Merancang Panggung: Sarana Menujukkan kompetensi Seseorang
Leadership Coaching

Merancang Panggung: Sarana Menujukkan kompetensi Seseorang


Banyak potensi tinggi karyawan terungkap dari berbagai hasil assestment yang pernah diikuti, namun kemampuan itu tidak tampil optimal dalam kinerjanya, sehingga selama beberapa waktu orang tersebut selalu berada dalam kotak Solid Player (istilah dalam 9 Boxes untuk pemetaan talent).

Tugas kita sebagai pemimpin (leader) tertinggi dalam organisasi (Kantor Cabang Utama) yang memiliki otoritas untuk mengatur dan mengembangkan orang (anggota tim) adalah mendukung orang tersebut untuk berkembang lebih baik. Mulai dari menanyakan dan melihat apa potensinya kemudian memberikan panggung bagi orang tersebut untuk menunjukkan kompetensinya.

Baca juga Manfaat Komunikasi Leadership dalam Interaksi Bisnis

Sebuah pengalaman dan hal yang selalu saya lakukan disetiap kota penugasan, saya merancang panggung bagi anggota tim yang mau dan mampu untuk maju dalam karirnya. Caranya dengan berani merancang panggung tersebut, merancang KPI-nya, melakukan mentoring, coaching dan monitoring secara rutin.

Hal utama yang dilakukan adalah berkomunikasi (virtual meeting) dengan pihak HR maupun Kantor Wilayah (dalam organisasi kantor saya di daerah maka Kantor Wilayah adalah setingkat gubernur sedangkan saya setingkat walikota)dimana interaksi yang tercipta membuat banyak pihak dapat menilai cara kerja, cara komunikasi, pemikiran dan logika dari orang tersebut.

Perencanaan akan desain panggung yang matang akan membuat orang yang akan diorbitkan bisa mengeluarkan potensinya semaksimal mungkin. Hasil akhirnya adalah mendapat penilaian kinerja dan mencapai KPI sesuai Exceed Expectation (nilai A). Pada saat kita mengadakan pembahasan pemetaan talent management tahunan (9 Boxes) ini, peta orang tersebut dapat saya usulkan dan disetujui menjadi High Potential Talent dan menjadikannya sebagai salah satu future leader.

Artikel ini saya buat untuk mengajak semua leader (terutama yang memiliki otoritas) untuk mau memajukan setiap SDM yang mampu dan bersedia, dengan cara merancang panggung untuk orang tersebut. Cara ini tidak sulit namun harus didukung data, sense of urgency, kepentingan perusahaan, dan fokus dalam monitoring, mentoring serta coaching selama panggung tersebut berlangsung.

Maksimalkan potensi kepemimpinan Anda dengan bantuan Leadership Coach kami.

{$detail->author->name}}
Sewaka Kosasih Muljadi, CEC

Leadership & Self Growth Coach Check the profile at https://visecoach.com/sewaka-kosasih-muljadi

Related Posts