Manfaat Yoga bagi Kesehatan Fisik dan Mental
Wellness Coaching

Manfaat Yoga bagi Kesehatan Fisik dan Mental

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Anda pasti pernah mendengar bahwa latihan yoga baik bagi kesehatan. Mungkin juga Anda pernah mencobanya dan merasakan ada perubahan dalam diri menjadi pribadi yang lebih baik. Latihan yoga secara teratur banyak menawarkan keuntungan untuk kesehatan fisik dan mental, seperti berkurangnya stress dan merasa lebih damai menerima pengalaman hidup baik positif atau negatif dengan penuh kesadaran.

Hal seperti inilah yang membuat orang tertarik dan kecanduan melakukan latihan yoga. Untuk mengetahui lebih banyak manfaat yoga bagi kesehatan fisik dan mental Anda bisa membaca sedikit paparan berikut ini.

Manfaat Yoga Bagi Kesehatan Fisik

Kelenturan tubuh adalah salah satu manfaat yang paling terlihat dari latihan yoga. Semakin kita menua maka kelenturan tubuh juga berkurang sehigga memicu rasa sakit dan sulit bergerak. Latihan yoga bisa memperbaiki proses ini menjadi lebih baik.

Bergerak dan peregangan merupakan cara yang akan membantu fisik Anda menjadi lebih lentur dan membantu bagian tubuh yang kaku menjadi lebih mudah bergerak. Dengan bertambahnya usia maka Anda akan berharap otot, punggung, bahu, dan pinggang tetap lentur, atau setidaknya tidak menjadi kaku. 

Banyak posisi yoga yang membuat Anda harus mampu menyangga berat badan dengan cara baru, misalnya menyeimbangkan berat tubuh di satu kaki atau menyangga tubuh dengan lengan Anda. Dengan melakukan pose tertentu dalam tarikan napas teratur secara teratur akan membangun keseimbangan tubuh.

Baca juga Wellness Coaching Membongkar Mitos Kesehatan

Dengan bertambahnya kekuatan tubuh maka bentuk otot juga akan bertambah baik. Yoga membantu kita membentuk otot menjadi solid dan membuang kelebihan lemak.  Jika Anda menderita radang sendi yang menyakitkan dan membuat tubuh sulit bergerak maka Latihan yoga yang teratur dengan pose tertentu akan mengurangi rasa sakit yang diderita.

Banyak orang mengalami sakit punggung karena terlalu banyak menghabiskan waktu duduk di depan komputer seharian setiap hari. Jika Anda pernah merasakan sesak dan nyeri di bagian tulang belakang karena berada di posisi statis dalam rentang waktu lama maka yoga bisa menjadi solusi untuk itu.

Latihan yoga juga membantu Anda untuk bernapas lebih baik kebanyakan orang tidak bernapas dengan penuh kesadaran. Napas adalah faktor terpenting yang membuat kita bisa menjalani hidup di dunia ini. Cobalah bernapas dengan kesadaran, bahwa Anda menarik napas dan mengeluarkannya secara sadar.

Rasakan ketika udara memasuki tubuh, berjalan menuju paru-paru melalui hidung dan tenggorokan yang kemudian mengirimkan dampak ke otak dan seluruh anggota tubuh. Beberapa cara bernapas dalam latihan yoga bisa membantu Anda membersihkan jalur pernapasan (membantu orang yang memiliki alergi) dan menenangkan system syaraf pusat yang baik untuk kesehatan mental dan fisik.  

Manfaat Yoga Bagi Kesehatan Mental

Yoga adalah satu jenis latihan fisik yang dilakukan dengan cara berkonsentrasi penuh pada tubuh yang memunculkan efek rasa tenang pada pikiran. Yoga juga merupakan latihan yang mengenalkan Anda pada teknik meditasi, seperti bernapas dengan kesadaran dan bagaimana melepaskan pikiran dari keadaan sekitar.

Keahlian seperti ini sangat berharga dilakukan dalam situasi penting seperti melahirkan, gangguan tidur atau insomnia, atau ketika Anda mengalami serangan kecemasan yang berlebihan. Dengan berlatih secara teratur Anda juga bisa mengurangi kadar stress yang selama ini ada.

Karena konsentrasi yang dibutuhkan dalam latihan yoga akan membantu Anda menempatkan masalah dalam perspektif berbeda. Latihan ini akan membuat Anda tidak terpaku pada pengalaman masa lalu dan mulai melihat dunia dari sudut pandang baru. Tak hanya itu, yoga membantu Anda meningkatkan kesadaran akan tubuh Anda sendiri.

Jika sebelumnya Anda tidak merasa nyaman dengan bentuk tubuh dan selalu melihat tampilan fisik orang lain lebih indah, maka dengan latihan yoga Anda akan lebih mencintai tubuh sendiri apapun bentuk yang sudah dikaruniakan oleh Sang Pencipta. Jika sudah mencapai kenyamanan seperti itu maka postur dan rasa percaya diri Anda akan meningkat lebih baik lagi.

Raih hidup sehat, bahagia dan seimbang dengan bantuan Wellness Coach kami. 

Related Posts