Cara Efektif Mempertahankan Bisnis di Masa Pandemik
Business Coaching

Cara Efektif Mempertahankan Bisnis di Masa Pandemik

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Masa pandemik yang sedang dialami oleh dunia saat ini menimbulkan dampak global yang begitu besar dan menghantam hamper semua aspek kehidupan. Dunia bisnis menjadi salah satu yang terkena dampak besar. Namun kita semua tidak boleh menyerah. Manusia dikarunia akal pikiran untuk mencari solusi atas tantangan dan hambatan yang ada di depan.

Ada mantra yang bisa digunakan oleh para pelaku bisnis untuk membuat bisnisnya tetap berjalan di masa krisis ini yaitu beradaptasi, menyesuaikan diri, dan terus tumbuh. Masa krisis kali ini menjadi tantangan yang sempurna untuk mempertahankan bisnis kita dengan melakukan adaptasi lebih cepat dari seekor bunglon yang ada di sebuah pohon.

Berikut beberapa tips untuk membuat bisnis Anda tetap berjalan di masa krisis:

1. Identifikasi peluang tersembunyi

Sesuai dengan namanya, peluang tersembunyi tidak mudah didapatkan. Disebut tersembunyi karena sebuah alasan tentunya dan kita harus bisa membuka mata dan telinga untuk bisa terus memantau perkembangan dari semua jaringan pertemanan dan kondisi sekitar untuk bisa menemukan apa yang tersembunyi itu.

Baca juga Bagaimana Mendapatkan Ide Bisnis

Ingatlah bahwa semua orang sangat berharga di masa krisis ini. Mulai dari mereka yang bekerja di garda terdepan yang mengantarkan pesanan Anda ke konsumen hingga mereka yang bekerja di belakang meja. Semua orang memiliki informasi yang bisa menjadi prospek untuk bisnis.

2. Ciptakan pembeda untuk produk dan layanan Anda

Jangan terlalu lama fokus mencari peluang yang tersembunyi. Karena waktu sangatlah berharga dimana Anda berlomba dengan competitor lain yang juga memiliki misi sama. Ketika Anda berniat memproduksi sabun pencuci tangan yang praktis, mungkin kompetitor lain sudah lebih dulu memproduksi dan menjualnya ke pasaran. Tidak menjadi masalah Anda memiliki produk sama namun carilah pembeda dari produk Anda yang bisa menarik konsumen untuk lebih memilih produk Anda daripada produk sejenis lainnya.

3. Antisipasi lonjakan agar tidak merugi

Jika Anda termasuk beruntung bisa memenuhi kebutuhan dan permintaan pasar dalam jumlah besar di masa krisis seperti ini maka Anda sepertinya sudah menekan tombol jackpot. Namun pastikan Anda menggunakan keberuntungan ini dengan bijak karena terlalu banyak bisa menghancurkan Anda. Bersiaplah untuk mencari partner baru atau membuat penyesuaian di lini produksi Anda untuk bisa terus memenuhi permintaan pasar.

4. Melangkah lebih jauh

Contoh bisnis yang melonjak naik di masa krisis ini adalah platform crowdfunding KitaBisa. Platform ini bertujuan mendukung dan memberi bantuan pada masyarakat yang terdampak pandemic Covid-19 untuk terus semangat berjuang mengatasi berbagai tantangan dan hambatan yang muncul.

5. Bekerjasama dengan bisnis lain

Masa pandemik ini telah memaksa semua orang untuk mengevaluasi ulang cara mengatasi tantangan dan hambatan di masa depan. Namun di masa sulit ini kita bisa melihat bahwa anak muda bisa menjadi pemimpin dan menunjukkan inovasi yang bisa membantu banyak orang. Mereka bisa melihat bagaimana mengangkat bisnis yang sedang terpuruk dengan berkolaborasi dan menciptakan produk dan layanan baru sehingga usaha lama yang sedang terpuruk bisa terus berjalan dan bertahan.

Raih kesuksesan bisnis Anda dengan bantuan Business Coach kami. 

Related Posts