Mindfulness for Wellbeing: Cara Meningkatkan Produktifitas Kerja
Wellness Coaching

Mindfulness for Wellbeing: Cara Meningkatkan Produktifitas Kerja

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Visecoach bekerjasama dengan ALAMI Sharia melangsungkan acara Corporate Wellbeing Program pada Kamis, 15 September 2022 secara online dengan tema “Mindfulness for Wellbeing and Productivity.” Isi dari acara tersebut dirangkum sedemikian rupa dalam artikel ini. Berikut sedikit rangkuman yang mungkin bisa menjadi motivasi dan inspirasi bagi Anda.

Tahukah Anda bahwa salah satu faktor penting yang berkontribusi pada kreatifitas dan produktifitas kerja namun sayangnya sering luput diperhatikan adalah wellbeing. Wellbeing sendiri bukanlah suatu kondisi tidak sakit atau bebas dari penyakit, namun bisa dibilang sebagai kondisi mental yang selalu merasa tenang, seimbang dan bergairah dalam situasi apapun.

Wellbeing erat kaitannya dengan kecerdasan emosional dan kemampuan mengorganisir pikiran secara sadar atau mindful. Dalam aspek kesehatan, wellbeing ini dipengaruhi oleh kemampuan kita dalam mengelola tubuh termasuk dalam mengatur asupan makanan.

Program Corporate Wellbeing Jannah ini ditujukan untuk memfasilitasi karyawan ALAMI SHARIA mencapai pencapaian wellbeing yang optimal di tengah situasi kerja yang serba kompleks dan cepat berubah. Di program ini semua karyawan diberikan akses untuk mempelajari video-video online learning tentang:

1. Emotional intelligence

2. Growth mindset

3. IKIGAI

4. Mindfulness

Semua video online learning dapat diakses kapan saja dimana saja melalui aplikasi digital coaching Visecoach. Video- video learning ini berisi teknik dan tips praktis untuk mencapai keseimbangan mental dan produktifitas maksimal. Konten video learning ini sarat dengan pengetahuan dan pengalaman dari para coach dan instruktur yang berguna untuk membantu karyawan ALAMI membangun kebiasaan yang sehat dan produktif.

Selain itu, karyawan ALAMI juga bisa berinteraksi langsung dengan coach di kelas-kelas latihan dimana setiap sesinya akan diisi oleh mindfulness trainer, IKIGAI coach, dan juga dokter gizi. Misi dari program ini adalah mencapai level wellbeing yang sehat dan seimbang untuk produktifitas yang maksimal bagi semua karyawan ALAMI Sharia.

Baca juga Self-healing: Sebuah Cara Menyembuhkan Diri

Adalah layak untuk direnungkan bahwa jika Anda memiliki keahlian yang mumpuni di kompetensi hard skill, strategic thinking, atau problem solving namun tidak mindful, maka itu semua tidak ada gunanya.

Kenapa? Karena keputusan yang dibuat nanti bisa jadi sembarangan, lalu cara memecahkan masalah juga hanya berdasarkan metode tetapi tidak timbul dari observasi yang jelas. Kemudian, jika Anda ingin mengembangkan suatu inovasi atau kreatifitas, maka idenya tidak muncul dari wider contexts (cara berpikir secara sistemik). Systemic thinking inilah yang dilakukan oleh Google, Apple, Tesla selama ini.

Dan, berpikir sistemik membutuhkan suatu kejelasan atau clarity dalam mengolah faktor-faktor yang ada. Inilah yang disebut dengan spatial awareness (momen untuk mengenali ruang). Bagaimana kita bisa mengenali ruang jika di dalam diri kita benyak terdapat muatan-muatan yang membuat ruang pikiran menjadi sempit. Yang terpikirkan hanya hal yang sama berulang-ulang. Inilah sebabnya orang seringkali merasa burnout atau kelelahan yang luar biasa, stress, dan anxiety.

