Mengenal Intuitif Eating, Pola Makan yang Fokus pada Intuisi
Wellness Coaching

Mengenal Intuitif Eating, Pola Makan yang Fokus pada Intuisi

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Apakah Anda sedang mencari cara untuk menurunkan berat badan tapi belum menemukan metode terbaik untuk melakukannya? Anda juga enggan mengikuti jenis-jenis diet yang kekinian karena mungkin tidak cocok dengan kondisi tubuh Anda. Kenalilah Intuitive Eating, sebuah metode baru menerapkan diet untuk menurunkan berat badan tanpa harus menjalankan diet ketat.

Apa Itu Intuitive Eating?

Ini adalah metode pola makan yang cukup bermanfaat bagi Kesehatan dan kebugaran badan. Caranya adalah dengan memberikan asupan yang tepat sesuai dengan sinyal yang diberikan oleh tubuh Anda. Metode ini tidak akan menyiksa Anda karena menahan lapar atau memunculkan guilty feeling setelah mengkonsumsi makanan tertentu.

Fokusnya adalah Anda berdamai dengan setiap makanan yang ada tanpa menilainya baik atau buruk, namun Anda tetap menghargai rasa lapar, menghargai rasa kenyang, merasa cukup dengan porsi makan yang pas, dan tetap bisa beraktifitas aktif seperti biasa.  

Menjalankan pola makan ini bukan berarti kemudian Anda bisa memakan apapun kapanpun Anda menginginkannya. Tidak seperti itu. Para ahli menyebutkan bahwa Intuitive Eating adalah mendengarkan secara alami tubuh Anda kapan tubuh memerlukan asupan makanan dan kapan tubuh merasa kebutuhan itu sudah mencukupi.

Baca juga 5 Rahasia Gaya Hidup Sehat

Fokus dari pola makan ini adalah pada makanan terbaik yang dibutuhkan oleh tubuh Anda secara keseluruhan, baik mental atau pun fisik. Begini cara menerapkan metode diet ini:

1. Makan pada waktunya

Tubuh menyampaikan pesan bahwa tubuh sudah memerlukan pasokan energi baru dengan menciptakan rasa lapar. Kondisi lapar ini tidak boleh diabaikan dan tubuh harus diberi asupan baru untuk menjadikannya sebagai paskan energi. Dalam metode ini Anda mengidentifikasi kapan waktu terakhir Anda makan. Jika Anda makan empat atau lima jam lalu maka tubuh Anda memang sudah memerlukan asupan baru. Pastikan Anda tidak makan di luar waktu makan Anda agar berat badan tetap stabil.

2. Tetapkan skala kondisi lapar Anda

Anda bisa membuat skala kondisi lapar Anda menggunakan angka. Misalnya skala 0 adalah angka dimana Anda dalam kondisi sangat lapar dan memerlukan asupan banyak, sedangkan skala 10 adalah kondisi dimana Anda sudah merasa sangat kenyang. Usahakan agar Anda makan di skala 4 agar Anda bisa mengkonsumsi makanan secukupnya dan terhindar dari emotional eating yaitu memenuhi keinginan makan yang bertujuan untuk membuat suasana hati lebih menyenangkan.

3. Fokus pada makanan saat makan

Hindari melakukan kegiatan apapun saat Anda makan. Jauhkan handphone, menonton televisi, atau bermain komputer saat Anda sedang makan. Fokus yang teralihkan akan membuat Anda mengabaikan rasa kenyang. Jika tidak ada rasa kenyang maka Anda akan makan secara berlebihan. Hargai makanan yang Anda santap, rasakan setiap kunyahannya sebagai wujud rasa syukur dan hargai makanan yang ada di hadapan Anda.

4. Makan makanan yang Anda inginkan

Menyantap makanan yang benar-benar Anda inginkan. Cara ini bisa memuaskan rasa penasaran Anda dan lidah Anda. Ketika lidah menginginkan daging ayam namun Anda memaksakan untuk menyantap salad, maka Anda akan berpikir untuk memenuhi keinginan tadi dan mencarinya kemudian. Jadi porsi makanan Anda justru bertambah karena Anda tidak mengkonsumsi makanan yang benar-benar diinginkan.

Mungkin Anda ingin mencoba metode pola makan ini untuk menurunkan berat badan dan jika cocok Anda bisa melakukannya untuk jangka waktu panjang. Namun ingatlah bahwa hal apapun yang sifatnya berlebihan tidak pernah menciptakan hasil yang baik.

Raih hidup sehat, bahagia dan seimbang dengan bantuan Wellness Coach kami.

Related Posts