Kesepian: Penyebab dan Konsekuensi Kesehatannya
Love Coaching

Kesepian: Penyebab dan Konsekuensi Kesehatannya

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Kesepian adalah emosi universal manusia yang kompleks dan unik bagi setiap individu. Karena penyebabnya bukan hanya satu atau dua maka jika pencegahan dan penanganannya kurang baik akan berisiko pada kerusakan pikiran secara dramatis. Misalnya, seorang anak yang kesepian berjuang agar bisa memiliki teman di sekolah berbeda cara penanganannya dengan orang dewasa yang kesepian karena ditinggalkan orang terdekatnya.

Definisi kesepian

Kesepian sebenarnya merupakan sebuah pernyataan mengenai kondisi pikiran. Kesepian bisa menyebabkan orang merasa hampa, sendirian, dan tidak diinginkan. Manusia selalu ingin berinteraksi dengan orang lain namun pikirannya membuat hal itu menjadi sulit untuk terhubung dengan orang lain.

Para peneliti menyebutkan bahwa kesepian diasosiasikan dengan isolasi sosial, rendahnya kemampuan sosial, introvesi, dan depresi. Kesepian, disebutkan tidak selalu berkaitan dengan sendirian. Jika Anda merasa sendirian dan terisolasi, maka itulah definisi kesepian yang tercipta di dalam pikiran Anda.

Misalnya, seorang mahasiswa mungkin merasa kesepian padahal selalu dikelilingi oleh banyak temannya. Seorang prajurit baru mungkin akan merasa kesepian ketika ditugaskan ke negara yang jauh padahal saat bertugas selalu dikelilingi oleh banyak prajurit yang senasib dengannya.

Baca juga Kenali Tanda-tanda Menikah Tapi Kesepian

Kesepian tercipta karena banyak situasi yang berbeda seperti isolasi fisik, kepindahan ke lokasi baru, perceraian, introvert, kurangnya percaya diri, atau kematian seseorang. Depresi juga mengakibatkan rasa kesepian yang membuat individu seringkali menarik diri secara sosial, yang kemudian memicu pada isolasi diri.

Risiko Kesehatan Terkait Kesepian

Kesepian menimbulkan banyak efek negatif baik secara mental atau fisik, termasuk:

1. Kesehatan jantung

2. Depresi

3. Stres berat

4. Penurunan memori otak

5. Risiko penggunaan obat keras

6. Perubahan fungsi otak

7. Perilaku anti sosial

8. Pengambilan keputusan yang buruk

Tips Mencegah dan Mengatasi Kesepian

Jika Anda merasa kesepian maka jangan khawatir karena kondisi ini bisa diatasi dengan usaha sadar untuk membuat perubahan. Dalam jangka panjang, membuat perubahan akan menjadikan individu semakin bahagia, lebih sehat, dan menciptakan dampak positif pada orang-orang yang ada di sekitarnya, dengan cara sebagai berikut:

1. Mempertimbangkan pelayanan komunitas atau aktifitas lain yang Anda sukai dimana Anda berpeluang untuk bertemu orang baru dan berinteraksi secara sosial.

2. Mengharapkan yang terbaik daripada mengharapkan penolakan, dan fokus pada pikiran dan perilaku positif dalam hubungan sosial Anda.

3. Fokus untuk menumbuhkan hubungan yang berkualitas dengan berbagi dengan orang yang memiliki persamaan perilaku, ketertarikan, dan nilai.

4. Mengenali kesepian sebagai tanda bahwa ada sesuatu hal yang harus diubah dalam hidup Anda.

5. Memahami efek buruk kesepian dalam hidup Anda agar bisa menemukan cara sadar ntuk menanganinya.

6. Memperkuat hubungan sosial dengan siapapun, baik dengan keluarga, sahabat, teman kerja, atau masyarakat.

7. Bicara pada orang yang Anda percayai adalah penting agar Anda bisa berbagi pemikiran.

Kesepian adalah suatu kondisi pikiran yang kompleks yang disebabkan oleh perubahan hidup, kondisi kesehatan mental, kurangnya kepercayaan diri dan nilai kepribadian seseorang. Adalah penting untuk mengenali tanda-tandanya demi kesehatan Anda. Apapun solusi yang Anda pilih untuk mengatasi kesepian, ingatlah bahwa akan selalu ada orang yang bersedia untuk membantu.

Wujudkan hubungan berpasangan yang ideal dengan bantuan Relationship Coach kami.

Related Posts