Pentingnya Mempelajari 6 Langkah Utama dalam Market Research
Business Coaching

Pentingnya Mempelajari 6 Langkah Utama dalam Market Research


Jika perusahaan kamu meluncurkan produk baru tanpa mempelajari potensi pasar, maka sama saja dengan berspekulasi, bisa saja produk itu dapat diserap pasar namun hasilnya tidak maksimal.

Daripada buru-buru meluncurkan produk baru dan hasilnya tidak maksimal atau malahan bisa gagal, mending sedikit bersabar meluangkan waktu untuk mempelajari potensi pasar dan perilaku konsumen.

Perusahaan-perusahaan besar sukses melakukan inovasi produk baru dengan menggunakan jasa konsultan riset dan pengembangan. Konsultan ini yang melakukan penelitian pasar secara menyeluruh, sehingga dapat dipergunakan untuk merancang produk, menentukan kemasan, membuat iklan hingga membuat tagline produk.

Market Research

Market research atau riset pasar adalah suatu proses dalam menentukan kelayakan suatu produk atau layanan yang ditujukan kepada para pelanggan potensial.  Riset pasar bertujuan untuk menemukan sasaran pasar dan mendapatkan umpan balik mengenai produk atau layanan yang digunakan.

Riset pasar dapat dilakukan oleh internal organisasi atau eksternal organisasi menggunakan jasa konsultan. Riset pasar dapat berupa survei, wawancara, fokus grup dan observasi. Riset pasar merupakan bagian penting dalam proses Research and Development (R&D).

Aktivitas riset pasar meliputi pengumpulan informasi yang bertujuan untuk mengetahui segmentasi pasar, diferensiasi produk, bahan materi iklan dan menentukan fitur utama yang disukai pelanggan. Kemudian melakukan analisis dan mengolah data untuk menentukan keputusan yang relevan.


Pengumpulan informasi dapat menggunakan data primer dari internal perusahaan atau data sekunder dari eksternal yang dapat dipercaya. Data primer umumnya melalui dua kategori yaitu penelitian eksplorasi dan penelitian khusus.

Penelitian eksplorasi melalui penelitian terbuka dengan wawancara berkelompok yang akan menghasilkan temuan dan dikaji lebih mendalam. Sedangkan penelitian khusus akan menemukan jawaban atas masalah yang telah di identifikasi sebelumnya dalam penelitian eksplorasi.

Baca juga Implementasi Strategi Branding Melalui Customer Experience Matrix

Data sekunder dapat diambil dari Badan Pusat Statistik (BPS) dan data dari pemerintah lainnya atau hasil penelitian sebelumnya dalam sektor industri yang sama. Perusahaan melakukan riset pasar bertujuan untuk menguji produk baru, mendapatkan informasi dari konsumen mengenai jenis produk atau layanan yang mereka inginkan. Namun riset pasar juga dapat dilakukan oleh perusahaan yang akan masuk bisnis yang baru.

Tujuan Market Research

Tujuan dari riset pasar umumnya memiliki 3 tujuan:

1. Administratif

Untuk membantu organisasi dalam pengembangan bisnis, melalui perencanaan apakah sumber daya yang ada cukup memadai untuk membuat produk atau jasa sesuai dengan keinginan konsumen.

2. Sosial 

Organisasi bisnis berusaha untuk memenuhi kebutuhan pelanggan secara spesifik melalui produk atau layanan. Sehingga produk atau layanan yang ditawarkan perusahaan menjawab persyaratan dan preferensi pelanggan.

3. Ekonomis

Melalui riset perusahaan akan mengetahui apakah produk atau layanan dinilai berhasil atau gagal. Apakah perlu untuk meluncurkan produk atau layanan yang baru. Dalam hal ini akan ada kepastian akan tindakan yang akan dilakukan.

Mengapa Market Research Penting?

Dengan memberikan produk atau layanan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan maka perusahaan sedang berusaha untuk memberikan kepuasan pelanggan. Berikut ini adalah alasan mengapa riset pasar penting:

1. Informasi berharga

Riset pasar akan memberikan banyak informasi dari konsumen yang dapat dipergunakan organisasi untuk membuat nilai produk yang baru (value creation). Juga membantu organisasi dalam merencanakan dan menyusun strategi bisnis.

2. Customer Centric

Riset pasar dapat membantu organisasi dalam menentukan produk atau layanan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan. Pemasaran menjadi berpusat pada pelanggan (customer centric) dan memahami kepuasan pelanggan.

3. Sebagai Prediksi

Dengan adanya data yang dimiliki maka perusahaan dapat memprediksi jumlah barang yang diproduksi dan berapa volume penjualan. Juga dapat menentukan persediaan barang yang optimal.

4. Keunggulan kompetitif

Riset pasar juga bermanfaat untuk membandingkan posisi produk dengan kompetitor. Organisasi dapat merancang strategi bisnis sehingga dapat menaklukkan pesaing, dengan keunggulan produk.

Setelah kita mengetahui pentingnya riset pasar, maka kita akan teruskan langkah-langkah di dalam menentukan riset pasar:

Pertama, Tentukan masalahnya

Subjek penelitian harus dapat diterjemahkan dengan baik agar memudahkan peneliti di dalam membuat pertanyaan. Peneliti dapat melakukan percobaan tes untuk mengetahui apakah pertanyaan dapat dipahami dengan baik.

Kedua, Tentukan sampel

Tentukan sampel seakurat mungkin yang merupakan representasi dari pelanggan. Semakin besar jumlah sampel semakin besar untuk dapat mewakili populasi, selain itu sebagai cadangan jika ada sampel yang tidak memenuhi persyaratan.

Ketiga, Pengumpulan data

Di dalam aktivitas mengumpulkan data sebaiknya disertai dengan memeriksa apakah pertanyaan-pertanyaan yang diajukan telah diisi dengan lengkap.

Keempat, Analisis hasil

Setiap poin dalam jawaban merupakan rangkaian yang saling terkait, agar analisis akurat. Analisis data akan menghasilkan laporan yang akan dipergunakan organisasi untuk membuat keputusan.

Kelima, Membuat laporan Penelitian

Ketika peneliti mempresentasikan hasil penelitiannya fokuslah akan apa yang telah dicapai dan ketika menjawab pertanyaan bukan berdasarkan asumsi, namun dari data yang ada.

Keenam, Membuat keputusan

Hasil dari riset pasar akan diketahui keinginan pembelian konsumen atau memberikan umpan balik mengenai pertumbuhan pasar sasaran. Menemukan informasi harga pesaing penting untuk menentukan harga secara seimbang.

Kesimpulan

Riset pasar merupakan tahapan penting sebelum meluncurkan produk atau layanan yang baru. Tanpa riset pasar produk atau layanan dapat salah sasaran dan mengakibatkan permasalahan dalam perusahaan.

Jika perusahaan tidak memiliki kemampuan melakukan riset pasar dapat menggunakan jasa konsultan riset dan pengembangan. Meskipun harus mengeluarkan biaya di awal namun tidak sebanding dengan keuntungan yang akan diperoleh kemudian. (KB)

Raih kesuksesan bisnis Anda dengan bantuan Business Coach kami.

{$detail->author->name}}
Kris Banarto, CPC

Business, Sales and Life Coach Check the profile at https://visecoach.com/kris-banarto

Related Posts