3 Fakta Komunikasi Penting Bagi Leaders
Leadership Coaching

3 Fakta Komunikasi Penting Bagi Leaders

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Mengapa komunikasi itu penting bagi kepemimpinan? Komunikasi adalah hal yang kritis dan menjadi fungsi utama dalam kepemimpinan. Komunikasi juga menjadi kunci karakteristik seorang pemimpin yang baik. Komunikasi yang efektif dan kepemimpinan yang efektif itu terjalin dengan erat.

Seorang pemimpin harus memiliki keahlian berkomunikasi dalam berinteraksi dengan siapapun di level manapun, baik itu dalam komunitas atau kelompok ataupun dalam skala komunitas global yang lebih luas. Anda harus bisa berpikir jernih, mengekspresikan ide dan gagasan, juga berbagi informasi kepada hadirin berbeda.

Anda juga harus belajar mengatasi arus informasi yang datang dengan cepat di dalam sebuah organisasi, kepada pelanggan, rekan kerja, pemegang saham, dan influencer atau orang yang bisa memberikan pengaruh pada khalayak umum.

Di bawah ini ada tiga fakta tentang komunikasi kepemimpinan, yaitu:

1. Keaslian

Hal ini sangat penting. Jadilah pemimpin yang jujur dan tulus dengan menemukan suara hati Anda sendiri tanpa menjadi pribadi yang bukan diri Anda sendiri. Terbukalah pada siapa diri Anda, darimana Anda berasal, dan nilai apa yang bisa didapatkan melalui cara berkomunikasi Anda.

Baca juga Manfaat Komunikasi Leadership dalam Interaksi Bisnis

Orang cenderung menginginkan, menghormati dan mengikuti kepemimpinan yang otentik. Lupakan tentang kefasihan atau kekhawatiran menjadi diri sendiri. Jangan tutupi diri Anda sebenarnya. Orang akan mengikuti Anda dengan sukarela jika komunikasi Anda otentik.

2. Visibilitas

Visibilitas adalah sebuah bentuk komunikasi. Jika Anda inngin bisa berkomunikasi dengan baik maka jangan tersembunyi dari pandangan. Jangan hanya dikenal melalui email atau pemberitahuan resmi saja, tapi hadirlah, menampakkan diri, dan tersedia untuk ditemui.

Jangan menutupi diri dari lingkungan luar dan biarkan orang lain tahu pemimpin seperti apa Anda dengan konsistensi yang Anda perlihatkan pada dunia. Orang perlu melihat dan merasakan siapa Anda agar bisa terhubung dengan pekerjaan yang akan mereka kerjakan sesuai instruksi Anda. Carilah cara untuk berinteraksi dengan dunia luar.

3. Pendengar yang baik

Mendengarkan merupakan keahlian yang kuat. Mereka yang bisa berkomunikasi dengan baik adalah pendengar yang baik. Ketika Anda bisa mendengar dengan baik maka Anda akan mendapat pemahaman yang jelas tentang perspektif dan pengetahuan orang lain.

Mendengarkan akan memicu kepercayaan, penghargaan, dan keterbukaan. Mendengarkan dengan aktif merupakan bagian kunci dari proses coaching dengan orang lain. Biarkan orang lain menyuarakan keluhan dan gerutuannya. Ajukan pertanyaan yang bisa menjadi pintu untuk membuka dan melihat apa yang sebenarnya dirasakan dan dipikirkan oleh orang lain. Dan berikan perhatian yang penuh penghargaan pada apa yang diucapkan oleh orang lain.

Maksimalkan potensi kepemimpinan Anda dengan bantuan Leadership Coach kami.

Related Posts