Cara Mengatasi Perubahan di Lingkungan Pekerjaan
Business Coaching

Cara Mengatasi Perubahan di Lingkungan Pekerjaan

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Perubahan, akan selalu ada di dunia bisnis dan karyawan diharapkan bisa mengatasi dan beradaptasi dengan perubahan ini. Perubahan pasti akan menimbulkan dampak baik dan buruk, namun begitu perubahan merupakan bagian penting dari bisnis dan semakin maju melangkah maka perubahan itu akan lebih seirng terjadi.

Tidak semua orang bisa menerima perubahan dengan cepat. Ada beberapa orang yang menganggap perubahan adalah sumber stres. Hal ini terjadi karena tidak banyak orang yang bisa melihat dan membuka potensi terbaik mereka. Lau, bagaimana Anda sebagai pemimpin atau manajer bisa membantu anak buah mengatasi perubahan menuju arah yang lebih baik?

Beberapa cara untuk mengatasi perubahan di lingkungan pekerjaan, sebagai berikut:

1. Mengelola volume

Sebagian orang bisa mengatasi perubahan dengan langkah yang baik daripada yang lainnya, namun lebih banyak lagi orang yang kurang fleksibel dengan perubahan ketika berusaha menerima dan beradaptasi. Sebagai manajer, cobalah untuk membatasi jumlah perubahan di satu area agar perubahan itu bisa menjadi hal yang dapat diterima baik oleh semua orang.

2. Memahami reaksi orang

Kebanyakan orang tidak suka dengan perubahan, mereka lebih menyukai hal seperti biasa adanya karena mereka sudah hapal bagaimana dan seperti apa saat mengerjakan sesuatu. Dan ketika faktor ini berubah maka akan muncul ketidakpastian -ketidakpastian akan kemampuan mereka menyelesaikan pekerjaan.

Baca juga 5 Alasan Mengapa Mindset Berdampak pada Bisnis dan Kehidupan

Beberapa perubahan adalah positif, misalnya seperti promosi jabatan baru, namun meski begitu hal ini juga memiliki rentang waktu ketidakpastian dimana seseorang harus melakukan beberapa adaptasi baru. Artinya, Anda harus bekerja dengan orang berbeda, manajer berbeda, tanggung jawab yang lebih banyak dan beragam, juga pengarapan yang berbeda.

Beberapa perubahan bisa juga negatif, seperti kehilangan pekerjaan atau lepasnya tanggung jawab. Yang pasti, setiap perubahan memunculkan dampak positif dan negatif.

3. Ceritakan situasi terbaru pada orang lain

Orang lain tentunya ingin tahu apa yang sedang terjadi di lingkungannya. Jika Anda tidak menyediakan informasi yang valid maka mereka bisa jadi menyerap informasi lain secara tidak lengkap dan menambahkan cerita berbeda. So, berikan informasi yang detail dan valid sehingga orang tidak membuat asumsi sendiri yang seringkali merugikan.

4. Seperti apa masa depan itu?

Untuk bisa mengatasi perubahan, orang harus memahami apa arti perubahan itu sendiri bagi mereka. Perubahan bisa menjadi hal yang baik bagi organisasi secara keseluruhan, namun perubahan merupakan hal sulit bagi sebagian orang yang tidak bisa melihat keuntungan di baliknya, dan mungkin juga tidak ada keuntungan bagi sebagian orang yang lainnya.

5. Implikasi negatif

Di banyak perubahan, ada sebagian orang yang tidak mendapatkan manfaat positif dari hal itu. Oleh karena itu, jadilah orang yang bisa bersimpati atas situasi mereka dan tawarkan bantuan sebaik yang Anda bisa.

6. Beri waktu dan kesabaran

Tentu saja dibutuhkan waktu dan kesabaran agar orang bisa berasimilasi penuh dengan perubahan. Jangan mengharapkan reaksi positif segera namun berikan waktu dan kesempatan bagi mereka untuk melihat peruahan dalam lingkungan yang aman, tanpa implikasi apapun. Perhatikan reaksi mereka dan bantu mereka untuk melangkah ke arah perubahan baru dengan tegap.

7. Menjadi role model

Anggota tim Anda akan melihat bagaimana Anda berperilaku dan bereaksi terhadap perubahan. Perilaku positif Anda akan berdampak pada anggota tim dan mereka akan mengikuti perilaku Anda dalam membuat perubahan yang dibutuhkan.

Perubahan tidak mudah bagi semua orang maka bantulah orang lain untuk mengatasi perubahan tersebut. Beri informasi yang lengkap dan kesempatan untuk mendiskusikan dampaknya. Perubahan perlu dikomunikasikan, baik dampaknya bagi perusahaan atau bagi individu di lingkungan perusahaan.

Raih kesuksesan bisnis Anda dengan bantuan Business Coach kami.

Related Posts