Bagaimana Mendapatkan Ide Bisnis
Business Coaching

Bagaimana Mendapatkan Ide Bisnis

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Anda ingin menjalankan sebuah bisnis itu bagus, namun selain Anda masih ada banyak lagi di luar sana orang yang juga ingin menjalankan bisnis. Satu hal yang akan membedakan bisnis Anda dengan yang lain adalah ide. Dari sebuah ide akan muncul bagian-bagian bisnis lain untuk membentuk sebuah rencana bisnis yang matang.

Bagaimana caranya mendapatkan ide bagus untuk mulai menjalankan bisnis?

1. Identifikasi sumber utama kepuasan Anda

Cari suatu hal yang membuat Anda cinta mengerjakannya. Rasanya cukup klise kalimat ini tetapi Anda memang harus melakukan hal yang Anda sukai, Anda cintai untuk bisa berkembang dan menjalankan bisnis yang bagus.

2. Identifikasi hal yang paling membuat Anda frustasi

Cobalah untuk berpikir hal apa yang paling membuat Anda frustasi di dunia ini? Setelah menemukannya coba pikirkan lagi apakah Anda menemukan solusinya? Jika sudah maka itulah yang disebut dengan ide bisnis. Karena ide bisnis terbaik lahir dari solusi sebuah masalah. Seseorang menghadapi masalah dan muncul dengan solusinya kemudian menjual solusi tersebut.

Apa masalahnya? Apa solusinya? Contoh: sesuatu yang bisa menangkap tikus nakal berkeliaran di dapur adalah jebakan tikus. Benda yang bisa memberi terang pada ruang yang gelap adalah lampu. Hal-hal seperti itulah yang dimaksud solusi dari sebuah masalah. Maka masalah yang bisa Anda temukan solusinya merupakan ide bisnis yang brilian dan menguntungkan.

3. Tantangan terbesar dunia 15 tahun dari sekarang

Salah satu contoh yang terkenal adalah Elon Musk, seorang innovator maju. Darimana beliau menemukan ide bisnisnya? Musk berpikir tentang masalah apa yang akan memberi dampak paling besar bagi dunia – masa depan kemanusiaan. Kemudian beliau memikirkan dan mencari solusi yang bisa menjadi jawaban bagi masalah-masalah di masa depan.

Baca juga Cara Efektif Mempertahankan Bisnis di Masa Pandemik

Musk mungkin tahu bahwa masalah jangka pendek bisa menemukan solusi jangka Panjang, jadi beliau mengatasi masalah terbesarnya yaitu masalah kemanusiaan di masa depan.

Anda mungkin tidak akan mendesain roket atau kapsul Hyperloop, atau Paypal dan mobil elektrik seperti Elon Musk tetapi Anda bisa memikirkan tentang solusi yang diperlukan untuk permasalahan yang ada di masyarakat kini dan nanti.

4. Mulai mengerjakan apa saja

Melakukan pekerjaan apapun tanpa banyak memilih menjadi cara tercepat untuk menemukan ide bisnis yang bagus. Namun Anda tidak akan bis amenemukan ide di percobaan pertama. Anda mungkin harus mencoba puluhan kali percobaan sebelum berhasil dengan sebuah ide. Tapi Anda harus terus mencoba. Jika gagal maka coba lagi. Gagal. Coba lagi. Gagal. Coba lagi, terus seperti itu.

Anda mungkin ragu memulai bisnis karena takut gagal, namun mungkin saja kegagalan itulah hal yang Anda butuhkan. Mungkin Anda harus gagal beberapa kali sebelum Anda sukses.

5. Lakukan sesuatu yang berbeda

Ide baru memerlukan kreatifitas yang akan mendorong Anda pada suatu hal yang berbeda dan bernilai. Anda mungkin bisa menemukan ide saat sedang berlibur atau menemukan inspirasi tak terduga dalam sebuah pameran. Pengalaman baru, tujuan baru, sensasi baru, hal-hal seperti ini yang menginspirasi sebuah ide.

Anda tidak akan bisa melakukan brainstorming hal baru kecuali Anda mengalami hal baru. Temukan hal baru atau pergilah ke suatu tempat yang belum pernah Anda kunjungi. Lakukan hal baru dan Anda akan menemukan ide baru yang belum pernah ada sebelumnya.

Raih kesuksesan bisnis Anda dengan bantuan Business Coach kami.

Related Posts