Minum Teh Setiap Hari Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh
Wellness Coaching

Minum Teh Setiap Hari Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Apapun cuacanya, teh selalu menjadi satu minuman yang menyenangkan. Disajikan dingin atau panas, teh tetap nikmat. Bukan hanya menyegarakan, tetapi lebih dari itu. Ada banyak penelitian yang menyebutkan bahwa minum teh bisa meningkatkan kesehatan tubuh. Bahkan, riset terkini yang diterbitkan oleh European Journal of Preventive Cardiology, menyebutkan bahwa sekira 10.000 orang dewasa di China yang meminum teh secara teratur berisiko kecil terserang stroke daripada mereka yang tidak minum teh.

Berdasarkan riset tersebut, seseorang berusia 50 tahun yang meminum teh secara teratur berpeluang memiliki kesempatan hidup lebih lama satu setengah tahun daripada mereka yang jarang minum teh. Teh diyakini bisa menurunkan tekanan darah dan karena itulah teh bisa mengurangi risiko seseorang terkena serangan jantung atau stroke.

Teh, terutama teh hijau kaya akan flavonoids, polifenol, dan antioksidan yang bisa mendorong kerja otak, mengurangi stres, meredakan peradangan, dan memiliki manfaat kesehatan lainnya. Teh, selain bisa melindungi kesehatan gigi juga sebagai satu cara untuk memasok cairan ke dalam tubuh setiap hari. Meminum teh secara teratur setiap hari bisa membantu Anda mengurangi berat tubuh dan mengurangi risiko penyakit berat lain seperti diabetes dan kanker.

Baca juga 5 Alasan Membuat Kue Bisa Mengurangi Stres dan Kecemasan

Tentu saja, minum teh tanpa gula adalah yang terbaik, dan minum teh hijau sebanyak tiga sampai lima cangkir per hari adalah takaran optimal yang bermanfaat untuk kesehatan. Ingatlah untuk selalu mengkonsumsi makanan atau minuman sesuai takaran dan porsi karena segala hal yang berlebihan tidaklah baik.

Berikut 9 manfaat mengkonsumsi teh bagi kesehatan dan beberapa pilihan teh nikmat untuk disajikan:

1. Teh mengandung antioksidan

Antioksidan bekerja mencegah penuaan dini, membuat anda awet muda, dan melindungi Anda dari kerusakan karena polusi. Kandungan terbesar antioksidan ada pada teh putih hasil dari proses pengolahan yang minimum dibandingkan teh hitam atau teh hijau.

2. Teh mengandung lebih sedikit kafein dibandingkan kopi

Campuran herbal tidak mengandung kafein sedangkan teh tradisional mengandung kafein kurang dari 50% yang biasanya ditemukan pada kopi. Jadi, Anda bisa mengkonsumsi teh tanpa mengkhawatirkan dampaknya pada sistem saraf tubuh.

3. Teh mengurangi risiko serangan jantung dan stroke

Dampak konsumsi teh bagi tubuh merupakan dampak kesehatan yang paling memiliki banyak bukti. Mereka yang meminum empat atau lima cangkir teh hijau setiap hari berpotensi mengurangi risiko serangan jantung sebanyak 32% dan mengurangi kadar kolesterol LDL.

4. Teh melindungi kesehatan tulang

Data dari studi terkini yang dilakukan pada hewan menyebutkan bahwa teh hijau mencegah pengeroposan tulang. Moringa, tanaman yang ditemukan di Asia Selatan, memiliki kandungan kalsium yang lebih dari susu, zat besi, vitamin A dan K, dan hal ini menjadikan Moringa sebagai teh superfood.

5. Teh mencerahkan senyum Anda

Teh mengubah kadar pH di dalam mulut ketika Anda meminumnya dan membantu mencegah terjadinya gigi berlubang.

6. Teh mendorong peningkatan sistem imun

Teh Tulsi sudah dikenal lama dan dikonsumsi selama berabad-abad oleh praktisi Ayurvedic untuk menguatkan imun tubuh pasca mengalami cedera atau sakit karena mengandung anti bakteri, anti jamur, dan anti peradangan yang bagus.

7. Teh membantu memerangi kanker

Walau masih diperlukan riset lanjutan terkait hal ini namun bila Anda memiliki garis keturunan yang mengidap kanker dan Anda berkeinginan untuk tetap aktif beraktifitas seperti biasa maka ada baiknya untuk mengkonsumsi teh setiap hari, terutama teh hijau.

8. Teh herbal menenangkan sistem pencernaan

Teh herbal, terutama Chamomile, baik untuk dikonsumsi oleh orang yang mengalami iritasi pencernaan karena teh Chamomile bisa membantu meredakan ketegangan otot, dan teh jahe akan meredakan rasa mual.

9. Teh murni bebas kalori

Teh murni bebas kalori sama halnya seperti air. Ada banyak pilihan rasa dan manfaat dari teh untuk dikonsumsi dingin atau panas sesuai selera. Mengkonsumsi teh sama artinya dengan menikmati manfaat bagi kesehatan dan juga menjaga cairan tubuh.

Raih hidup sehat, bahagia dan seimbang dengan bantuan Wellness Coach kami.

Related Posts