7 Dimensi Wellness yang Anda Perlu Ketahui
Wellness Coaching

7 Dimensi Wellness yang Anda Perlu Ketahui

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Orang selalu menganggap kalau wellness itu selalu berkaitan dengan kesehatan fisik seperti nutrisi, olahraga, berat badan, manajemen dan banyak lagi. Namun sebenarnya lebih dari yang disebutkan tadi. Wellness merupakan integrasi secara menyeluruh pada fisik, mental, spiritual, kebugaran tubuh, pikiran, dan tumbuh kembang jiwa.

Meskipun seringkali melibatkan kondisi fisik yang sehat, namun wellness artinya bisa menikmati hidup yang kita punya secara berkesadaran penuh yang menjadikan Anda sebagai pribadi yang bisa memaksimalkan potensi diri sesuai dengan kondisi lingkungan sekitar. Wellness memiliki beberapa dimensi mandiri yang melingkupi fisik, intelektual, emosional, sosial, spiritual, vokasional, finansial dan lingkungan.

Berikut ini 7 dimensi wellness yang bisa Anda pelajari untuk mencapai hidup sehat, bahagia dan berkelimpahan. Tidak harus dalam porsi seimbang namun Anda harus bisa membidik dimensi wellness yang paling sesuai dengan kondiri diri karena secara alami setiap dimensi tersebut mempunyai prioritas, pendekatan, aspirasi, dan sudut pandang berbeda.

1. Dimensi fisik

Anda diharapkan bisa menjaga dan mencintai tubuh sendiri agar tetap dalam kondisi sehat hari ini dan juga esok. Ada beberapa cara untuk menjaga kondisi fisik yang baik yaitu dengan olahraga teratur, makan makanan yang bernutrisi seimbangs esuai kondisi fisik terkini dan juga istirahat yang cukup dan berkualitas.

Baca juga Sehat Luar Dalam Dengan Wellness Mindset

2. Dimensi intelektual

Tumbuh secara intelektual adalah menjaga keingintahuan tentang banyak hal termasuk kemauan untuk belajar hal baru, menghargai pembelajaran hidup secara berkelanjutan, dan memberikan respon positif atas tantangan intelektual yang ada. Menambah pengetahuan dan meningkatkan keahlian sambil mencari potensi diri yang bisa dioptimalkan dan bermanfaat bagi banyak orang termasuk dalam dimensi wellness secara intelektual.

3. Dimensi emosional

Memahami dan menghargai perasaan, nilai dan atribut diri termasuk dalam dimensi emosional. Termasuk juga menghargai perasaan orang lain, mengelola emosi diri secara konstruktif dan merasa positif dan antusias dengan hidup sendiri. Tidak repot dengan hidup orang lain merupakan salah satu cara menjaga wellness dalam ruang lingkup dimensi emosional.

4. Dimensi sosial

Beberapa hal yang bisa dikenali termasuk dalam wellness dimensi sosial ini adalah memiliki hubungan antar manusia yang sehat, menikmati kebersamaan dengan orang lain, mengembangkan hubungan ppertemanan dan juga hubungan romantic. Mereka yang bisa mencapai wellness secara sosial adalah mereka yang peduli pada orang lain dan mengijinkan orang lain peduli pada diri kita, selain juga memberikan kontribusi baik pada masyarakat.

5. Dimensi spiritual

Meningkatkan wellness dalam dimensi spiritual artinya Anda bisa menemukan tujuan, nilai dan arti hidup dengan ataupun tanpa adanya agama. Bisa berpartisipasi dalam aktifitas yang konsisten dengan keyakinan dan nilai yang dipegang selama ini merupakan salah satu hal yang berada di ruang lingkup dimensi spiritual.

6. Dimensi finansial

Mengembangkan diri dalam lingkup dimensi finansial artinya Anda bisa mengelola sumber penghidupan yang selam aini dimiliki, membuat keputusan finansial dan investasi, menetapkan tujuan yang realistis dan menyiapkan dana darurat untuk jangka pendek dan jangka panjang. Menyadari bahwa nilai, kebutuhan, dan situasi finansial setiap individu adalah unik.

7. Dimensi lingkungan

Memahami bahwa ingkungan sosial, alam, dan masyarakat memberikan dampak pada kesehatan dan kesejahteraan diri, termasuk waspada pada dinamika perubahan alam dan dampaknya pada kebiasan rutin di lingkungan fisik. Anda termasuk orang yang bisa mencapai dimensi lingkungan ini ketika Anda bisa menunjukkan komitmen demi planet Bumi yang sehat.

Raih hidup sehat, bahagia dan seimbang dengan bantuan Wellness Coach kami.

Related Posts