Mengubah Persepsi Mengenai Pekerjaan
Career Coaching

Mengubah Persepsi Mengenai Pekerjaan


Tiga orang pekerja sedang menyusun bata. Pekerja pertama ditanya tentang yang sedang dilakukannya dan dia menjawab, "Sedang mendirikan dinding."

Pekerja kedua ditanya dan menjawab, "Sedang membangun tempat ibadah."

Pekerja ketiga ditanya dan menjawab, "Sedang membangun Rumah Tuhan."

Dari ketiga pekerja ini kita tahu mana yang akan bekerja lebih bersemangat dan giat. Sebagian orang, sayangnya melihat pekerjaanya sama seperti pekerja pertama. Ia hanya menukar waktu dan energinya untuk uang.

Sebagian lainnya bekerja untuk menambah pengalaman, demi meningkatkan karirnya. Mereka bekerja untuk portofolio.

Baca juga Apa Aspirasi Karirmu?

Dan ada sekelompok orang yang bekerja dengan pandangan benar-benar berbeda. Mereka melakukannya karena mereka menganggap apa yang mereka kerjakan merupakan sesuatu yang besar, berguna, dan bermanfaat bagi banyak orang.

Penelitian yang dilakukan oleh pakar psikologi pencapaian, Angela Duckworth, menemukan bahwa orang-orang yang mencapai kesuksesan besar adalah mereka yang melihat pekerjaan sebagaimana kelompok pekerja ketiga. Mereka tidak hanya bekerja demi uang atau portofolio, tetapi bekerja untuk mempersembahkan sesuatu yang bermakna dan berguna bagi orang lain.

Ketika menciptakan Microsoft, Bill Gates berpikir mengenai sebuah alat yang bisa memecahkan masalah banyak orang. Sebuah alat yang bisa membuat orang bekerja lebih produktif. Bill Gates melihat Microsoft sebagai alat bagi produktifitas.

Ketika menciptakan Apple, Steve Jobs melihat Apple sebagai sebuah karya yang akan merevolusi industri teknologi. Steve Jobs melihat Apple sebagai seni untuk menabrak batasan dan mengubah dunia. Orang-orang mungkin melakukan pekerjaan yang sama, tetapi pada akhirnya persepsi mereka mengenai pekerjaan tersebut membuat mereka berbeda satu sama lain.

Menjadi pekerja tipe pertama, kedua, atau ketiga adalah pilihan. Bagaimanapun juga, untuk bisa merasakan perasaan berharga, energi positif, dan percaya diri, tipe ketiga adalah jawabannya.

Buat strategi masa depan karier Anda dengan bantuan Career Coach kami.

{$detail->author->name}}
Abdillah Sanad, CPC

Mindset & Leadership Coach Check the profile at https://visecoach.com/abdillah-sanad

Related Posts