Wellness Coaching Membongkar Mitos Kesehatan
Wellness Coaching

Wellness Coaching Membongkar Mitos Kesehatan

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Sebagian besar orang beranggapan bahwa kesehatan selalu berkaitan dengan kondisi fisik atau tubuh. Namun sebenarnya kesehatan secara holistik berkaitan dengan mental (jiwa dan pikiran) seseorang.

Seorang atlit yang tidak diragukan kesehatan fisiknya dan memiliki kemampuan bertanding yang baik belum tentu bisa menjadi juara jika tidak didukung oleh mental yang kuat.

Contoh lainnya, seorang manajer yang memiliki prestasi baik tiba-tiba kinerjanya menjadi merosot karena kondisi mental yang sedang mengalami stress akibat beban pekerjaan yang tiada henti.

Disini kita bisa lihat bahwa seseorang bisa tampil maksimal dalam berbagai aktifitas yang dijalankan ketika kesehatan fisik dan mental dalam keadaan solid.

Wellness coaching dan pola pikir sehat

Disinilah peran seorang Wellness Coach yang bekerja secara professional membantu memetakan kondisi fisik dan mental Anda saat ini dan membantu Anda melakukan perbaikan-perbaikan termasuk merumuskan strategi baru terkait tujuan yang ingin dicapai.

Wellness Coaching terbilang barang baru di Indonesia dimana selama ini ketika orang merasakan ketidakstabilan mental maka  terapis atau psikiater adalah orang yang dituju untuk mendapatkan solusi dan pengobatan.

Baca juga 5 Praktik Mindfulness Sederhana di Keseharian

Cara seperti itu tidaklah salah, namun terkadang permasalahan yang sama muncul kembali di kemudian hari. Hal seperti itu terjadi karena orang belum membangun kesadaran berpikir sehat tentang diri dan lingkungannya.

Seorang Wellness Coach akan membantu Anda untuk menyadari pikiran, bagaimana mengelola emosi dalam keseharian termasuk mengamati perilaku-perilaku yang cenderung negatif dan membuat kesehatan mental menurun.

Di sisi lain, seorang Wellness Coach juga berperan untuk memperkuat kesehatan fisik orang dengan membantu melakukan kebiasaan-kebiasaan baru yang sehat, mengatur gaya hidup, mengatur pola makan, dan juga latihan-latihan fisik yang bisa membuat orang lebih percaya diri dan hidup seimbang secara fisik dan mental.

Fokus pada well-being

Wellness Coaching pada dasarnya berfokus pada peningkatan well-being atau kondisi yang mencerminkan tubuh sehat, pikiran yang fokus, dan jiwa yang damai.

Secara umum, tema-tema yang berkaitan dengan peningkatan well-being dalam Wellness Coaching ini mencakup beberapa hal, yaitu:

  • Life Work Balance, yaitu keseimbangan antara kehidupan kerja dan non kerja.
  • Mindfulness, yaitu kemampuan menjalankan hidup secara sadar dari diri yang utuh.
  • Energy Management, yaitu kemampuan mengelola fokus dan energi pada saat menjalankan aktifitas di waktu tertentu agar hasilnya maksimal.
  • Stress Management, yaitu kemampuan mengelola emosi akibat tekanan mental kehidupan.
  • Lifestyle Improvement, yaitu menghilangkan kebiasaan buruk yang memengaruhi kualitas hidup.

Seorang Wellness Coach akan bekerjasama secara intensif dengan Anda melalui pertemuan coaching one-on-one yang dijalankan satu hingga dua minggu sekali sesuai dengan tema wellness yang ingin Anda fokuskan.

Raih hidup sehat, bahagia dan seimbang dengan bantuan Wellness Coach kami.

Related Posts