Bagaimana Cara Mengelola Fokus Bekerja 8 Jam Sehari?
Business Coaching

Bagaimana Cara Mengelola Fokus Bekerja 8 Jam Sehari?

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Kalau Anda termasuk pekerja dengan durasi kerja 40 jam seminggu maka Anda pasti merasakan lelahnya ketika akhir pekan tiba. Ketika sudah bekerja sekian jam setiap harinya Anda akan merasa setiap tugas yang harus diselesaikan seakan tiada habisnya dan pikiran Anda akan mudah berkelana ke berbagai arah.

Mempertahankan fokus, adalah hal yang penting untuk bisa menyelesaikan pekerjaan Anda dengan baik dan tepat waktu. Yang menjadi isu disini adalah seberapa baik Anda bisa meningkatkan fokus dan konsentrasi di saat Anda sudah merasa lelah? Mempertahankan fokus ketika sedang menyelesaikan tugas adalah sebuah tantangan besar.

Beberapa strategi di bawah ini bisa membantu Anda tetap fokus meskipun tugas begitu menumpuk dan Anda merasa tertimbun oleh pekerjaan.

1. Istirahat secara teratur

Bekerja selama 8, 10, atau 12 jam secara terus menerus dapat memicu stres. Perusahaan memang memberikan waktu istirahat di sela waktu kerja, namun terkadang waktu istirahat yang diberikan tidak cukup untuk menyegarkan kembali kondisi mental yang lelah. Jadi pastikan Anda menetapkan waktu istirahat yang tepat untuk Anda secara teratur. Meski hanya 5 menit berjalan kaki menghirup udara segar namun hal kecil ini akan sangat membantu menyegarkan pikiran.

2. Tidur siang

Jangan takut meluangkan waktu sejenak untuk tidur siang. Bukan tidur siang selama 2 jam, namun memejamkan mata selama 5-10 menit lelap tertidur akan membuat Anda kembali segar, tetap fokus dan meningkatkan produktifitas.

Baca juga Cara Mengelola Konflik di Tempat Kerja

NASA pernah melakukan ekspresimen istirahat tidur siang di tempat kerja dan ternyata hasilnya sangat membantu. Banyak perusahaan mulai menyediakan ruang khusus untuk tidur siang sejenak bagi karyawannya karena mereka paham akan dampak tidur siang berkualitas bagi peningkatan fokus dan produktifitas.

3. Merawat pikiran dan tubuh dengan benar

Sulit rasanya untuk bisa fokus ketika Anda merasa tidak sehat. Itulah sebabnya Anda harus menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bernutrisi untuk memastikan kondisi fisik yang baik dan kejernihan pikiran. Mengkonsumsi minuman berenergi atau suplemen mungkin bisa meningkatkan fokus namun hanya untuk sementara. Melakukan diet sehat dan konsisten menjadi kunci untuk mempertahankan kesehatan tubuh dan pikiran yang baik.

4. Hindari distraksi

Salah satu cara paling sederhana untuk menjaga fokus Anda adalah dengan menghindari distraksi. Anda paling tahu hal apa yang paling menjadi distraksi bagi Anda. Misalnya membuka tab media sosial dari waktu ke waktu hanya untuk mengetahui pembaruan dan perkembangan linimasa adalah distraksi besar yang cukup mengganggu. Jika Anda terus menerus menerima chat yang tidak berkaitan dengan pekerjaan di waktu kerja maka matikan telepon Anda. Anda masih bisa melakukan hal yang Anda suka setelah menyelesaikan pekerjaan hari ini.

5. Prioritas tugas

Cara lain untuk menjaga fokus adalah dengan membuat to-do-list dan menetapkan tugas paling penting yang harus diselesaikan terlebih dulu. Cara ini bisa membantu Anda menyelesaikan tugas yang memerlukan perhatian paling besar. Daftar tugas seperti ini juga bisa memberikan motivasi untuk mendorong Anda menyelesaikan satu tugas ke tugas berikutnya dengan cepat. Anda akan merasa bahagia setelah menyelesaikan satu per satu tugas dengan baik.

Raih kesuksesan bisnis Anda dengan bantuan Business Coach kami.

Related Posts