Pentingnya Memahami Cara Pengasuhan Efektif di Era Digital
Parenting Coaching

Pentingnya Memahami Cara Pengasuhan Efektif di Era Digital

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Kita hidup di zaman di mana batas-batas pengasuhan tradisional sedang ditantang. Cara kita berpikir tentang mengasuh anak berubah. Kita perlu lebih menyadari pentingnya sentuhan dan keintiman untuk membesarkan anak-anak kita dengan sentuhan yang sehat.

Sama seperti banyak aspek kehidupan lainnya, orang tua modern dihadapkan pada tantangan baru yang tidak pernah terdengar beberapa dekade lalu. Ada kecenderungan yang meningkat menuju pola asuh yang lebih permisif - yang ditandai dengan tingkat keterlibatan yang tinggi dan tingkat pengawasan yang rendah.

Sebagai orang tua, mungkin sulit untuk mengetahui pendekatan mana yang harus diambil dalam mengasuh anak Anda. Haruskah Anda mendisiplinkan atau haruskah Anda menawarkan sentuhan? Apakah Anda membiarkan mereka memiliki kemandirian atau mengajari mereka tanggung jawab?

Tentu saja orang tua ingin membesarkan anak dengan cara yang benar. Mereka ingin memberikan yang terbaik untuk mereka. Tetapi apakah itu benar-benar bisa dilakukan? Ini bukan hanya tentang menjadi orang tua yang sempurna, tetapi juga tentang menjadi versi terbaik dari diri Anda untuk anak Anda.

Baca juga 8 Alasan Penting Seorang Ibu Membutuhkan ‘Me Time’

Bagaimana jika pendekatan Anda bertentangan dengan anggapan umum masyarakat? Beberapa orang mungkin percaya bahwa pola asuh modern terlalu berlebihan karena memberikan ruang kebebasan untuk membangun harga diri dan kesempatan luas untuk belajar banyak hal.

Namun begitu, ingatlah bahwa mengasuh anak bisa dibilang salah satu tugas paling rumit di dunia. Ada begitu banyak keputusan yang harus dibuat, dan akan selalu ada ketidaksepakatan antara orang tua tentang apa yang terbaik untuk anak-anak mereka.

Bagaimana agar mengasuh anak tidak terlalu membuat stres? Bagaimana agar Anda terhindar dari malam tanpa tidur atau kecemasan terus-menerus? Anda bisa menerapkan pola pengasuhan positif dimana hal ini adalah tentang membuat pilihan untuk membesarkan anak yang mencerminkan keyakinan dan nilai Anda sebagai orang tua.

Tak hanya menerapkan pola pengaushan postifi tapi Anda juga harus mengelola emosi dengan baik. Gagasan mengelola emosi tentu jauh lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Tapi itu sepadan dengan usaha, karena hasilnya sangat penting bagi Anda dan anak-anak Anda.

Penting untuk diketahui bahwa Anda tidak sendirian dalam perjalanan ini menuju pengelolaan emosi dan pikiran Anda dengan lebih baik. Mengetahui bahwa ada orang lain di luar sana yang mengalami hal yang sama seperti Anda akan membantu meringankan beban dan membuat Anda merasa tidak sendirian.

Usahakan untuk mengelola pikiran dan perasaan Anda agar merasa lebih bahagia dan lebih berenergi, hingga memiliki kesadaran diri dan kepercayaan diri yang lebih besar, tetapi itu tidak berhenti di situ. Cara pengelolaan emosi yang baik juga dapat menyebabkan perubahan perspektif sehingga kita dapat melihat perjalanan kita apa adanya: jalan menuju hidup secara otentik dan dengan kehadiran yang tulus.

Satu hal penting lagi adalah tentang mengendalikan perasaan Anda. Perasaan tidak tentang benar atau salah. Apa yang Anda lakukan dengan perasaan Andalah yang dapat membantu atau menyakitkan. Yang paling penting adalah Anda menyesuaikan dan mengendalikan perasaan Anda sehingga dapat membuat keputusan sadar tentang cara terbaik untuk merespons.

Mengelola emosi Anda sendiri membantu Anda merasa lebih terkendali, dan membebaskan Anda untuk menanggapi perilaku yang paling menantang sekalipun dengan tenang dan efektif.

Bangun keharmonisan hubungan orang tua dan anak dengan bantuan Parenting Coach kami.

Related Posts