Pentingnya Menguasai Product Knowledge Bagi Seorang Sales
Sales Coaching

Pentingnya Menguasai Product Knowledge Bagi Seorang Sales

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Fakta di lapangan menyebutkan bahwa banyak orang sales yang tidak tahu produk atau jasa yang mereka jual secara menyeluruh. Diperkirakan, dalam 3 dari 4 kali penjualan ritel, pelanggan justru lebih banyak tahu tentang produknya dibandingkan si penjualnya sendiri.

Lalu, bagaimana bisa menjual jika kita tidak paham produk atau jasa yang kita tawarkan. Pikirkan apa yang akan kita dapatkan dengan mempelajari lebih banyak tentang sebuah produk. Dengan memahami produk atau jasa secara menyeluruh artinya kita akan lebih banyak tahu daripada pelanggan, kompetitor atau sales lain dimana hal ini akan memberikan Anda keuntungan besar untuk meningkatkan penjualan.

Product knowledge adalah suatu keahlian krusial yang harus dikuasai oleh orang sales. Supaya sukses dalam memasarkan suatu produk atau jasa di pasaran, seorang sales harus bisa menyampaikan spesifikasi tentang produk atau jasa dengan kecerdasan dan kepercayaan diri tinggi.

Beberapa alasan yang membuat product knowledge sangat penting bagi orang sales adalah sebagai berikut:

1. Product knowledge membangun antusiasme

Untuk menjadi seorang sales yang sukses, Anda harus percaya diri dengan produk Anda sendiri. Antusiasme yang muncul dalam diri Anda akan menunjukkan bahwa Anda tahu betul apa yang sedang Anda bicarakan. Jika Anda mengenal produk atau jasa Anda luar dalam maka Anda akan bisa memberikan informasi sebanyak yang dibutuhkan dan antusiasme Anda tumbuh secara alami.

2. Product knowledge menambah keberanian dalam diri

Salah satu ketakutan yang banyak dirasakan oleh orang sales adalah prospek akan bertanya tentang hal-hal yang sulit untuk dijawab. Dengan mempelajari semua hal tentang suatu produk maka Anda akan bisa meminimalisir risiko ini.

Baca juga Cara Meningkatkan Keahlian Menjual Meski Anda Bukan Seorang Sales

3. Product knowledge memberi Anda kepuasan sebagai seorang ahli

Sales tidak melulu bicara tentang prospek karena menjadi seseorang yang mengenal betul produk juga akan membuat Anda merasa sukses.

4. Product knowledge membuat Anda bicara dengan percaya diri

Menjual produk pada prospek tidak menjadi sulit ketika mereka tidak memiliki pengetahuan yang sama dengan Anda. Ketika harus bicara dengan agen atau supplier, atau professional industry lainnya, mereka akan lebih banyak bertanya dan seakan menguji pengetahuan Anda. Memahami segala hal tentang produk atau jasa yang Anda jual akan membuat Anda lebih percaya diri ketika berada di sekitar orang-orang tersebut.

5. Product knowledge membantu Anda merespon dengan layak

Apakah tentang harga produk atau perbandingan dengan kompetitor, mengenal produk Anda sendiri (plus produk milik kompetitor) akan membuat Anda bisa menjelaskan nilai-nilai yang terkandung dalam produk itu sendiri.

6. Product knowledge membuat Anda terus belajar

Pada akhirnya, Anda akan menemukan lebih banyak cara untuk meningkatkan penjualan dengan product knowledge. Jika produk memiliki fitur tersembunyi dan Anda tidak tahu tentang itu, maka Anda tidak akan bisa membicarakannya dengan prospek Anda.

7. Product knowledge membuat Anda memahami kompetisi dengan lebih baik

Mengenal produk sendiri, mengenal produk kompetitor, dan tahu mengapa produk Anda bisa mengalahkan produk kompetitor. Terkadang jawabannya adalah mengenai nilai produk, terkadang harga, fitur atau bahkan mengenai semua yang tersebut tadi.

8. Product knowledge memberi Anda keyakinan

Jika Anda lebih mengenal produk Anda maka Anda akan lebih siap menghadapi situasi yang akan menjadi tantangan bagi Anda di depan nanti.

9. Product knowledge membuat prospek percaya pada Anda

Anda tentu ingin prospek bisa melihat Anda sebagai ahli, dan memang inilah yang harusnya terjadi. Ketika prospek memercayai Anda maka peluang penjualan semakin tinggi.

10. Product knowledge adalah kekuatan

Kekuatan yang membantu Anda menutup banyak penjualan dengan sukses.

Optimalkan penjualan produk dan layanan Anda dengan bantuan Sales Coach kami.

Related Posts