Pentingnya Menjaga Gaya Hidup Sehat
Wellness Coaching

Pentingnya Menjaga Gaya Hidup Sehat

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Kesehatan fisik bukan satu-satunya aspek dasar menjadi sehat karena menjadi sehat juga artinya sehat secara mental dan emosional. Oleh karena itu menjadi sehat harus menjadi bagian penting dari gaya hidup individu secara keseluruhan. Menjalani gaya hidup sehat bisa membantu mencegah penyakit kronis dan gangguan fisik dalam jangka waktu panjang.

Merasa nyaman dengan diri sendiri dan menjaga kesehatan tubuh sangat penting untuk meningatkan kepercayaan dan citra diri Anda. Menjaga gaya hidup sehat adalah dengan melakukan apa yang baik untuk kesehatan mental dan tubuh Anda. Jika Anda ingin menjadi pribadi yang sehat maka ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk mencapainya, yaitu:

1. Latihan olahraga fisik secara teratur

Tidak perlu melakukan olahraga yang terlalu memaksakan di gym tetapi Anda bisa melakukan olahraga dengan menjaga tubuh tetap aktif sebisa mungkin dan lakukan rutin.

Misalnya dengan senam santai, renang, berjalan kaki atau melakukan pekerjaan rumah tangga seperti mengepel, menyapu, mencuci pakaian dan lain sebagainya. Lakukan apa yang ingin Anda lakukan dengan senang. Yang terpenting adalah Anda terus berlatih secara berkelanjutan.

Baca juga Meditasi untuk Mengatasi Orang Menyebalkan

Luangkan waktu setidaknya dua puluh hingga tiga puluh menit untuk olahraga rutin dua atau tiga kali dalam seminggu. Anda akan melihat hasilnya kemudian. Tidak ada yang instan, karena perubahan itu memerlukan proses.

2. Diet dengan kesadaran

Untuk menjaga gaya hidup sehat Anda harus mengkonsumsi makanan yang bisa menjaga tubuh tetap sehat. Misalnya dengan menambah porsi buah-buahan dan sayuran, mengurangi karbohidrat, sodium dan lemak tidak sehat. Hindari mengkonsumsi makanan cepat saji dan mengandung gula tinggi. Jangan melewatkan jam makan karena hal ini akan membuat tubuh meminta asupan makanan yang lebih banyak dari sebelumnya. Ingatlah perlunya membakar kalori yang sudah masuk ke dalam tubuh melalui olahraga.

3. Lakukan kegiatan yang disukai

Sesekali, untuk mengurangi kadar stres dan tuntutan hidup yang lebih tinggi, maka luangkan waktu untuk melakukan hal yang Anda sukai. Misalnya dengan melukis, bernyanyi bersama teman-teman di karaoke, atau mencoba resep masakan tertentu yang Anda suka.

4. Kelilingi dengan energi positif

Untuk mendapatkan level mental dan emosonal yang baik maka Anda harus berada dalam lingkaran energi positif. Iya, tidak semua masalah bisa dihindari. Namun berada dalam energi positif bisa membantu Anda menghadapi tantangan dengan sikap yang optimis. Kelilingi diri Anda oleh teman-teman yang mendukung dan memberi kritikan membangun untuk membantu Anda mengembangkan diri lebih baik lagi.

Jadikan empat hal di atas sebagai kebiasaan. Melihat dunia dari sudut pandang yang lebih cerah. Meski Anda sedang berada dalam situasi yang buruk, namun selalu ada sisi baik di dalamnya. Sesuatu yang baik dan positif sebagai pembelajaran dalam hidup. Sering-seringlah berada di ruang lingkup seperti ini.

Menjaga gaya hidup yang sehat tidak sulit dan juga tidak memerlukan kerja keras menghabiskan energi. Hanya dengan mengerjakan hal yang Anda sukai dan melakukan kegiatan yang positif seperti tersebut di atas maka Anda akan menemukan diri Anda sebagai pribadi yang optimis dan mampu menghadapi segala tantangan dengan kepercayaan diri dan semangat tinggi.

Raih hidup sehat, bahagia dan seimbang dengan bantuan Wellness Coach kami.

Related Posts