3 Alasan Mengapa Pilihan Karir Itu Sangat Penting
Career Coaching

3 Alasan Mengapa Pilihan Karir Itu Sangat Penting

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Apa yang membuat pilihan karir itu sangat penting? Pertama, Anda harus mempertimbangkan beragam faktor yang berkontribusi pada keputusan terkait perjalanan karir profesional Anda. Waktu kecil dulu kita kerap ditanya ingin menjadi apa saat besar nanti. Nama-nama profesi bermunculan seperti dokter, parmugari, penari, polisi, tentara, atau yang lainnya.

Seiring pertambahan usia, ambisi di masa kecil berubah menjadi pilihan-pilihan yang lebih realistis, dampak dari informasi dan perubahan yangterjadi di sekitar kita. Dengan teknologi yang semakin maju di berbagai industri, pasar pekerjaan juga mengalami perubahan yang demikian besar. Jadi, mengapa pilihan karir menjadi sangat penting? Untuk menjawab pertanyaan ini kita harus mempertimbangkan berbagai faktor yang berkontribusi pada keputusan dalam perjalanan karir Anda, sebagai berikut:

1. Beberapa pekerjaan bergerak menuju kepunahan

Jika Anda menyadari di berbagai bidang pekerjaan sekarang didominasi oleh otomasi -dalam berbagai format, mulai dari customer service bot, mesin check-out mandiri, sistem absensi jarak jauh dll. Di satu sisi, kemajuan seperti ini mempermudah hidup kita, namun di sisi lain mengancam keterlibatan manusia dalam suatu pekerjaan.

Namun, dampak lain dari adanya kemajuan teknologi ini juga menciptakan ladang pekerjaan baru yang bisa berjalan beriringan dengan teknologi. Bahkan, World Economic Forum menyebutkan bahwa pekerjaan baru akan tercipta lebih banyak dibandingkan pekerjaan yang hilang akibat otomasi. Artinya, Anda bisa memilih karir yang tidak hanya bisa bertahan dengan perubahan teknologi tetapi juga berkembang pesat bersama. Untuk itu, Anda harus memilih jenis pekerjaan sesuai uji kelayakan.

2. Biaya pendidikan meningkat

Melampaui masa depan pekerjaan dan otomatisasi yang tak terhindarkan, pertimbangan penting lainnya ketika memilih karir adalah naiknya biaya pendidikan yang menyebabkan akses menuju pendidikan semakin sulit. Perbedaan gaji antara lulusan universitas dan Sekolah Menengah Atas membuat gelar pendidikan tinggi menjadi faktor penting dalam memenangi kompetisi pekerjaan -terlepas dari biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan gelar tersebut.

Baca juga Alasan Tetap Bertahan Ketika Tempat Kerja Tidak Lagi Menyenangkan

Kondisi ini mengindikasikan bahwa pilihan sekolah di universitas adalah keputusan besar. Gelar Anda merupakan investasi jangka panjang, dan dengan meningkatnya biaya pendidikan maka mengetahui jalan karir yang ingin dikejar akan membawa Anda bekerja di jalur yang sesuai dengan pendidikan yang didapat di sekolah tinggi sebelumnya.

Pendidikan tinggi menjadi alat pendukung menuju karir yang lebih tinggi, namun dalam situasi ekonomi seperti sekarang ini, gelar universitas merupakan aset yang bernilai bagi para pencari kerja.

3. Membuka jalan menuju keamanan ekonomi

Potensi pendapatan dari suatu pekerjaan merupakan pertimbangan utama ketika membuat keputusan atas karir yang sesuai. Memilih profesi yang tepat artinya Anda akan bisa meraih keamanan ekonomi -satu faktor yang menjadi peran kunci dalam kesejahteraan manusia secara keseluruhan.

Dan itu benar, menurut studi yang dilakukan oleh ILO (International Labour Office) bahwa keamanan ekonomi terkait pada kesejahteraan personald an kepuasaan secara keseluruhan -keduanya berlaku dalam kehidupan karir dan pribadi. Itulah sebabnya, pekerjaan yang bisa menjamin kestabilan finansial Anda juga berdampak langsung pada kebahagiaan dan kesejahteraan Anda.

Ketika Anda mulai bekerja di sektor yang Anda pilih maka mulailah membuat pondasi untuk membangun karir. Dengan bertambahnya skill dan pengalaman, potensi pendapatan Anda juga akan meningkat dan Anda bisa berkompetisi dengan kualitas untuk meraih pekerjaan yang lebih tinggi. Lebih jauh lagi, dengan menjadi ahli di suatu bidang maka Anda akan lebih banyak dicari.

Hal ini bisa menjadi motivasi bagi pimpinan perusahaan untuk menawarkan insentif agar Anda bersedia bekerja di perusahaan mereka dan menjanjikan keamanan pekerjaan. Tiga faktor tadi menjadi efek domino yang positif yang berkontribusi lebih jauh untuk meningkatkan kestabilan finansial dan keamanan ekonomi Anda nanti.

Buat strategi masa depan karier Anda dengan bantuan Career Coach kami.

Related Posts