Karakteristik Kesehatan Mental yang Harus Diketahui
Wellness Coaching

Karakteristik Kesehatan Mental yang Harus Diketahui

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Selama ini, selalu lebih mudah mendefinisikan gangguan mental daripada kesehatan mental. Asosiasi Psikiatrik Amerika sejak tahun 1917 mengetahui bahwa kesehatan mental adalah lebih banyak dikenal daripada penyakit mental. Meski banyak orang tidak terdiagnosa mengidap gangguan mental, jelas bahwa sebagian orang lebih sehat secara mental dibandingkan dengan yang lainnya.

Apakah Kesehatan Mental?

WHO menyatakan bahwa kesehatan mental bukanlah semata mengenai tidak terdeteksinya penyakit mental dalam diri individu, namun juga melibatkan kondisi kesehatan dan kesejahteraan seseorang. Kesehatan mental membuat individu mengenali kemampuan diri mereka, bekerja dengan produktif, dan memberikan kontribusi yang berarti pada masyarakat.

Karakteristik Kesehatan Mental

Kesehatan mental tidak hanya merujuk pada kesehatan emosi tetapi juga mengenai bagaimana individu berpikir dan berperilaku. Ada beberapa faktor yang bisa memengaruhi kesehatan mental individu, di antaranya adalah:

1. Kepuasan hidup

Kemampuan seseorang untuk menikmati hidup seringkali menjadi indikator dari kesehatan mental dan kesejahteraan individu. Kepuasan akan hidup juga sering didefinisikan sebagai tingkatan dimana seseorang bisa menikmati momen-momen penting dalam kehidupannya, seperti jarang sakit, memiliki hubungan sosial yang baik, memiliki rasa kepemilikan, aktif bekerja dan rekreasi, rasa pencapaian dan kebanggaan, persepsi diri positif, rasa otonomi, dan memiliki harapan.

Baca juga Apakah Minum Teh Bisa Memacu Kerja Otak?

2. Ketangguhan

Kemampuan untuk bangkit dari kejatuhan kerap merujuk pada ketangguhan. Orang yang tangguh cenderung memiliki pandangan positif mengenai kemampuan mereka untuk mengatasi tantangan dan mencari dukungan sosial ketika memerlukannya. Mereka yang lebih tangguh bisa lebih dari sekadar mengatasi stres tetapi juga mampu mengembangkan diri dan menghadapinya dengan baik.

3. Dukungan

Dukungan sosial merupakan faktor penting untuk kesehatan mental yang baik. Rasa kesepian telah terbukti memiliki efek negatif pada kesehatan mental, dimana kesepian terkait pada permasalahan fisik dan mental, termasuk penyakit jantung, depresi, kekuatan memori otak, penggunaan obat dan alkohol, dan berubahnya fungsi otak.

Penurunan dukungan sosial yang disebabkan oleh perubahan hidup misalnya saat akan memasuki universitas, menghadapi perbedaan sosial, perubahan pekerjaan, atau perceraian dimana kondisi tersebut memberi efek negatif pada kesehatan mental.

4. Fleksibilitas

Memiliki ekspektasi yang kaku bisa menyebabkan stres. Fleksibilitas secara emosi sama pentingnya dengan fleksibilitas secara kognitif. Orang dengan kesehatan mental yang baik mengalami serangkaian emosi dan mengijinkan dirinya sendiri untuk mengekspresikan perasaan itu. Namun, beberapa orang menutup rapat beberapa perasaan tertentu sehingga sulit untuk diterima.

Kurangnya fleksibilitas secara psikologis telah dikaitkan dengan beberapa jenis psikopatologi, sementara riset menyebutkan bahwa peningkatan fleksibilitas terkoneksi pada keseimbangan hidup dan ketangguhan yang lebih baik.

Cara Agar tetap Sehat Secara Mental

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental, di antaranya adalah:

1. Berolahraga fisik secara teratur dan cukup

2. Tidur yang cukup dan berkualitas

3. Memberi bantuan padaorang lain yang membutuhkan

4. Mempelajari keahlian baru untuk mengelola stres

5. Tetap terkoneksi dengan orang lain

6. Mencoba berpandangan positif atas hidup yang dijalani

Jika Anda mengalami kesulitan dan merasa membutuhkan bantuan orang lain maka jangan ragu untuk melakukannya. Bicaralah pada orang yang Anda percayai atau pada tenaga kesehatan profesional untuk mengatasi masalah kesehatan mental Anda.

Raih hidup sehat, bahagia dan seimbang dengan bantuan Wellness Coach kami.

Related Posts