Career Coaching: An Eye-Opening Guide
Career Coaching

Career Coaching: An Eye-Opening Guide

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Apakah Anda pernah bertanya, apa sesungguhnya rahasia untuk memiliki karier yang cemerlang yang sesuai dengan keinginan kita, panggilan hidup pribadi, yang memberikan imbalan finansial sesuai keinginan dan jabatan yang dipandang dengan hormat. Bagaimana bisa mencapai itu semua?

Lalu bagaimana kita bisa tahu apa yang kita inginkan? Bagaimana kita bisa memahami karier seperti apa yang kita inginkan? Pekerjaan seperti apa yang cocok untuk kita? Panggilan hidup apa yang sedang kita coba penuhi?

Itu adalah bentuk-bentuk pertanyaan yang bisa dibawa untuk dibicarakan dalam di sesi coaching untuk karier, atau istilahnya Career Coaching. Career Coaching sendiri adalah suatu rangkaian 3 atau 4 sesi percakapan mendalam, 1-on-1, antara Anda dengan seorang career coach.

Fokus percakapan dalam suatu Program Career Coaching adalah karier Anda. Yang ingin dihasilkan dari percakapan ini adalah strategi baru, pola pikir, rencana tindakan atau kejelasan bagi Anda sebagai klien untuk mewujudkan karier yang diinginkan.

Karier di Awal Anda Bekerja

Saat Anda baru lulus sekolah mungkin Anda menghadapi salah satu situasi ini: masih bingung ingin menjadi apa, bingung lebih baik buka start up atau melamar ke perusahaan besar, bingung mau sekolah lagi atau lebih baik bekerja dulu, atau malah sudah punya jawaban atas itu semua namun tak tahu bagaimana memulainya.

Baca juga Sama Pintar Beda Attitude Beda Jalan Karir

Itu alasan yang tepat untuk mencari seorang Career Coach. Sesi-sesi career coaching akan membuat Anda bisa mendapatkan kejelasan, karier seperti apa yang ingin Anda jalani katakanlah 5-10 tahun ke depan.

Di ujung program, biasanya Anda sudah bisa memiliki strategi bagaimana Anda akan mewujudkan karier Anda itu.

Karier di "Persimpangan Jalan"

Setelah menjalani proses bekerja, mungkin 5-10 tahun, biasanya kita sudah tiba di posisi karier yang kita rancang dulu, atau malah mulai bosan dan mulai bertanya-tanya apakah saya sudah berada di tempat yang saya inginkan.

Atau mungkin mulai tergoda melihat ada teman yang keluar dari pekerjaan atas keinginan sendiri dan memulai bisnis baru atau pindah ke kantor yang Anda nilai lebih prestisius.

Ini juga momen yang tepat untuk menjalani Career Coaching. Mengapa? Career coach akan membantu Anda menentukan kembali peta perjalanan karier Anda. Mengubah tujuan akhir karier Anda, menelaah apa yang membuat Anda bosan, atau bertanya-tanya, atau terganggu melihat orang lain pindah. Bahkan career coaching membuat Anda bisa menentukan tujuan karier Anda untuk 10-15 tahun ke depan.

Momen Transisi Karier

Setiap titik di mana terjadi perubahan arah karier Anda, sesungguhnya merupakan saat tepat untuk menggunakan layanan Career Coaching. Saat karier Anda menanjak, dan Anda berada di jalur cepat karier yang memungkinkan Anda melesat lebih tinggi, Anda mungkin merasa perlu berhenti sebentar untuk mengatur strategi kehidupan.

Di konteks lain, saat ada situasi bisnis yang berubah, yang membuat Anda terkena dampak, apakah secara internal ada reorganisasi atau ada mutasi yang membuat Anda harus memegang hal baru atau ditempatkan di lokasi baru yang menuntut banyak sekali penyesuaian.

Semua kejadian yang membuat Anda perlu bertransisi secara karier, adalah kesempatan untuk bicara dengan seorang career coach. Karena di kondisi seperti ada dorongan untuk memiliki kejelasan akan situasi, strategi dan rencana yang matang dalam menjalaninya.

Karier Kedua setelah Pensiun

Menjelang pensiun - baik karena usia, keinginan sendiri atau karena diminta ikut program pensiun dini - biasanya orang mulai bertanya-tanya apa yang akan dilakukan, bagaimana kehidupan setelah pensiun betul-betul dijalani.

Persiapan mental yang matang dalam bentuk strategi yang lengkap atau kesadaran bahwa akan ada perubahan yang harus dijalani dan dibutuhkan suatu pola pandang baru tentang kehidupan, terbukti membantu seseorang dapat menjalani kehidupan pascapensiun dengan tetap produktif, dan sejahtera lahir batin.

Persiapan menjelang pensiun ini juga dapat dibicarakan bersama seorang career coach dalam suatu program Career Coaching.

Karier sebagai Ekspresi Diri

Jadi sesungguhnya apa program Career Coaching itu? Ini adalah salah satu layanan coaching yang berfokus pada perjalanan seseorang dalam karier.

Karier di sini bukan hanya soal bekerja di kantor namun juga perjalanan seseorang dalam mengekspresikan dirinya di dunia yang ia akui sebagai profesi - menjadi sukarelawan, menjadi penggiat, menjadi pebisnis, menjadi pengamat burung, menjadi pengamat kopi - apa pun.

Melalui program Career Coaching seseorang akan belajar banyak hal tentang dirinya, dan dari pelajaran itu berkembang menjadi manusia yang utuh, berdaya dan termaksimalkan potensinya.

Buat strategi masa depan karier Anda dengan bantuan Career Coach kami. 

Related Posts