Generasi Milenial, Dunia Bisnis dan Kewirausahaan Kini
Business Coaching

Generasi Milenial, Dunia Bisnis dan Kewirausahaan Kini

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Generasi milenial kini terus bertumbuh dan dampak pertumbuhan yang ditimbulkannya membawa banyak perubahan pada dunia bisnis. Ada peralihan besar pada lanskap lingkungan kerja hari ini dimana banyak perusahaan besar membuat beragam perubahan untuk mengakomodir gaya hidup dan kebutuhan generasi revolusioner ini.

Milenial sendiri sudah melampaui gen-X dan Baby Boomers dimana kehadirannya tampak sangat besar di ruang lingkup pekerjaan hari ini. Apa dampak yang ditimbulkan dan faktor kunci apa saja yang membuat generasi milenial bisa membentuk dunia bisnis saat ini?

Generasi Milenial dan Media Sosial

Generasi pertama yang mengandalkan media sosial dalam berbagai aspek kehidupan adalah generasi milenial. Anda hampir pasti tidak akan melihat seorang milenial tanpa memegang handphone di tangannya, atau duduk di meja menghadap layar tablet.

Fungsi media sosial kini terasa lebih luas dan besar daripada sebelumnya. Dua dekade lalu, hanya sedikit orang memanfaatkan media sosial untuk berinteraksi dan untuk memenuhi kebutuhan sosialisasi, namun kini media sosial juga digunakan untuk keperluan bisnis.

Marketing media sosial telah menjadi cara paling berpengaruh untuk mempromosikan segala bentuk bisnis secara virtual, baik itu produk ataupun layanan. Media sosial belum akan memudar karena kini semakin banyak orang seakan terikat pada media sosial yang digunakannya.

Tuntutan Fleksibilitas dan Keseimbangan Work-Life

Generasi milenial menuntut lebih untuk keseimbangan work-life dimana hasilnya adalah perubahan besar pada model jam kerja 9-5 yang dijalankan oleh banyak perusahaan sejak beberapa dekade lalu. Banyak milenial yang menuntut fleksibilitas baik dalam lingkup kehidupan pribadi maupun pekerjaan, sehingga banyak perusahaan menjadi terbiasa dengan gagasan jam kerja fleksibel atau sistem kerja dari rumah.  

Sistem kerja jarak jauh dengan jam fleksibel ini membuat para pekerja muda bisa menyeimbangkan kehidupan pribadi dengan pertumbuhan karirnya. Ada juga generasi milenial yang memilih pekerjaan freelance sehingga mereka lebih bisa membuat jadwal kerjanya sendiri.

Baca juga Cara Menjadi Pemimpin yang Tepat Bagi Generasi Milenial

Perbedaan Cara Mengkonsumsi Produk

Generasi milenial tidak hanya membentuk cara kerja bisnis saja, tetapi juga membentuk lanskap konsumen. Milenial adalah pembeli terbanyak di pasar ekonomi sekarang, sehingga membuat perusahaan mencoba mencari cara untuk melakukan perubahan demi memenuhi kebutuhan konsumen yang berorientasi pada teknologi. Artinya, perusahaan tidak hanya fokus pada transaksi secara online saja, tetapi juga harus konsumen memberikan ulasan yang positif atas produk atau layanan yang dibelinya.

Bahkan, sebagian generasi milenial mengatakan bahwa mereka lebih memercayai ulasan online daripada pendapat dari teman atau keluarga mengenai sebuah produk atau layanan. Generasi ini begitu tergantung pada ulasan dan opini orang lain, yang menyebabkan perusahaan memusatkan perhatiannya pada kurasi ulasan dan komentar positif agar bisa memenuhi permintaan konsumen.

Tuntutan akan Adanya Rasa Memiliki di Tempat kerja

Mungkin perubahan yang paling menarik yang dibawa oleh generasi milenial adalah bahwa mereka mencari adanya rasa memiliki terhadap pekerjaan mereka. Hal ini sangat penting untuk diketahui oleh perusahaan yang sedang mencari talenta baru dan berusaha untuk membuat milenial senang dengan pekerjaannya.

Generasi milenial menginginkan pekerjaan yang membuat suara mereka didengar, memiliki nilai dan bekerja dengan perusahaan yang mementingkan kesejahteraan karyawan dan lingkungannya dengan cara yang baru dan lebih inovatif.

Jika Anda ingin selangkah lebih maju di dunia marketing dan bisnis hari ini, maka sekarang adalah waktunya untuk memberikan perhatian pada cara milenial membentuk pasar bisnis. Membuat perubahan yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup generasi milenial menjadi kunci bagi banyak bisnis yang ingin bertahan secara relevan di pasar ekonomi yang terus berubah.

Sedikit uraian di atas bisa menjadi gambaran bagi pelaku bisnis untuk melakukan perubahan seiring perkembangan zaman yang makin maju dengan teknologi dan inovasi. Namun, jika Anda seorang milenial yang memiliki jiwa entrepreneurship maka Anda harus bisa membangun mindset dan perilaku kewirausahaan yang memiliki daya saing.

Tak hanya itu, Anda juga harus bisa menciptakan model bisnis yang tepat sesuai spesifikasi produk, pasar, dan konsumen. Untuk itu, tentunya diperlukan proses bisnis untuk menghasilkan revenue berkelanjutan.

Visecoach menyediakan pendampingan khusus melalui program premium coaching bersama Business Coach Profesional yang bisa membantu Anda merancang roadmap bisnis, produk, dan customer yang tepat. Anda bisa mendapatkan programnya disini.

Raih kesuksesan bisnis Anda dengan bantuan Business Coach kami.

Related Posts