Hati-hati! Kenali 7 Tanda Toxic Relationship Agar Tak Terjebak di Dalamnya
Love Coaching

Hati-hati! Kenali 7 Tanda Toxic Relationship Agar Tak Terjebak di Dalamnya

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Membangun suatu hubungan harmonis dengan orang lain membutuhkan proses yang cukup panjang. Diawali dengan suatu hubungan yang baik, toxic relationship tampak sempurna dan sehat, namun seiring berjalannya waktu mulai muncul kebiasan-kebiasaan yang tidak sehat yang bisa mengubah dinamika suatu hubungan.

Bagi beberapa pasangan, hal ini mungkin terlihat setelah berjalan selama beberapa bulan atau tahun, namun ada kalanya tanda-tanda ini bisa terlihat juga di awal pendekatan. Terlibat dalam hubungan yang toksik sangat menguras energi dan untuk melepaskan diri dari hal itu tidaklah mudah. Bahkan, orang yang kuat saja bisa berada dalam sebuah hubungan toksik dan sulit untuk melepaskan diri.

Apakah toxic relationship?

Suatu hubungan yang memiliki kekuatan untuk mengendalikan emosi dan membawa suasana hati naik turun secara ekstrim dengan mudah. Kondisi ini terjadi ketika satu atau kedua pihak menunjukkan perilaku manipulatif yang berakar dari pengalaman masa lalu atau trauma. Tidak mudah untuk mengenali apakah hubungan Anda termasuk toksik atau tidak, namun mengenali tanda-tandanya bisa membantu Anda untuk tahu jika ada sesuatu yang tidak beres, apakah masalahnya bisa diperbaiki atau sudah waktunya untuk menjauh.

Tetap bertahan seringkali menyebabkan lebih banyak kerusakan, jadi jika ada tanda-tanda di bawah ini yang relate dengan situasi Anda, mungkin sudah waktunya bagi Anda untuk mempertimbangkan dan membuat keputusan.

Baca juga Mengapa Suatu Hubungan Itu Penting? 

Tanda-tanda Anda mungkin berada di dalam toxic relationship:

1. Semuanya adalah tentang mereka

Pernahkah Anda merasa tidak bis amemilih sendiri film yang ingin ditonton di bioskop atau memutuskan tempat untuk makan malam? Orang yang toksik memiliki cara untuk membuat kita menuruti kemauannya dan dia memiliki kendali atas setiap keputusan, sekecil apapun keputusan tersebut. Bisa jadi dia hanya berpura-pura perhatian pada perasaan kita tapi pada akhirnya selalu berakhir untuk kenyamanan dirinya.

2. Cemburu atau memegang kendali

Apakah pasangan Anda selalu memeriksa telepon Anda dan curiga jika Anda pergi keluar dengan orang yang ada di dalam kontak telepon? Jika Anda mulai merasa pasangan Anda seperti tidak mempercayai Anda, mungkin memng mereka tidak percaya. Cemburu dan memegang kendali bukan hanya bersifat toksik tetapi juga menyiksa. Perilaku seperti ini sering menghasilkan ketidakamanan diri dan merusak salah satu pondasi terpenting dalam suatu hubungan, yaitu kepercayaan.

3. Merasa lelah usai menghabiskan waktu dengannya

Menghabiskan waktu bersama orang teristimewa dalam hidup Anda seharusnya memberi Anda lebih banyak energi, bukan malah terkuras. Orang yang toksik bisa membuat Anda lelah secara emosional karena Anda Anda akan merasa terus berusaha dan memberi untuk apapun tanpa pernah mendapatkan timbal baliknya.

4. Tidak menghargai batasan

Apakah Anda selalu merasa berakhir dalam perdebatan setiap kali Anda berkata ‘tidak’? Suatu kepribadian yang toksik merasa lumrah ketika secara konstan memaksa dan menyalahi batasan Anda, lalu meninggalkan Anda dengan rasa ragu pada diri sendiri dan frustasi. Jika perilaku seperti ini terus didapatkan maka Anda akan mulai mempertanyakan kekuatan, nilai, dan harga diri Anda sendiri.

5. Terisolasi dari teman dan keluarga

Di awal hubungan, Anda akan merasa seseorang begitu perhatian dan manis karena ingin menghabiskan banyak waktu bersama Anda. Seiring dengan berjalannya waktu, situasi ini akan meningkat menjadi perilaku posesif yang membuat Anda jauh dari keluarga dan teman, lalu berakhir dengan rasa terisolasi dan kesepian.

6. Manipulatif

Perilaku manipulatif seringkali sulit untuk diterka karena seringkali dilakukan dengan cara lembut yang membuat Anda sebagai pihak yang bersalah. Perilaku ini memainkan emosi Anda dan membuat Anda selalu merasa bersalah. Pribadi yang toksik akan mengabaikan pendapat dan perasaan Anda untuk mendapatkan keinginan mereka, dan membuat Anda jadi sosok yang buruk.

7. Terjebak dalam hubungan

Apakah Anda merasa tidak bisa melangkah pergi? Rasanya memang mudah dikatakan namun sulit untuk dilalukan. Seringkali jika Anda menjauh Anda akan merasa sangat sedih dan patah hati dibandingkan tetap bertahan dalam hubungan toksik. Namun ingatlah, selalu ada jalan keluar bahkan untuk suatu toxic relationship sekalipun.

Jika Anda merasa terhubung dengan tanda-tanda di atas, mungkin waktunya bagi Anda untuk mengenali hubungan Anda sekarang. Terkadang orang tidak menyadari bahwa tindakan mereka bisa menyakitkan bagi orang lain, maka ada baiknya mulai sekarang Anda berani menyatakan perasaan Anda sendiri saat tindakan mereka memberi dampak dengan mengatakan, “Saya merasa …”

Wujudkan hubungan berpasangan yang ideal dengan bantuan Relationship Coach kami.

Related Posts