Cara Simpel Meningkatkan Produktivitas Diri
Self-Growth Coaching

Cara Simpel Meningkatkan Produktivitas Diri

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Kita hanya punya waktu beberapa jam dalam satu hari maka kita harus bisa mengisi waktu dengan hal-hal yang terbaik sesuai kemampuan. Tidak hanya tentang mengisi waktu dalam kehidupan pribadi namun juga dalam kehidupan professional, sebagai seorang pekerja atau pengusaha. Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan produktifitas, yaitu dengan cara menambah waktu atau bekerja lebih cerdas.

Pilihan orang tidak akan sama tapi mungkin akan lebih efektif jika kita memilih untuk bekerja lebih cerdas. Karena menjadi produktif dalam pekerjaan itu bukan sulap. Anda membutuhkan komitmen dan kesediaan untuk mengelola waktu dengan baik. Sama halnya dengan kebahagiaan, menjadi produktif juga ada seninya.

Kuncinya adalah dengan bekerja lebih cerdas, bukan bekerja lebih keras. Ada pepatah yang mengatakan, bukan seberapa banyak waktu yang Anda curahkan untuk pekerjaan, tetapi seberapa banyak pekerjaan yang bisa Anda selesaikan dalam waktu terbatas. Jadi, jika Anda ingin meningkatkan produktifitas, jangan terpaku pada jumlah waktu, namun Anda bisa mencoba beberapa tips berikut ini:

1. Istirahat teratur

Jangan terlalu memforsir tenaga untuk bekerja, tapi ambillah sedikit waktu untuk beristirahat. Bekerja tanpa henti belum tentu bisa meningkatkan produktifitas karena otak dan tubuh memerlukan istirahat pendek untuk kembali meningkatkan konsentrasi, kreatifitas dan memori. Bekerja terus menerus malah menyebabkan stress, kelelahan dan seringkali keputusasaan. Jadi, maksimalkan efisiensi Anda di tempat kerja dengan sering mengambil waktu istirahat pendek untuk menyegarkan dan mengisi ulang tenaga dan pikiran Anda.

Baca juga Self Discovery - Life Mapping

2. Menangani tugas pertama di pagi hari

Jika Anda menghadapi satu piring yang diisi dengan beberapa jenis makanan berbeda, makanan mana yang akan Anda cicipi terlebih dulu? Mark Twain pernah berkata, “Makanlah katak di pagi hari maka Anda tidak akan bertemu dengan hal yang lebih buruk dari itu sepanjang hari.” Artinya adalah Anda bisa mencoba untuk menangani pekerjaan yang paling menantang lebih dulu sebelum menangani tugas penting lainnya. Jadikan kebiasaan ini bertahan lama sepanjang hidup. Cobalah untuk mendisiplinkan diri dan lakukan cara itu untuk mencapai tingkat kinerja dan produktifitas tinggi.

3. Belajar menetapkan prioritas

Jika Anda termasuk orang yang memiliki banyak pekerjaan berbeda dalam satu waktu maka cobalah untuk mendorong produktifitas Anda dengan berfokus pada satu tugas pada satu waktu. Gunakan alarm pengingat untuk memastikan bahwa Anda tidak kehilangan waktu dalam prosesnya. Jika satu tugas sudah selesai maka Anda bisa beralih ke tugas lainnya.

Dikatakan otak manusia tidak terhubung dengan multitasking karena sebenarnya multitasking mengurangi kadar produktifitas sebanyak 40%. Alasannya karena banyak tugas di hadapan Anda yang membatasi fokus, menghambat memori kerja, meningkatkan stress dan kelelahan mental. Itu jika Anda tidak bisa menanganinya dengan baik.

4. Buat rencana kerja di malam hari

Ketika Anda memiliki pekerjaan yang banyak maka buatlah daftar pekerjaan yang bis amembuat Anda tetap teratur dan fokus. Daftar pekerjaan ini merupakan salah satu alat produktifitas yang sangat membantu. Lalu buatlah rencana kerja di malam sebelumnya tentang apa yang ingin Anda capai esok hari.

Membuat daftar pekerjaan sebelum tidur membuat pagi hari Anda lebih menyenangkan karena Anda sudah tahu apa yang akan dilakukan sepanjang hari ini. Namun buatlah daftar pekerjaan yang realistis dan sederhana karena menjejalkan terlalu banyak tugas dalam daftar akan membuat Anda bingung dan kewalahan.

5. Hilangkan gangguan digital

Berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk menjelajah media sosial untuk kegiatan yang tidak terkait dengan pekerjaan? Walaupaun kegiatan menjelajah media sosial ini tidak buruk, namun terus menerus memeriksa ponsel untuk pembaruan media sosial bukanlah produktifitas yang Anda inginkan dan tidak perlu dilakukan.

Tetapkan batas jumlah waktu yang bisa Anda habiskan di internet dan jangan aktifkan pemberitahuan aplikasi untuk menjaga fokus terdistraksi oleh hal-hal yang tidak terlalu penting bagi pekerjaan Anda dalam satu hari itu. Menjaga ponsel Anda dalam mode senyap akan membantu Anda lebih fokus bekerja.

Maksimalkan potensi diri Anda dengan bantuan Self-Growth Coach kami.

Related Posts