Pemimpin yang Efektif, Apa Saja Ciri-Cirinya?
Leadership Coaching

Pemimpin yang Efektif, Apa Saja Ciri-Cirinya?


Setiap pemimpin atau leader punya cara tersendiri dalam memimpin sebuah tim atau bahkan organisasi. Masing-masing leader memiliki karakter berbeda yang mempengaruhi gayanya dalam mengembangkan kemampuannya memimpin orang lain.

Meski demikian, hampir semua orang meyakini bahwa pemimpin yang efektif menggunakan prinsip yang sama dalam memberi arahan, inspirasi, dan panduan bagi orang-orang yang dipimpinnya sehingga mereka memperlihatkan keberanian, gairah, keyakinan diri, komitmen dan juga ambisi untuk maju.

Sangatlah mudah bagi seseorang untuk duduk dan memberi tugas pada orang lain, namun seorang pemimpin yang efektif mampu berbuat lebih dari itu.

Dampak positif yang ditimbulkan oleh seorang pemimpin yang baik bukan hanya pada anggota tim yang dikelolanya saja, tetapi juga terhadap organisasi secara keseluruhan. Karyawan yang bekerja di bawah arahan pemimpin hebat cenderung merasa lebih bahagia, lebih produktif, dan punya rasa  memiliki pada perusahaan tempatnya bekerja.

7 Ciri-Ciri Leader yang Efektif

Data yang diperoleh dari berbagai sumber dan juga pengalaman pribadi menunjukkan 7 karakteristik seorang leader yang efektif. Tentunya masih banyak lagi, namun diantaranya adalah:

1. Leader mampu melihat terlebih dahulu sebelum orang lain melihat

Leader seperti orang yang berdiri di puncak gunung. Ia mampu melihat kondisi sekeliling lebih komprehensif dibanding pengikutnya yang ada di bawah gunung. Yang ia lihat bukan hanya keadaan saat ini tapi juga tren masa depan. Inilah yang dimaksud dengan leader visioner. Ia mampu membaca pergerakan dari masa lalu dan masa kini untuk memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan.

2. Leader menjadi role model bagi orang lain

Cara terbaik untuk membangun kredibilitas tinggi adalah dengan memberikan contoh baik dalam berperilaku. Jika Anda menuntut banyak hal dari anggota tim maka sebagai leader Anda pun bersedia menetapkan standar tinggi untuk diri sendiri. Tetapkan perkataan dan perbuatan dalam satu garis lurus untuk membangun kepercayaan dan membuat tim sukarela mengikuti contoh yang Anda tunjukkan.

3. Leader menunjukkan integritas

Seorang pemimpin yang berintegritas memiliki nilai-nilai baik dalam membuat keputusan, berperilaku, dan berinteraksi dengan orang lain. Mereka bisa menetapkan garis tegas antara benar dan salah dan mendapatkan penghargaan dari orang lain atas ketulusan, prinsip, etika dan sikap konsisten yang dimilikinya. Menunjukkan integritas melalui perilaku sehari-hari akan membuat Anda di posisi leadership mendapatkan kesetiaan, kepercayaan, dan penghargaan dari anggota tim.

Baca juga 5 Tips Coaching bagi Manajer Baru

4. Leader berkomunikasi secara efektif

Kemampuan berkomunikasi secara efektif, ringkas, dan bijaksana merupakan keahlian yang krusial dari seorang pemimpin. Komunikasi melibatkan banyak hal, bukan hanya tentang mendengarkan orang lain dengan penuh perhatian dan merespon dengan baik, tetapi juga berbagi informasi yang berkualitas, mengajukan pertanyaan cerdas, terbuka atas ide dan gagasan baru, menjernihkan kesalahpahaman, dan juga berkomunikasi untuk menginspirasi dan menyemangati anggota tim.

5. Leader memberdayakan orang lain

Seorang pemimpin hebat memahami satu hal, yaitu orang akan mencurahkan kemampuan terbaiknya jika mereka percaya yang sedang dilakukannya memiliki arti. Pemimpin yang baik mampu mengkomunikasikan tujuan dan tenggat waktu yang jelas pada tim, namun memberikan kebebasan pada karyawan untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai cara mereka. Berikan tantangan dengan harapan tinggi dan semangat agar karyawan bisa lebih kreatif dan inovatif.

6. Leader memberikan motivasi dan inspirasi

Para pemimpin hebat mau meluangkan waktu memetakan kekuatan, kebutuhan dan prioritas dari anggota tim sehingga mereka bisa bergerak maju dengan gairah, antusiasme, inspirasi dan motivasi. Cara seperti ini akan membantu Anda menemukan cara terbaik untuk memotivasi anggota tim. Buatlah anggota tim merasa bahwa semua usaha mereka memberikan perbedaan berarti dan doronglah perkembangan potensi mereka dengan kejelasan tujuan dan tantangan.

7. Leader bersikap terbuka atas ide dan gagasan baru

Perubahan itu tidak dapat dihindari dan hal ini harus dipahami oleh seorang pemimpin. Menjadi sosok yang terbuka atas ide, gagasan, dan perspektif orang lain yang berbeda karena setiap individu memiliki perspektif unik yang dapat menjadi keuntungan tersendiri bagi tim.

Tanpa disadari, kepemimpinan yang tidak efektif akan merugikan tim dan bahkan organisasi, bukan hanya terhadap moral karyawannya saja, namun juga pada tingkat produktivitas dan menurunnya profit karena ketidaknyamanan karyawan dalam bekerja. Itulah kenapa kepemimpinan yang efektif sangatlah penting.

Untuk mempertahankan karyawan, memuaskan pelanggan, dan meningkatkan produktivitas perusahaan, organisasi membutuhkan pemimpin efektif sesuai dengan visi perusahaan, memandu tim, dan menunjukkan perubahan ke arah tujuan bersama.

Maksimalkan potensi kepemimpinan Anda dengan bantuan Leadership Coach kami. 

{$detail->author->name}}
Al Falaq Arsendatama, MCC

Executive & Transformational Coach Check the profile at https://visecoach.com/al-falaq-arsendatama

Related Posts