Menjawab Tantangan dan Menjadi Ahli dalam Menjual
Sales Coaching

Menjawab Tantangan dan Menjadi Ahli dalam Menjual

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Setiap hari yang dilalui merupakan sebuah kesempatan dan peluang bagi kita untuk belajar dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Bukan hal yang tidak mungkin jika ternyata Anda memiliki keahlian untuk menjual meski sekarang Anda tidak dalam posisi sebagai seorang sales.

Bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis baru dan ingin memiliki keahlian untuk menjual maka ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencapai hal itu, di antaranya adalah belajar dari para sales, mempelajari taktik penjualan yang baru dan mencoba teknik menjual yang baru. Anda bisa meluangkan waktu untuk mempelajari penjualan, lalu mempraktekkannya dalam skenario nyata, dan hasilnya akan Anda lihat sendiri.

Anda bisa meningkatkan keahlian menjual meskipun Anda bukan seorang sales seperti yang diuraikan di artikel sebelumnya, dan di bawah ini adalah tambahan 5 cara yang telah dicoba oleh banyak sales untuk membuat Anda menjadi seorang penjual yang lebih baik:

1. Tidak berasumsi

Jangan pernah berasumsi bahwa konsumen bersedia untuk membayar atau bahwa penjualan sudah pasti akan berhasil dan melalui proses pembayaran. Jangan berasumsi bahwa konsumen sudah pasti mendengar Anda. Sebaliknya, masuki percakapan dengan konsumen dengan niat untuk mempelajari prospek. Anda bisa memberitahu mereka mengenai produk atau jasa yang Anda miliki, cari tahu apa motivasi mereka dan pelajari bagaimana kriteria pembelian mereka.

2. Cintai konsumen Anda

Ketika Anda mencintai konsumen Anda maka mereka akan melakukan hal yang sama. Orang akan terkoneksi lebih dalam dengan brand favorit mereka. Berkat media sosial, konsumen kini menjadi lebih berpengaruh daripada beberapa dekade sebelumnya. Jika konsumen tidak suka maka akan ada sekira 500 temannya di Facebook yang mengetahui hal itu dengan segera.

Konsumen adalah orang yang membentuk reputasi Anda. Meskipun Anda tidak bisa selalu menyenangkan hati mereka, namun Anda bisa melakukan hal terbaik terutama di awal penjualan dimana Anda bisa memberikan pengalaman tak terlupakan pada konsumen -pengalaman yang akan mereka bagikan dengan senang hati di media sosialnya.

Baca juga Cara Meningkatkan Keahlian Menjual Meski Anda Bukan Seorang Sales

Jangan lupa untuk memberikan respon, menjawab pertanyaan, menangani komplain dengan efisien, dan memberi hadiah pada konsumen atas kesetiaan mereka. Hal-hal itu adalah pelayanan dasar yang bisa diberikan oleh suatu bisnis, namun berjalan dalam jangka waktu panjang sambil menetapkan brand dan membantu penjualan menjadi lebih baik.

3. Jadilah terlihat dan terdengar

Jika Anda sudah membangun hubungan yang baik dengan konsumen maka jadikan diri Anda selalu terlihat dan terdengar dimanapun berada. Buat konsumen selalu ingat Anda dan tidak berkesempatan untuk melupakan Anda. Salah satu caranya adalah bisa dengan mengirimkan newsletter, memperbarui konten di media sosial secara teratur, dan menerbitkan artikel blog secara berkala. Semakin Anda selalu berada dalam radar konsumen maka mereka akan lebih tertarik untuk melakukan pembelian.

4. Pamerkan kesuksesan Anda

Tidak ada salahnya untuk berbagi kebahagiaan atas sebuah kesuksesan. Jika ada pencapaian yang sudah Anda raih maka bagikanlah. Sebutkan klien yang memiliki nama besar dengan detail dan beritahu bagaimana produk atau jasa Anda bisa menyelesaikan masalah mereka. Dengan melakukan hal ini maka Anda menunjukkan otoritas Anda dan memberikan kepastian bahwa Anda tahu pasti apa yang sedang Anda lakukan dengan bisnis ini.

5. Banyak berlatih untuk menjadi ahli

Diperlukan proses dan waktu yang cukup panjang untuk seseorang menjadi ahli dalam sebuah bidang. Seorang pengrajin memerlukan waktu bertahun-tahun untuk menguasai teknik terbaik dalam membuat sebuah vas bunga yang memukau. Begitu pula dalam dunia penjualan atau sales, Anda membutuhkan waktu untuk menjadi seorang ahli. Namun jangan patah semangat, belajar tiada henti dan tidak ada kata terlambat untuk mempelajari sesuatu. Teruslah berlatih dan jadilah yang terbaik.

Optimalkan penjualan produk dan layanan Anda dengan bantuan Sales Coach kami.

Related Posts