Pandemi Covid-19: Tips Menjaga Kesehatan Saat Stay at Home
Wellness Coaching

Pandemi Covid-19: Tips Menjaga Kesehatan Saat Stay at Home

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Wabah virus corona yang sudah berlangsung sekira satu setengah tahun begitu menguras banyak energi kita dan jelas hingga saat ini virus corona masih menguasai banyak aspek kehidupan. Setelah sempat merasakan lagi kehidupan seperti normal, kini masyarakat harus kembali ‘Stay at Home’ dan lebih taat mematuhi protokol kesehatan karena tingkat penularan virus yang semakin meningkat.

Dalam situasi normal, bepergian dari satu tempat ke tempat lain menawarkan jeda yang menyenangkan dari rutinitas sehari-hari. Anda dapat menikmati kebebasan tersendiri dalam perjalanan panjang di kereta komuter atau di transportasi publik lainnya. Namun situasi kini jauh dari normal dan tidak menyenangkan dalam pembatasan ketat. Bagaimana Anda menjaga kesehatan dan tetap fokus bekerja dari rumah selama masa pengetatan ini? Beberapa tips di bawah ini mungkin bisa membantu Anda.

Menyalami hari

Jika Anda bangun di pagi hari dan merasa tidak menentu karena rutinitas yang berbeda, cobalah meluangkan waktu 10-15 menit untuk menyegarkan diri. Pikirkan tiga hal yang harus Anda syukuri saat itu, apakah selimut yang nyaman, rumah yang bersih dan wangi, ataupun mensyukuri bahwa wajah Anda tetap segar meski banyak hal yang harus dipikirkan. Ubah kebiasaan Anda dari seketika membuka handphone ketika terbangun menjadi membuka jendela dan menghirup udara segar pagi ini. Biarkan handphone Anda tidak tersentuh selama 15 menit.

Merasakan napas

Luangkan waktu beberapa menit untuk menyadari bagaimana Anda menikmat udara dan bernapas. Ambil napas dalam-dalam dan konsentrasi merasakan jalannya napas memasuki tubuh Anda. Tarik napas dalam hitungan 4, tahan dalam hitungan 7, lalu keluarkan napas dalam hitungan 8. praktikan cara ini setiap hari untuk membantu Anda merasa lebih santai, menghilangkan kegelisahan dan mengatur ulang sistem syaraf dalam tubuh.


Menyambut hari baru dengan senyum

Stretching atau melemaskan otot tubuh

Jaga kondisi tubuh Anda tetap aktif meski Anda bekerja dari rumah karena tubuh yang aktif akan meningkatkan daya tahan dan kesehatan mental Anda. Biasanya orang lebih fokus pada stres daripada kesehatan fisik. Anda bisa mencoba melakukan latihan atau senam, misalnya 10 menit melakukan qi gong -gerakan untuk melatih tubuh, atau melakukan stretching seperti yoga untuk menjaga tubuh tetap aktif dan tidak kaku.

Baca juga Apakah Emotional Wellness Itu?

Menjaga jarak bukan berarti Anda tidak boleh keluar rumah, tapi aktifitas seperti berkebun, berjemur, atau berkegiatan di halaman rumah akan membantu mengurangi kegelisahan dan meningkatkan kesejahteraan tubuh. Berada di luar selama 15 menit menghirup udara segar dan menyerap sinar matahari akan membantu tubuh mendapatkan vitamin D secara alami.

Makan yang baik

Nutrisi yang baik adalah penting di masa penuh tekanan seperti saat pandemi ini. Mengkonsumsi suplemen tidak akan terlalu menolong jika pola makan Anda kurang bagus. Utamakan untuk mengkonsumsi makanan berbahan dasar tanaman, terutama sayuran daun dan buah yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Kurangi konsumsi makanan mengandung banyak gula dan lemak jahat meskipun jenis makanan ini  begitu menggoda ketika Anda sedang merasa tertekan atau cemas. Tambahka jahe dan kunyit dalam masakan Anda, begitu juga menambahkan rosemary bisa membantu Anda lebih fokus. Selain itu banyaklah minum air mineral dan teh hijau.

Penataan ruang kerja di rumah

Simpan tanaman dalam pot berukuran kecil di atas meja Anda atau pasang gambar pemandangan alam di dinding untuk membantu menenangkan pikiran dan mengingatkan Anda pada alam.

Rasanya memang sulit untuk berkonsentrasi ketika rutinitas sehari-hari berubah dan masa depan tidak meyakinkan. Gunakan media sosial dengan bijka jika Anda menggunakannya. Aromaterapi juga bisa membantu Anda tetap fokus dan tenang. Untuk diingat bahwa minyak aromaterapi tidak hanya efektif untuk perawatan penyakit tetapi juga dapat membantu menaikkan suasana hati dan menciptakan lingkungan yang menenangkan.

Mari terus bersyukur atas hari ini dan semua yang Anda miliki, termasuk keluarga, teman, sahabat yang selalu memberi dukungan dan membantu ketika kita dalam kesulitan. Saling mendoakan dan membantu di masa sulit seperti ini akan membantu peningkatan kesejahteraan fisik dan mental Anda.

Raih hidup sehat, bahagia dan seimbang dengan bantuan Wellness Coach kami.

Related Posts