjadi lebih cepat, meningkatkan kadar gula, dan membuat kondisi mental Anda fokus pada hal yang dianggap mengancam diri Anda.

Jika Anda merasa cemas, gejala yang sama juga akan terjadi pada diri Anda dengan rasa takut yang lebih tinggi sehingga Anda akan mudah teriritasi, sulit tidur, sakit kepala, mengalami isu seksual, atau bahkan kehilangan rasa percaya diri.

Visecoach bersama Coaching Indonesia mengajak Anda untuk mengatasi kondisi tersebut melalui pendampingan Wellness Coaching bersama Wellness Coach yang bersertifikasi Internasional dari ICF (International Coaching Federation). Anda akan mendapatkan pendampingan khusus untuk hal berikut:

1. Mengenali sumber-sumber ketakutan dari memori masa lalu dan kejadian terkini yang mengganggu wellbeing (situasi mental)

2. Melatih pikiran dan badan untuk merespon stimulasi emosi secara sadar

3. Membangun kebiasaan baru yang lebih memberdayakan diri untuk kualitas hidup yang lebih baik

Bebaskanlah diri Anda dari rasa takut dan cemas yang berlebihan, sadari darimana sumbernya berasal dan bangun semangat lebih tinggi lagi untuk meraih kualitas hidup yang lebih berdaya.

Raih hidup sehat, bahagia dan seimbang dengan bantuan Wellness Coach kami.

Related Posts