Sales Coaching

Mengapa Sales Leader sekarang Fokus ke Sales Coaching

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach
Mengapa Sales Leader sekarang Fokus ke Sales Coaching

Bagi Anda yang berkecimpung di dunia sales mungkin pernah merasakan menjadi seorang sales yang jempolan. Mungkin sales terbaik di antara rekan-rekan tim Anda.

Namun ternyata menjadi seorang sales yang baik tidak secara otomatis menjadi sales leader yang baik. Tugas sales leader berbeda dimana dia harus bisa mengelola tim dengan efektif sedangkan seorang sales harus bisa menjual dengan efektif.

Seorang individu akan menginginkan hal lebih dari sekadar mencapai target penjualan. Akan selalu ada tujuan berikutnya yang ingin dicapai. Sebuah tujuan yang lebih besar di masa depan. Coaching adalah salah satu cara yang bisa membantu seseorang meraih goal dalam hidupnya, termasuk goal dalam pekerjaan.

Tak hanya bagi individu namun Coaching juga memberikan manfaat bagi perusahaan dimana dia bekerja. Semakin hari, perusahaan juga makin menyadari pentingnya Coaching untuk meningkatkan semangat kerja karyawan dalam berpartisipasi mencapai tujuan perusahaan.

Sales Coaching vs Sales Training

Mungkin Anda pernah mempertanyakan apa bedanya Sales Training dan Sales Coaching. Secara umum definisi Sales Training merujuk pada sebuah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang tercipta dan dianggap sebagai pendidikan dasar.

Sedangkan Sales Coaching menyiratkan sebuah hubungan yang berkelanjutan antara sales dengan manajer diringi dengan optimasi dan peningkatan yang terus menerus. Ruang lingkup Sales Coaching juga bervariasi dimulai dari penegaan proses hingga peningkatan percakapan sales.

Perusahaan bisa menyelenggarakan program Sales Training untuk meningkatkan performa kerja sales selama minimal satu minggu dan maksimal satu bulan. Fungsi training disini sudah jelas yaitu untuk membantu kinerja sales mencapai tujuan dengan sukses dalam waktu pendek. Biasanya perusahaan tidak mau menunggu lama untuk bisa melihat karyawannya meraih sukses.

Untuk hal itulah Coaching hadir. Sales yang mengikuti Coaching ini akan dibantu untuk membangun peningkatan kerjanya dari waktu ke waktu. Jadi Coaching bukan mengenai transfer pengetahuan sekaligus yang biasanya akan cepat dilupakan oleh sales.

Sales Coaching kini telah berkembang menjadi hal yang penting karena perusahaan mulai melihat pentingnya keahlian dalam membangun percakapan yang sangat diperlukan oleh sales untuk mencapai goalnya. Keahlian ini bisa didapatkan dengan melibatkan Sales Coaching.

Mengapa Sales Coaching?

Sales Coaching merupakan sebuah proses evaluasi keahlian seorang sales, termasuk pengetahuan dan kesiapannya menyediakan feedback untuk peningkatan performa kerja yang berkelanjutan. Seorang sales yang sudah pernah mengikuti Sales Coaching bisa menggunakan pengetahuan barunya untuk berkomunikasi dan mengajukan pertanyaan dalam sebuah percakapan dengan anggota tim.

Percakapan yang membangun seperti ini akan membuka ruang untuk perkembangan dan kemungkinan melangkah lebih jauh mencapai tingkat kesuksesan baru. Itulah mengapa Sales Coaching itu penting untuk berbagai alasan tertentu, seperti:

  1. Alasan pertama adalah untuk membantu sales meningkatkan performa kerja secara berkelanjutan melalui feedback, Latihan dan pengulangan.
  2. Alasan kedua adalah membantu Sales Manager mengembangkan proses sales, Teknik pelatihan dan ruang progress bagi peningkatan performa tim.
  3. Alasan ketiga adalah alasan terpenting yaitu untuk menghasilkan dampak besar atas penjualan. Perusahaan yang sudah menjalankan pendekatan Sales Coaching secara tepat cenderung mengalami penjualan yang sukses di atas 10%. Namun jika perusahaan tidak melakukan pendekatan yang tepat maka hasilnya adalah sebaliknya

Itulah mengapa Sales Coaching itu penting karena bisa membantu meningkatkan produktifitas karyawan dalam prosesnya menjual produk perusahaan. Kesuksesan perusahaan tentu saja tergantung dari kinerja baik para karyawannya.

Related Posts