Sementara itu Google, Apple, Tesla, dan perusahaan-perusahaan teknologi besar lain di dunia sudah mewajibkan karyawannya untuk melakukan latihan mindfulness setiap hari dimana Latihan mindfulness ini sudah diterapkan selama bertahun-tahun. Alasannya, karena setiap karyawan diharapkan bisa bekerja secara agile atau responsif dan fleksibel terhadap perubahan.

Apa yang dimaksud dengan mindfulness?

Mindfulness adalah suatu sikap penuh perhatian akan rasa dan perasaan kita pada saat ini -tanpa penilaian atau interpretasi apapun. Menghabiskan waktu pada membuat rencana, memecahkan masalah, memimpikan sesuatu, atau berpikiran negatif atau random akan membuat kita sangat kelelahan.

Anda juga akan mengalami stress, kegelisahan dan gejala depresi jika terus melakukan hal seperti itu. Berlatih mindfulness akan mmebantu Anda mengalihkan perhatian pada pikiran-pikiran random dan lebih terkoneksi dengan dunia di sekitar Anda.

Apa saja manfaat dari berlatih mindfulness?

Melakukan Latihan mindfulness dapat memberikan banyak manfaat bagi Anda, termasuk:

1. Mengurangi stress, kegelisan dan depresi

2. Mengurangi pikiran negatif dan distraksi

3. Memperbaiki suasana hati

Bagaimana cara berlatih mindfulness?

1. Pay attention

Jika Anda bertemu dengan seseorang, pikirkan tentang arti dan keunikan dari pertemuan itu. Latihlah kebiasaan memahami orang lain, menunda penilaian dan kritikan yang muncul dari dalam diri pada orang lain.

2. Melihat hal kecil di sekeliling Anda

Cobalah mencari satu objek kecil yang ada di rumah atau kantor Anda, lalu lihat objek tersebut dengan sejelas-jelasnya dan identifikasi apakah ada detil dari objek tersebut yang belum pernah Anda lihat sebelumnya. Ketika Anda bisa lebih memperhatikan dunia di sekitar maka Anda akan lebih menyukai hal-hal yang ada di sekeliling Anda.

3. Fokus pada napas

Duduklah di ruangan yang tenang dengan punggung tegak namun rileks. Rasakan napas Anda dari mulai masuk hingga keluar dari tubuh. Biarkan perhatian hanya pada napas Anda. Perhatikan bagian perut Anda kembang kempis seiring dengan jalannya napas. Jika pikiran Anda berkeliaran, alihkan dengan halus perhatian pada napas Anda. Jangan menilai diri sendiri. Ingatlah bahwa Anda tidak sedang mencoba untuk menjadi sesuatu, melainkan untuk memperhatikan hal-hal yang sedang terjadi di sekitar Anda, napas demi napas.

4. Bangkitkan rasa Anda

Ambillah sebuah apel. Duduk di ruangan yang tenang dengan punggung tegak namun rileks. Pandang apel tersebut, cium aromanya, rasakan, dan antisipasi keinginan memakannya. Cicipi apel tersebut dan kunyah perlahan.

Perhatikan bagaimana rasa apel berubah, bagaimana dorongan hati untuk mengunyah apel tersebut, dan apa pikiran serta emosi yang muncul dalam proses memakan apel tersebut. Perhatikan rasa Anda dengan baik, dan perhatikan bagaimana tubuh bereaksi. Hal ini mungkin akan memberikan wawasan berbeda mengenai cara makan dan makanan.

Lakukan latihan mindfulness setiap hari selama beberapa bulan ke depan. Seiring dengan berjalannya waktu Anda akan merasakan bahwa mindfulness itu mudah dilakukan. Anda bisa menganggap Latihan mindfulness sebagai suatu komitmen untuk terkoneksi dengan diri Anda.

Raih hidup sehat, bahagia dan seimbang dengan bantuan Wellness Coach kami.

Related Posts