Vision Vs Passion, Kenali Perbedaannya
Leadership Coaching

Vision Vs Passion, Kenali Perbedaannya

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Seringkali kita merasa bingung dengan vision dan passion. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan vision dan passion ini? Dalam bahasa Indonesia vision ini adalah visi, sebuah gambaran besar yang ideal yang ingin diwujudkan oleh Anda di masa depan. Sedangkan Passion dalam bahasa Indonesia adalah gairah, suatu daya dorong yang membantu Anda untuk meuwujudkan visi.

Visi ini wajib tervisualisasikan, bisa dibayangkan dan tergambar di dalam pikiran. Sedangkan gairah, wajib terasa di badan. Gairah bukan hanya sesuatu yang bisa diutarakan namun tidak terasa di hati. Visi adalah lebih penting daripada gairah karena visi merupakan suatu rencana strategis Anda untuk mencapai tujuan atau mewujudkan mimpi dan cita-cita. Visi, merumuskan apa yang Anda inginkan atau bagaimana cara Anda untuk mewujudkan sesuatu yang diidamkan, baik dalam jangka waktu pendek ataupun Panjang. Visi dimaksudkan untuk menjadi panduan jelas aksi dan tindakan yang akan diambil di masa sekarang atau di masa depan.

Passion atau gairah, adalah perasaan antusias yang kuat mengenai sesuatu atau kesenangan saat mengerjakan sesuatu. Ada perbedaan konsep yang jelas antara visi dan gairah dimana penciptaan visi akan memunculkan tujuan atau goal, suatu rencana yang harus dieksekusi, dan perilaku saat kita sedang mengeksekusi rencana tersebut adalah gairah. Iya, suatu daya dorong dari dalam diri individu yang dibutuhkan untuk mewujudkan rencana meraih sukses.

Baca juga 14 Peaks: Kepemimpinan Menuju Puncak Gunung Tertinggi di Dunia

Hanya dalam suatu hubungan antara individu dimana passion terasa lebih penting. Di level personal, passion membuat seseorang menjadi lebih bersemangat melakukan sesuatu yang dibutuhkan untuk mewujudkan mimpinya. Namun, visi berperan lebih penting di level organisasi. Dimanapun ada alasan logis atau dimanapun ada bisnis, maka vision akan menjadi lebih penting dibandingkan passion.


Dengan menetapkan goal yang tepat, melakukan review secara teratur, maka kendaraan yang digunakan untuk mencapai goal akan melaju dengan kecepatan tertinggi menuju tujuan. Namun bisa juga terjadi sebaliknya, dimana kendaraan akan bergerak berputar-putar dan terjebak di tempat yang sama setelah mengeluarkan begitu banyak waktu dan energi, tergantung bagaimana Anda bisa mengeksekusi rencana itu.

Seseorang tidak bisa bergairah tentang semua hal dalam hidup. Setiap orang hanya bisa memilih dan mengambil keputusan yang terbaik dalam perjalannya mewujudkan mimpi. Ketika Anda sudah bisa membidik dengan baik tujuan Anda, maka anak panah bisa dilepaskan mengarah tepat ke titik tujuan.

Anda boleh mencoba untuk menuliskan daftar passion Anda, termasuk hal-hal yang paling Anda suka, hal yang penting bagi Anda, hal terpenting bagi kebahagiaan dan kesejahteraan diri Anda dll. Ketika passion Anda jelas maka Anda bisa menciptakan goal atau tujuan yang berjalan seiring dengan passion Anda untuk mulai menciptakan kehidupan yang Anda inginkan.

Baik passion dan goal keduanya bernilai, dan langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui dengan jelas passion Anda. Pikirkan tentang apa yang akan Anda lakukan, apa yang Anda ingin miliki, dan menjadi pribadi seperti apa yang Anda inginkan saat membuat rencana yang ideal versi Anda sendiri.

Ingatlah bahwa tidak ada benar atau salah ketika menuliskan daftar passion Anda karena tujuan dibuatkan daftar ini adalah untuk menemukan kejelasan. Apapun yang Anda tuliskan dan menurut Anda penting maka sepenting itulah semua hal di dalam daftar itu bagi Anda. Jika Anda tidak mengerti arti dari item yang Anda tuliskan maka carilah padanan kata lain agar Anda bisa lebih mudah memahaminya.

Anda mulai mencoba menuliskan passion Anda dengan kata kerja. Hidup dengan gairah adalah merupakan sebuah proses, bukan suatu tujuan, maka tuliskanlah daftar Anda sesuai dengan realita yang ada. Selamat mencoba!

Maksimalkan potensi kepemimpinan Anda dengan bantuan Leadership Coach kami.

Related Posts