Rahasia Bekerja Produktif: Kelola Energi, bukan Kelola Waktu
Leadership Coaching

Rahasia Bekerja Produktif: Kelola Energi, bukan Kelola Waktu

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Jumlah jam dalam satu hari itu tetap dan tidak berubah, namun besaran dan kualitas energi yang tersedia bagi kita tidak pernah sama. Jika Anda termasuk orang yang bisa mengelola waktu, misalnya dengan membuat to-do list, prioritas tugas, dan jadwal untuk setiap aktifitas maka mudah bagi Anda untuk bisa menyelesaikan semuanya dalam satu hari. Namun begitu, akan selalu ada hal yang membuat Anda terdistraksi dalam melakukan semua kegiatan tersebut.

Beda halnya ketika Anda bisa mengelola energi. Anda bisa memberikan yang terbaik untuk setiap aktifitas yang dikerjakan, apakah itu terlibat dalam percakapan yang berkualitas, memberi kontribusi ide atau gagasan baru dalam meeting, atau konsentrasi penuh dalam mengerjakan satu tugas. Anda akan mendapat hasil yang jauh lebih baik dari mengimplementasikan teknik manajemen waktu saja.

Bagaimana Anda bisa meningkatkan produktifitas kerja dengan mengelola energi yang ada? Berikut tips yang bisa Anda coba:

1. Mengenali target pencapaian

Ketika kita ingin meraih performa terbaik dalam sebuah proyek jangka panjang, banyak orang sering mengatakan bahwa perjalanan itu seperti marathon, bukan lari cepat. Dengan kata lain, Anda harus mengurangi kecepatan agar tidak kelelahan dalam perjalanan sedangkan jarak yang ditempuh masih cukup jauh. Namun analogi ini tidak sesuai jika Anda harus bekerja dengan performa tinggi secara konsisten.

Baca juga 9 Tanda Anda Memiliki Leader Mindset

2. Penuh energi

Disebutkan bahwa orang yang bisa memberi energi pada orang lain adalah orang yang memiliki performa tinggi dalam bekerja. Menjadi orang yang penuh energi bisa membawa diri mereka dalam interaksi penuh. Jika Anda mau mengingat sejenak ketika Anda bis amenjadi pendengar yang baik, hadir di saat orang lain membutuhkan, dan menyemangati orang lain dengan tulus, ketika itulah performa Anda juga meningkat tinggi.

3. Mengenali kekuatan diri

Anda harus bisa mengenali apa yang membuat Anda Lelah dan apa yang bisa membuat Anda bertahan. Misalnya, yang membuat Anda lelah ketika orang lain mencurahkan suara hatinya pada Anda namun tidak menemukan solusi untuk masalah yang ada. Anda harus bisa menghindari hal-hal yang membuat diri lelah dengan memciptakan lebih banyak aktifitas yang memberikan energi dan bertahan cukup lama dalam beberapa hari. Penting sekali mengelola dunia Anda sesuai dengan yang Anda inginkan.

4. Fokus dan konsentrasi penuh

Jika mau berkaca pada atlet, musisi, atau actor ternama, apa yang bisa membuat mereka sukses? Adalah latihan yang teratur dan berkelanjutan. Mereka bisa memaksimalkan prduktifitas dengan bekerja penuh konsentrasi dan fokus selama 90 menit dan diikuti oleh waktu pemulihan yang tenang. Cara yang sama bisa diaplikasikan pada kegiatan rutin Anda selama 90 menit dan setelah itu lakukan aktifitas lain yang bisa menyegarkan pikiran dan fisik seperti jalan-jalan mencari udara segar atau bersosialisasi dengan teman di tempat kerja.

5. Menjadi diri sendiri

Jangan mencoba untuk menjadi orang lain karena hal itu akan sangat menguras energi dan melelahkan. Menjadi diri sendiri adalah ketenangan karena kita bisa mengelola kekuatan dan kemampuan diri untuk kemudian memanfaatkannya dengan baik. Kita melepaskan energi baik dan bukan menyerap energi dari luar. Jadilah diri sendiri, terbuka dan tanpa kepura-puraan sehingga orang lain juga bis amenjadi dirinya sendiri dan sama-sama mengeluarkan energi baik.

Mengelola energi artinya menjadi otentik dalam bekerja dan mendorong orang lain untuk melakukan hal sama. Cari dan temukan kekuatan diri, buka ruang untuk orang lain menunjukkan kemampuannya dan hasilnya akan terlihat dari performa tim yang semakin meningkat dan membaik.

Maksimalkan potensi kepemimpinan Anda dengan bantuan Leadership Coach kami.

Related Posts