Tips Menghabiskan Waktu Berkualitas dengan Anak
Parenting Coaching

Tips Menghabiskan Waktu Berkualitas dengan Anak

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Banyak orangtua tahu bagaimana tarik menarik perasaan mengenai menghabiskan waktu berkualitas bersama anak-anak. Berapa kali Anda berharap bisa menghabiskan waktu bersama anak ketika pekerjaan terasa begitu padat atau ada tanggung jawab yang harus diselesaikan dan menuntut orangtua jauh dari anak untuk sementara waktu?

Berapa kali Anda berharap memiliki waktu untuk diri sendiri ketika merasa jenuh dan mual atas rutinitas harian dan tugas mengawasi pekerjaan rumah, mengawal anak-anak, menghadiri acara sekolah dan kegiatan ekstrakurikuler anak-anak?

Pendapat mengenai kuantitas versus kualitas bersama anak-anak merupakan diskusi tiada henti dan perjuangan untuk menemukan keseimbangan dalam kehidupan keluarga. Apakah Anda bekerja di luar rumah atau tidak, kehidupan keluarga bersama anak-anak usia sekolah adalah kehidupan yang sangat sibuk.

Baca juga Cara Membangun Kepercayaan Diri pada Anak

Ketika jadwal dan tanggung jawab mengambil alih, perasaan orangtua bisa membimbing Anda untuk membuat rencana kegiatan bersama keluarga. Ketika Anda bisa tenggelam di dunia anak-anak maka perasaan Anda akan membimbing Anda untuk terhubung kembali dengan lebih baik dengan pasangan Anda, atau memupuk kembali jiwa kreatif Anda. Perasaan yang buruk bisa membawa Anda menyetel kembali keseimbangan dalam hidup melalui kuantitas dan kualitas waktu bersama anak-anak.

1. Biarkan Anda merasakan kegembiraan seperti anak-anak

Jika Anda lupa bahwa Anda memiliki guru terbaik pada diri anak Anda maka biarkan anak-anak membimbing Anda melalui dunia gembiranya. Suatu hal yang anak sukai akan menyalakan kembali sosok anak dalam diri Anda, dan kemudian, jalani dan nikmati peran Anda selanjutnya.

2. Membuat rencana menyenangkan bersama

Buatlah jadwal dan nikmati rencana juga antisipasi aktifitas menyenangkan keluarga Anda. Ketika saatnya tiba, singkirkan semua kewajiban lain dari pikiran Anda, relaks, dan nikmati waktu yang menyenangkan tersebut. Jika seusai kebersamaan itu Anda mendapatkan inspirasi maka tuliskan dalam bentuk daftar. Hal ini akan berguna di kemudian hari.

3. Meluangkan waktu dalam keseharian

Jika bisa, luangkan waktu untuk makan siang bersama anak-anak minimal sebulan sekali. Jika Anda tidak memiliki fleksibilitas seperti ini maka carilah cara untuk menunjukkan pada anak bahwa Anda selalu memikirkan mereka setiap saat. Anda bisa juga mengirimkan makan siang dengan catatan manis di atasnya atau berkomunikasi melalui chat atau telepon setiap hari.

Kuncinya adalah menemukan cara untuk menghabiskan waktu gembira bersama-sama, untuk tertawa bareng, bermain, dan terhubung kembali dengan anak. Salah satu strategi yang bisa dilakukan adalah dengan berkumpul bersama ketika semua orang sudah tiba di rumah. Alih-alih mengerjakan pekerjaan rumah, lakukan kegiatan atau aktifitas yang menyenangkan bersama seperti ngobrol tentang banyak hal, memasak menu makan malam praktis atau bermain Ludo untuk keceriaan bersama.

Yang terpenting adalah menemukan cara untuk relaks dan menikmati waktu bersama anak secara teratur. Anda akan menemukan keseimbangan dalam kehidupan keluarga dan kegembiraan dalam waktu bersamaan.

Bangun keharmonisan hubungan orang tua dan anak dengan bantuan Parenting Coach kami.

Related Posts