Memulai Pagi dengan Sarapan Sehat
Wellness Coaching

Memulai Pagi dengan Sarapan Sehat


Makan pagi atau sarapan adalah salah satu hal penting dalam memulai kegiatan kita di awal hari. Sarapan menjadi penentu agar nafsu makan tidak berlebihan di jam-jam berikutnya. Selain bisa membuat metabolisme lebih baik, sarapan juga mengoptimalkan asupan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dengan sarapan kita bisa mendapatkan manfaat nutrisi yang maksimal seperti kadar gula darah yang terkontrol, fokus kerja lebih terjaga, dan untuk anak-anak bisa mendukung proses pertumbuhan.

Untuk itu, sangat penting menjaga kualitas sarapan kita. Seringkali kita memakai berpikir asal pagi perut terisi ketika memilih menu sarapan pagi. Maka seringkali kita malah mengkonsumsi makanan tidak sehat seperti gorengan, kerupuk, dan santan. Padaha, ada kandungan lemak dan kalori tidak baik dalam makanan tersebut yang dapat memengaruhi kesehatan, misalnya peningkatan kolesterol dan lemak.

Untuk itu penting sekali ketika memilih sarapan untuk memperhatikan komposisi sarapan kita. Sarapan yang baik dan sehat dianjurkan memiliki banyak kandungan serat, vitamin, dan mineral tanpa melupakan protein dan karbohidrat. Mulailah dengan membuat sarapan sehat dengan konsep 'Breakfast like a King'. Porsi besar yang berisi 60% buah-buahan.

Baca juga Pentingnya Menjaga Gaya Hidup Sehat

Pilih buah yang berkulit terang karena kaya akan vitamin dan mineral. Buah-buahan juga memiliki kandungan gula alami yang jauh lebih sehat daripada gula buatan, misalnya pisang, nanas, pepaya, mangga, jambu, buah naga, dan banyak lagi. Komposisi protein 20% seperti telur, protein shake, atau kacang-kacangan rebus. Tambahkan juga 20% karbohidrat dalam sarapan kita. Pilih karbohidrat yang baik untuk tubuh, misalnya jagung rebus atau umbi-umbian rebus.

Mengubah kebiasan lama memang tidak mudah. Terlebih jika kita sudah terbiasa mengonsumsi sarapan tidak sehat. Mulailah dengan porsi kecil dan lakukan secara teratur. Dengan begitu kita akan membentuk keiasaan baru yang lebih sehat. Perlahan, mulailah perbesar porsi sarapan sehat ini. Sesekali kita mungkin akan terjatuh lagi dengan makanan yang tidak sehat.

Jangan menyerah. Kembali lagi dengan pola sarapan sehat yang sudah pernah dijalani. Konsistensi adalah kunci dalam mengubah suatu kebiasaan. Ajak orang sekitar kita untuk saling membagi gambar sarapan mereka baik di WA group atau social media. Sehingga tanpa sadar kita telah membentuk support group sekaligus mengajak orang lain hidup lebih sehat.

Kesehatan adalah harta yang paling berharga. Apa yang kita makan saat ini adalah bentuk investasi kesehatan di masa depan. Maka sudah sepantasnya kita berinvestasi dengan baik, yaitu dengan menjaga pola makan sesehat mungkin.

Raih hidup sehat, bahagia dan seimbang dengan bantuan Wellness Coach kami.

{$detail->author->name}}
Mila Maulidina, CEC

CEC Check the profile at https://visecoach.com/mila-maulidina-1

Related Posts