Pentingnya Growth Mindset dalam Bisnis
Business Coaching

Pentingnya Growth Mindset dalam Bisnis

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Memiliki growth mindset dalam bisnis adalah penting untuk membantu Anda meraih sukses. Dalam perjalanan bisnis, Anda banyak belajar dan berkembang dari setiap kesalahan yang ada, belajar merangkul tantangan, menelaah feedback negative, dan tidak merasa terancam dengan kesuksesan orang lain, juga menjadi pribadi yang tangguh.

Ada perbedaan antara growth mindset dan fixed mindset, seperti yang dinyatakan oleh Carol Dweck, seorang psikolog yang meneliti perilaku ini pada ribuan anak-anak selama 30 tahun. Individu dengan growth mindset percaya bahwa kecerdasan manusia bisa tumbuh berkembang, sedangkan individu dengan fixed mindset yakin bahwa kecerdasan manusia adalah tetap dan apa adanya yang dimiliki sekarang. Dalam tabel di bawah ini Anda bisa melihat perbedaannya.


Bagaimana growth mindset bisa membantu bisnis?

Penting sekali bagi pebisnis untuk banyak belajar dan meningkatkan keahlian dan pengetahuan dari waktu ke waktu agar bisa terus menguatkan bisnis dan mencapai goal yang ditetapkan. Goal dapat dicapai dengan usaha dan kerja keras yang berkelanjutan, menghadapi setiap tantangan dan kemunduran yang ada, seiring dengan pembelajaran baru yang muncul dalam perjalanannya.

Growth mindset dalam bisnis memberi kita kebebasan dan kesempatan untuk tumbuh dan berkembang, sedangkan fixed mindset membatasi gerak dan membuat kita kurang beradaptasi dengan perubahan. Hal inilah yang berdampak langsung pada kesuksesan kita.

Sebagai contoh, di saat pandemic sekarang ini banyak pebisnis yang harus mengubah cara operasional bisnisnya dan bagaimana mereka tangguh menghadapi kesulitan yang ada. Walau begitu, tanpa adanya krisis pun growth mindset sangat dibutuhkan oleh pebisnis.

Baca juga 5 Perbedaan Antara Goal dan Visi

Menjalankan bisnis memerlukan keahlian yang mumpuni di berbagai area, seperti customer service, marketing, branding, sales, system dan proses, teknologi dan manajemen keuangan. Bagaimanapun kita tidak bisa ahli di semua bidang, namun kita bisa belajar dan berkembang dalam proses bisnis, dibantu dengan kerja keras dan usaha yang konsisten, mampu mengatasi hambatan, belajar dari pebisnis lain, dan merangkul trial dan error. Yes, sebenarnya kita semua memiliki growth mindset dan fixed mindset dalam diri kita.


Memiliki growth mindset adalah suatu perjalanan yang melibatkan pemikiran kecil yang progresif dan melakukan perubahan lebih banyak daripada mengambil langkah besar dalam satu waktu. Kebanyakan dari kita tidak ada yang hanya memiliki growth mindset atau fixed mindset saja. Kita semua memiliki kombinasi keduanya dan semua itu bisa berubah-ubah setiap harinya.

Sebagai contoh, kapasitas Anda untuk merespon feedback negatif atau pandangan buruk ornag lain mungkin terbatas, namun keinginan Anda untuk mencari tahu dan belajar dari orang yang lebih ahli adalah bagian dari growth mindset. Ketika menghadapi situasi yang menantang apakah Anda merasa gugup dan berpikir negative? Ketika melihat orang lain sukses apakah Anda merasa terganggu? Memahami diri sendiri dengan baik bisa membantu mengidentifikasi apakah Anda memiliki orientasi growth mindset dan mengidentifikasi pemicu munculnya fixed mindset.

Ada beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mengubah orientasi pemikiran menjadi growth mindset dalam bisnis, sebagai berikut:

1. Konsisten menjalankan bisnis dengan usaha dan kerja keras

2. Menetapkan goal belajar agar Anda bisa selalu belajar dari siapa pun yang lebih ahli di bidangnya

3. Menghadiahi diri sendiri atas pencapaian kecil yang ada

4. Mencoba melihat tantangan sebagai peluang

5. Mengantisipasi risiko dan yakin mengambail risiko yang terukur

6. Jadilah tangguh dan siap menghadapi berbagai stuasi sulit

7. Merefleksikan kesalahan secara objektif, folus pada apa yang sudah dipelajari dan bagaimana mengaplikasikannya pada bisnis Anda

8. Belajar memberi dan menerima kritikan

9. Banyak bersyukur dan merefleksikan pembelajaran secara berkala

10. Meningkatkan orientasi berpikir pada growth mindset dalam tim kerja

Raih kesuksesan bisnis Anda dengan bantuan Business Coach kami.

Related Posts