Cara Sederhana Mengelola Stres dengan Teknik Mindfulness
Wellness Coaching

Cara Sederhana Mengelola Stres dengan Teknik Mindfulness

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Masalah kesehatan mental seperti stres dan kegelisahan umumnya menjadi penyebab terbesar dari ketidakhadiran kita di tempat kerja. Ketika Anda memiliki jadwal kerja yang padat dan harus menemui banyak orang untuk menindaklanjuti masalah bisnis, maka tidak aneh jika sesekali Anda merasa lelah.

Mindfulness menjadi sebuah teknik yang populer hari ini, dimana makin banyak orang yang mengerti manfaatnya untuk membantu untuk mengelola stres dalam kehidupan profesional dan pribadi. Kami mencoba membagikan beberapa tips agar Anda bisa mencobanya sendiri.

Stres di Tempat kerja

Setiap orang merespon stres dengan cara berbeda. Kebanyakan orang sudah mencoba mengatasi stres dengan cara dan metodenya sendiri. Apakah itu melalui olahraga, bersenang-senang bersama teman, atau pun melakukan perjalanan solo ke suatu tempat yang diinginkan. Setiap orang memiliki cara untuk melepas stresnya.

Stres itu normal dan dalam kondisi tertentu mungkin stres itu bersifat positif bagi Anda. Terkadang, adanya tekanan bisa membuat Anda menjadi lebih bisa bersiap diri untuk menghadapi berbagai tantangan dalam kehidupan. Namun begitu, merasa stres dalam jangka waktu panjang bisa memicu munculnya gangguan kesehatan secara fisik dan emosional.

Apakah Mindfulness?

Mindfulness merupakan suatu latihan berbasis pikiran dan tubuh yang menggunakan berbagai jenis latihan dan teknik untuk membantu Anda merasakan hidup yang lebih menyenangkan hari ini. Setiap metode mindfulness akan membantu mengelola perasaan dan pikiran Anda dimana metode ini sangat membantu di saat Anda sedang stres. Beberapa jenis latihan mindfulness ini berupa meditasi, yoga, latihan olah napas dan banyak lagi.

Mengapa harus menggunakan metode mindfulness? Karena kondisi fisik dan mental manusia merupakan dampak dari perasaan dan pikiran yang Anda miliki. Jadi, memiliki koneksi yang baik dengan diri Anda secara fisik dan mental akan membuat Anda lebih menyadari keberadaan Anda sendiri.

Baca juga Karakteristik Kesehatan Mental yang Harus Diketahui

Selain itu, hidup dengan mindfulness akan membantu Anda mengelola dan menangani berbagai situasi dan kondisi yang hadir dalam hidup dengan lebih baik. Bagaimana cara Anda merespon suatu peristiwa menjadi cerminan dari seberapa jauh pengelolaan emosi dan pikiran Anda saat ini.

Manfaat Mindfulness

Ketika Anda sudah bisa mengaplikasikan metode mindfulness secara teratur dalam kehidupan Anda, maka Anda akan bisa melihat sendiri bagaimana dampaknya pada Kesehatan dan kesejahteraan diri Anda secara menyeluruh. Jadi, darimana kita harus memulai? Berikut ini beberapa langkah yang mungkin bisa Anda coba untuk mulai menggunakan metode mindfulness ini:

1. Memahami proses

Lakukan satu langkah setiap waktu, tidak usah terburu-buru dan mengaplikasikan semuanya karena setiap hal memerlukan proses.

2. Kelas yoga atau meditasi

Jika Anda belum pernah mencoba kelas yoga atau meditasi, mungkin Anda bisa mencobanya di level pemula untuk mencari tahu terlebih dahulu. Mencoba yoga atau meditasi tidak ada ruginya karena latihan ini baik untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental Anda.

3. Belajar lebih menyadari ucapan dan perasaan

Idenya sederhana saja, cobalah untuk lebih memberi perhatian pada pikiran dan perasaan Anda dimana kuncinya adalah tidak memikirkan tentang masa lalu atau pun masa depan -cukup sadari saja diri Anda di saat ini.

4. Buat catatan

Indera manusia hadir untuk suatu alasan, namun sayangnya kita seringkali melupakan hal itu. Ketika Anda keluar rumah, cobalah untuk lebih memerhatikan sekitar Anda; apa yang Anda lihat, sentuh, rasa dan cium?

Mindful di Tempat Kerja

Sekarang, karena Anda sudah mendapat sedikit penjelasan mengenai manfaat dari metode mindfulness, mungkin Anda bisa mulai mengadopsi beberapa Teknik dalam kehidupan sehari-hari. Juga, untuk mulai menerapkannya di tempat kerja.

Berikut beberapa langkah sederhana yang bisa dicoba untuk lebih menyadari diri Anda sendiri sepanjang hari.

1. Mindful eating

Memberi perhatian penuh pada apa yang sedang Anda makan di waktu makan dan mencoba menikmatinya tanpa membelokkan konsentrasi Anda pada makanan ke hal lain. Misalnya, cobalah untuk makan tanpa melihat handphone atau nonton televisi. Berikan perhatian Anda sepenuhnya pada makanan yang Anda konsumsi saat ini. Cara ini juga bisa mencegah Anda mengambil porsi makan yang berlebihan dan membuat tubuh lebih sehat.

2. Berjalan kaki

Berjalan kaki santai menikmati udara segar membantu menenangkan pikiran dan menambah perspektif kita tentang dunia di sekeliling kita, terutama ketika Anda sedang menjalani hari yang cukup membuat stres. Cobalah untuk berjalan kaki sebentar saja di saat istirahat makan siang untuk sedikit menyegarkan pikiran.

3.  Berlatih olah napas ketika sedang menunggu

Jika Anda sedang menunggu seseorang, cobalah menggunakan waktu tersebut untuk melakukan olah napas dan sadari setiap tarikan napas Anda. Cara ini bisa membuat Anda sedikit tenang dan tidak menjadi kesal ketika menunggu dalam waktu yang lumayan lama.

4. Istirahat

Mudah saja terperangkap dalam kebiasaan buruk untuk tidak beristirahat karena ‘take a break’ atau istirahat itu penting untuk kesehatan tubuh dan pikiran. Istirahat bisa meningkatkan performa dan produktifitas kerja Anda. Jika Anda bekerja dari kantor, mungkin bisa melakukan detoks digital ketika sedang istirahat makan siang dan biarkan pikiran Anda berkelana.

5. Mengenali stres

Latih diri Anda untuk mengenali kondisi ketika Anda mulai stres karena dengan begitu Anda bisa mencari cara untuk mengatasi stres tersebut. Jangan mengabaikan tanda-tanda ketika Anda mulai kelelahan dan tidak bugar.

Menerapkan langkah-langkah sederhana untuk mencoba mengubah cara berpikir menggunakan metode mindfulness akan berdampak positif pada perasaan dan tindakan Anda dalam situasi tertekan, baik di kehidupan professional atau pun pribadi.

Teknik mindfulness akan berguna untuk mencapai kondisi ketenangan dan mengurangi stres akibat beban pekerjaan, dan Anda bisa mendapatkan paket pembelajarannya disini

Raih hidup sehat, bahagia dan seimbang dengan bantuan Wellness Coach kami.

Related Posts