Menumbuhkan Kesadaran Diri untuk Pengelolaan Uang yang Lebih Baik
Leadership Coaching

Menumbuhkan Kesadaran Diri untuk Pengelolaan Uang yang Lebih Baik

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Bagaimana kita menafsirkan definisi pengelolaan uang di zaman teknologi modern saat ini? Semua orang menggunakan uang sebagai alat pertukaran. Uang merupakan nilai kuantitas yang sudah dipahami oleh semua individu sejak dahulu kala.  Tapi, pernahkan Anda berpikir bahwa uang memiliki peran yang lebih dari sekadar alat tukar?

Uang juga menjadi salah satu komponen yang menentukan kesejahteraan individu dalam perjalanan hidupnya. Kesejahteraan seseorang bukan hanya tentang jumlah saldo ATM kita atau pekerjaan apa yang menawarkan upah tinggi. Tetapi, juga tentang seberapa banyak jumlah uang yang diperlukan untuk memiliki hidup yang kita harapkan, hidup yang nyaman dan baik. Pernahkah Anda berpikir tentang hal itu?

Kenali Diri untuk Pengelolaan Keuangan Lebih Baik

Pengelolaan keuangan adalah topik yang sensitif. Masing-masing individu sudah tahu seberapa keras otak bekerja untuk membuat keputusan yang terkait dengan masalah keuangan. Kebimbangan ketika menyimpan uang sekian lama kemudian harus menghabiskannya untuk sesuatu yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

Jika Anda mengenal diri dengan lebih baik, kita bisa memilih keputusan yang akan membuat kita nyaman dan senang tanpa pernah terpikirkan sebelumnya. Ada banyak testimoni yang menyebutkan bahwa kesadaran diri yang baik dari individu membawa mereka pada keberhasilan.

Lalu, apa hubungannya antara kesadaran diri dengan manajemen keuangan? Tentu saja ada kaitannya, dimana kesadaran diri akan membawa individu pada tindakan dan perilaku yang lebih baik dalam membuat suatu keputusan. Dengan memahami apa yang dirasakan di dalam diri, maka kita akan bisa meraih pengelolaan diri yang lebih baik juga.

Baca juga Kenali Diri Sendiri Lebih Dekat dengan 5 Langkah Sederhana 

Ketika Anda melihat ke dalam diri dan melabeli diri sendiri, maka janganlah melabeli emosi Anda baik atau buruk. Pertimbangkan situasinya seperti ketika Anda akan duduk di meja yang sama dengan orang lain, apakah Anda akan nyaman atau tidak jika duduk di sebelah orang tersebut? Dengan menumbuhkan kesadaran diri maka Anda akan melalui proses dimana Anda bisa mengontrol pilihan-pilihan yang ada.

Lebih jauh lagi, ketika kita bisa berkomunikasi dengan baik dengan diri sendiri maka kita akan bisa mengenali harapan dan ekspektasi yang muncul dari orang-orang yang ada di sekeliling kita. Maksudnya adalah orang-orang yang berkorelasi dengan kondisi finansial kita dan memiliki asumsi sendiri tentang apa yang harus dilakukan meskipun sebenarnya hal itu tidak perlu.

Berlatih Meninjau keuangan Pribadi

Berlatih meninjau kondisi keuangan pribadi merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan manajemen keuangan yang baik. Dan, di banyak kasus orang enggan melakukan hal ini karena alasan malu atas keputusan finansial yang pernah dilakukan.

Latihan meninjau keuangan pribadi ini sederhana saja namun berdampak besar agar kita bisa lebih memahami diri sendiri. Banyak orang yang tidak ingin melakukan hal itu karena dirasa sulit untuk dilakukan. Soal uang adalah persoalan rumit, namun hal itu normal namun seringkali membuat otak kita terperosok jauh ke dalam lubang.

Banyak momen dimana kita seringkali sulit membuat keputusan finansial, namun sebenarnya bisa dilakukan dengan baik jika Anda bisa mengenali diri sendiri. Ingatlah untuk selalu mengasihi diri Anda dalam setiap tinjauan keuangan yang akan dilakukan. Katakan pada diri Anda bahwa Anda sudah melakukan yang terbaik. Anda sudah memilih yang terbaik berdasarkan kondisi yang ada saat ini. Anda adalah pengendali, bukan objek yang dikendalikan oleh emosi.

Bagaimana cara menata keuangan yang baik? Anda bisa mengikuti kelas pembelajaran mandiri “Money by Design” dimana Anda akan belajar cara menata keuangan yang berawal dari kesadaran diri terhadap emosi dan hal-hal yang berpotensi mengganggu kestabilan keuangan.

Mengapa kesadaran emosi? Karena salah satu musuh terbesar perencanaan keuangan adalah "emotional buying". Dan, emosi adalah bagian yang harus dikenali di dalam diri. Maka, kenali dari mana hal tersebut muncul dan rencanakan hidup dengan perencanaan keuangan yang matang. Dapatkan paket pembelajarannya disini bersama coach Daniel Wicaksana, ACC, CFP.

Maksimalkan potensi kepemimpinan Anda dengan bantuan Leadership Coach kami.

Related Posts