Menjadi Pemimpin, Tidak Mudah Namun Menyenangkan
Leadership Coaching

Menjadi Pemimpin, Tidak Mudah Namun Menyenangkan

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Banyak pernyataan yang terbentuk di seputar konsep kepemimpinan. Jika Anda mencari di Google dengan kalimat kunci “jenis-jenis kepemimpinan” maka akan muncul ribuan hasil yang berkaitan dengan kepimpinan seperti jenis kepemimpinan, karakteristik kepemimpinan, gaya kepemimpinan dan banyak lagi. Semuanya mengandung poin-poin valid. Namun, keindahan kepemimpinan tidak hanya tertuju pada satu pernyataan saja karena pemimpin bisa dibentuk, pemimpin bisa dilahirkan, pemimpin bisa tumbuh, pemimpin bisa tercipta karena terpaksa, dan lainnya.

Lalu, pertanyaannya adalah:

- Akan berakhir dimana semua pernyataan itu?

- Pertanyaan yang lebih baik … Dari mana semuanya berawal?

- Pertanyaan penting … Siapa yang benar?

- Pertanyaan terbaik … Pemimpin seperti apa yang Anda inginkan?

Menentukan arah

Mungkin kita bisa mulai dengan definisi kepemimpinan. Secara sederhana kepemimpinan adalah suatu aksi memimpin orang lain (seseorang ataupun kelompok) atau sesuatu. Kata kuncinya adalah ‘aksi’ dan kepemimpinan menuntut seseorang untuk melakukan suatu tindakan.

Kepemimpinan adalah tentang pengaruh

Kepemimpinan adalah kemampuan suatu entitas untuk mempengaruhi entitas lain. Kepemimpinan bisa memiliki arti berbeda bagi setiap orang. Ada diktator yang menganggap bahwa kepemimpinan muncul melalui rasa takut atau rasa sakit, sedangkan ada juga yang menganggap bahwa cara terbaik untuk memimpin orang lain adalah dengan melayani mereka.

Baca juga Kepemimpinan Dalam Kehidupan Sehari-hari

Kepemimpinan harus memberi

Untuk bisa memengaruhi orang lain maka mereka harus menerima sesuatu dari pemimpinnya, apakah itu berupa arahan, permintaan, atau pernyataan. Terlepas dari apakah baik, buruk, benar, atau salah, namun kita semua mengikuti seseorang atau mengikuti instruksi.

Kepemimpinan melibatkan pertumbuhan

Apa yang Anda dapatkan hari ini mungkin tidak akan sama di masa depan. Penting bagi Anda untuk menjaga pengaruh pada orang lain untuk jangka waktu panjang (seperti menjadi orangtua) atau bisa juga Anda hanya ingin memimpin orang lain dalam waktu tertentu saja (menjadi pelatih tim sepakbola misalnya).

Kepemimpinan menghasilkan keapikan

Sebagai pemimpin, Anda memiliki mandat tanggung jawab, keuali jika Anda terlahir dengan peran sebagai pemimpin, Anda mungkin akan mengalami kemenangan dan kekalahan. Pengalaman ini akan menjadi pilar pemikiran ketika Anda harus membuat keputusan sebagai seorang pemimpin. Pemimpin terbaik adalah pemimpin yang adil, namun pemimpin tidak akan isa bersikap adil jika hanya berjalan sendiri.

Menemukan kecintaan pada kepemimpinan

Memiliki rasa cinta untuk memimpin artinya semua tindakan Anda dalam keseharian selaras dengan kepemimpinan. Anda akan mengalami masa untuk memberi, mencapai titik pertumbuhan, dan keberuntungan yang apik.

Mencurahkan waktu, energi, sumber daya, dan pengetahuan adalah hal yang menjadi landasan dalam memimpin. Mereka yang lebih banyak memberi akan memimpin dengan lebih baik. Semakin Anda belajar semakin Anda bertumbuh. Semakin Anda bertumbuh semakin baik pribadi Anda.

Seiring dengan perjalanan Anda, akan muncul banyak kesalahan yang dibuat. Namun, kesalahan ini merupakan pembelajaran yang baik bagi diri sendiri juga bagi orang lain. Jatuh cinta menjadi pemimpin akan membuat kita bertanggung jawab atas mereka yang dipimpin. Anda menjadi pemimpin yang lebih baik dengan membimbing orang lain di bawah tanggung jawab Anda untuk menjadi pemimpin juga kemudian.

Pemimpin yang baik tidak takut melihat orang lain tumbuh ke dalam peran kepemimpinan mereka sendiri. Gary Vaynerchuk, seorang pengusaha sukses dari Amerika, pernah menyebutkan, “Jika Anda berada dalam lingkungan dimana pemimpin Anda tidak terlihat memberi bimbingan pada anak buahnya untuk tumbuh dan berkembang, maka sebaiknya Anda keluar dari lingkungan tersebut. Karena, pemimpin seperti itu hanya berjalan sendirian tanpa mempertimbangkan peran orang lain dalam kehidupannya.”

Maksimalkan potensi kepemimpinan Anda dengan bantuan Leadership Coach kami.

Related Posts