Cara Mengelola Konflik di Tempat Kerja
Leadership Coaching

Cara Mengelola Konflik di Tempat Kerja

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Konflik bisa muncul dimana saja termasuk di tempat kerja atau di dalam organisasi dan di lingkungan berbeda lainnya. Salah satu tempat yang banyak menimbulkan konflik adalah tempat kerja, mulai dari yang level rendah sampai level tinggi dan mengakibatkan stres berat. Kita semua tahu bahwa tempat kerja adalah salah satu tempat dimana kita mencurahkan sebagian besar energi yang tersedia hari ini untuk mencapai suatu goal.

Tak hanya itu tempat kerja juga seringkali menghabiskan banyak waktu dan uang yang kita miliki. Kadang tanpa sadar sebagian orang malah mendedikasikan seluruh hidup pada pekerjaan dan melupakan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Ketidakseimbangan dalam pekerjaan dan kehidupan pribadi akan menciptakan situasi yang tidak menyenangkan dalam hidup Anda. Terlebih lagi, tidak ada jalan mulus dalam suatu pekerjaan, karena akan selalu ada tantangan, batu sandungan atau bahkan konflik terlibat di dalamnya.

Jika Anda pernah mengalami konflik dalam pekerjaan bagaimana Anda mengatasinya? Apakah konflik itu berakhir baik atau buruk? Untuk mengatasi konflik di tempat kerja, ada baiknya Anda mengenal yang namanya manajemen konflik. Manajemen konflik adalah suatu proses untuk menyelesaikan suatu pertikaian dimana hasilnya diharapkan positif dan hanya mengandung sedikit hasil negatif. Manajemen konflik ini merupakan salah satu keahlian yang melibatkan taktik berbeda tergantung pada situasi, negosiasi dan pemikiran kreatif orang yang melakukan prosesnya.

Baca juga 5 hal yang Seharusnya Tidak Dikatakan Atasan pada Karyawannya

Beberapa contoh hal yang termasuk dalam penanganan manajemen konflik dalam organisasi itu termasuk analisa konflik, brainstroming untuk mencari solusi, atau juga kolaborasi untuk mencapai goal tertentu. Menguasai manajemen konflik sangat penting bagi Anda karena konflik itu menguras energi dan mengurangi keuntungan. Hal ini berlaku bagi setiap orang, apakah Anda pemimpin tim, manajer, ataupun anggota tim, tidak ada yang kebal akan konflik. Anda membutuhkan kemampuan untuk menangani situasi sulit secara konstruktif untuk kesuksesan dalam pekerjaan Anda.

Untuk bisa mengelola konflik dengan baik maka Anda harus memiliki kompetensi konflik terlebih dahulu. Kompetensi ini adalah suatu kemampuan untuk mengembangkan dan menggunakan keterampilan kognitif, emosional, dan perilaku yang Anda miliki untuk menghasilkan perilaku yang positif dan mengurangi risiko terjadinya konflik yang membahayakan bagi banyak orang.

Kemampuan untuk mengelola konflik seperti ini merupakan salah satu keunggulan bisnis secara strategis. Kenapa? Mereka yang memiliki kompetensi konflik yang tinggi akan melihat suatu permasalahan secara utuh, tidak hanya menyimpulkan dari satu sisi saja lalu membuat keputusan yang salah dan merugikan. Anda malah akan melibatkan orang lain untuk mengatasi konflik yang ada secara konstruktif dan lebih baik.

Bagaimana caranya agar Anda bisa menguasai manajemen konflik ini? Beberapa hal di bawah ini bisa menjadi pertimbangan bagi Anda:

1. Mampu mengelola dan mengatasi stres dengan cepat sembari tetap tenang dan waspada akan kemungkinan munculnya hal tidak terduga

2. Mampu mengendalikan emosi dan perilaku dengan baik

3. Memperhatikan bagaimana Anda mengekspresikan perasaan Anda ketika bicara dengan orang lain

4. Menghargai dan menghormati perbedaan.

Semakin tinggi level kompetensi Anda maka Anda akan lebih bisa mengendalikan diri dan mengelola emosi dengan lebih baik. Anda juga tidak akan terburu-buru menyelesaikan sebuah masalah atau terpancing emosinya dengan cepat hanya karena hal kecil yang dianggap mengganggu.

Jika Anda sudah menguasai kompetensi konflik maka hasil yang bisa diprediksi adalah seperti berikut:

1. Hubungan atau relasi yang lebih baik dengan rekan kerja

2. Mampu menciptakan solusi yang kreatif atas setiap permasalahan yang muncul

3. Memiliki rencana jangka panjang untuk mengatasi tantangan yang ada

Maksimalkan potensi kepemimpinan Anda dengan bantuan Leadership Coach kami.

Related Posts