Transformasi Digital Bagi Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia
Business Coaching

Transformasi Digital Bagi Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia terus meningkat. Di tahun 2020, nilai ekonomi digital Indonesia mencapai angka USD 44 juta atau sama dengan 631 trilyun Rupiah. Di tahun 2021 nilai ekonomi digital Indonesia menginjak angka USD 70 juta dan menjadi yang tertinggi di antara negara ASEAN.

Analis ekonomi memprediksikan bahwa sentiment positif ini akan terus berlanjut dan pada tahun 2025 nanti, angka ekonomi digital ini diharapkan akan menginjak angka USD 124 juta atau setara dengan 1.744 trilyun Rupiah.

Pengguna internet di Indonesia mencapai jumlah 196,7 juta yang mengindikasikan bahwa pertumbuhan ekonomi digital Indonesia sangat potensial. Angka ini juga membuka peluang yang luas pada usaha kecil dan menengah untuk meningkatkan pertumbuhan bisnisnya melalui ekonomi digital.

Namun, masih belum semua pengusaha kecil dan menengah bisa memaksimalkan potensi ini. Para pebisnis sukses diharapkan bisa menginspirasi dan mengedukasi pebisnis kecil dan menengah untuk melakukan transformasi digital dalam bisnisnya. Transformasi ini sangat penting dilakukan agar para pengusaha kecil bisa beradaptasi dan optimis menangkap peluang dalam lingkungan bisnis yang berubah.

Baca juga Mindset Pegawai dan Pebisnis: Apa Bedanya?

Strategi Media Sosial untuk Usaha Kecil dan Menengah

Di era digital, fungsi teknologi dan informasi bagi bisnis berperan penting karena di era ini gaya hidup manusia memasuki gaya baru dimana nyaris segala aktifitas terkait dengan penggunaan gawai elektronik. Begitu juga dengan ketergantungan bisnis pada teknologi semakin meningkat dalam menjalankan kegiatan operasionalnya, seperti penggunaan internet yang meluas termasuk penggunaan aplikasi e-commerce dan transaksi pembelian.

Namun, usaha kecil dan menengah memiliki keterbatasan dalam memanfaatkan peluang digital ini. Belakangan ini, sektor marketing merupakan area bisnis yang menjadi sasaran bagi usaha kecil dan menengah dalam memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan pertumbuhan bisnisnya.

Salah satu bentuk transformasi digital yang bisa dilakukan oleh pengusaha kecil dan menengah adalah melalui penjualan dan marketing online dengan memanfaatkan sistem marketing digital. Sistem digital ini bisa membantu usaha kecil dan menengah melakukan promosi dan menjual produk ke kalangan masyarakat yang lebih luas. Salah satu alat untuk melakukannya adalah memanfaatkan media sosial. Meskipun media sosial sebenarnya merupakan alat untuk berkomunikasi tetapi realita kini memungkinkan media sosial digunakan untuk alat bisnis.

Ada beberapa tips yang bisa diikuti oleh para pengusaha kecil dan menengah untuk meningkatkan pertumbuhan bisnisnya, di antaranya adalah empat aspek berikut ini:

1. Menetapkan goal yang ingin dicapai

2. Menetapkan target konsumen

3. Konsisten dalam membagikan konten berkualitas

4. Membangun komunitas

Konten marketing yang digunakan dalam media sosial harus mengimplementasikan prinsip kemanusiaan yaitu dengan memahami kepribadian konsumen yang akan dituju.

Selain itu, untuk bisa sukses menjalankan promosi di media sosial, setiap pemilik bisnis harus mengeksplorasi kepribadian konsumen dengan memperhatikan demografi, latar belakang, kanal media sosial yang paling disukai, dan audience favorit. Membangun media sosial untuk bisnis dan marketing digital tidaklah mudah. Jika ingin melakoni marketing digital maka pebisnis harus siap untuk terjun, berjuang, konsisten dan berdedikasi pada pekerjaan.

Raih kesuksesan bisnis Anda dengan bantuan Business Coach kami.

Related Posts