5 Mindset yang Menentukan Sales
Sales Coaching

5 Mindset yang Menentukan Sales

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Bagaimana bisa meningkatkan penjualan secara efektif? Setiap orang bisa menjual namun apa yang membedakan Anda sebagai sales dengan tingkat penjualan terbaik? Jawabannya ada di dalam pola pikir atau mindset. Bagaimana Anda mengidentifikasi produk dan proses penjualan secara fundamental, inilah yang penting.

Untuk membantu membangun budaya penjualan yang efektif, ada baiknya jika Anda bisa bicara dan berbagi cerita dengan seorang coach yang berpengalaman dalam membangun penjualan tinggi. Salah satu kemampuan sales yang harus dimiliki adalah kemampuan untuk mengidentifikasi sifat dan karakter seseorang untuk membuatnya menjadi seorang sales yang efektif.

Di bawah ini adalah lima cara berpikir efektif untuk meningkatkan penjualan dan menjadi sales yang sukses bersama sebuah tim.

1. Memahami dengan jelas faktor ‘Mengapa’

Untuk menjadi seorang sales yang keren seseorang harus mengetahui faktor ‘mengapa’ mereka. Kebanyakan pemimpin paham faktor ‘Apa’ dalam organisasi mereka dan ‘Bagaimana’ mereka melakukannya, dan juga mereka paham akan faktor ‘Mengapa’ di balik sebuah produk atau layanan. Hal ini bisa diterapkan juga dalam sales.

Baca juga Sales Coaching Mengembangkan Tim untuk Kinerja Maksimal

Penjual yang hebat bisa memahami mengapa mereka menjual sebuah produk dan bagaimana produk itu akan membantu konsumen yang kemudian akan menghasilkan proses dan pengalaman menjual yang alami.

2. Sales membantu bukan menjual

Para sales yang efektif memiliki pola pikir ingin membantu dan bukan hanya ingin menjual. Mereka biasa bertanya pada dirinya sendiri bagaimana produk yang dimiliki bisa dengan alami membantu konsumen dengan menunjukkan manfaat dan nilai produk itu sendiri. Cara ini membantu penjual melihat dunia melalui kacamata pemahaman dan empati alih-alih kacamata transaksional saja.

3. Memiliki niat yang jelas

Konsumen bisa merasakan ketika mereka hanya ditawari produk dan dipandang kecil demi sebuah komisi. Sekali konsumen menangkap hal ini maka penjual tidak akan bisa menarik perhatian dan kepercayaan konsumen. Yang membedakan antara memanipulasi dan membujuk seseorang itu adalah niatnya. Penjual hebat memiliki niat jelas untuk membantu dan melayani konsumen sejak dari awal perkenalan.

4. Fokus pada kendali

Seorang penjual bisa benar-benar mengendalikan dua elemen dari pekerjaannya, yaitu perilaku dan usaha. Tidak bisa dihindari bahwa penolakan dan kehilangan sales akan sering terjadi. Namun yang penting adalah bagaimana penjual yang baik bisa merespon situasi yang sulit. Sales yang hebat tidak akan membiarkan rasa takut gagal atau penolakan menghantui usaha mereka. Mereka gagal dengan cepat, mereka sering gagal, lalu menggunakan penolakan itu sebagai bahan bakar untuk menutup peluang sales mereka berikutnya.

5. Lebih sering mendengar daripada bicara

Anda tidak bisa membantu orang lain tanpa pemahaman akan kebutuhan mereka terlebih dulu. Dalam banyak kasus, konsumen tidak selalu mau atau siap untuk menjelaskan kebutuhannya. Sales yang cerdas akan membuka pola pikir mendengarkan di awal percakapan. Mereka akan mengajukan banyak pertanyaan untuk memudian duduk dan mendengarkan dengan baik, membiarkan konsumen menjelaskan kebutuhannya. Cara inilah yang membuat seorang sales bisa memberikan pelayanan yang baik terhadap konsumen.

Optimalkan penjualan produk dan layanan Anda dengan bantuan Sales Coach kami. 

Related Posts