Seberapa Penting Aspek Wellness Bagi Kehidupan Kita?
Wellness Coaching

Seberapa Penting Aspek Wellness Bagi Kehidupan Kita?

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Menemukan istilah yang tepat atau padanan kata yang pas untuk wellness dalam bahasa Indonesia merupakan tantangan tersendiri. Wellness seringkali dikaitkan dengan kesehatan fisik, namun jika ditelaah lebih jauh makna kesehatan adalah suatu keadaan dimana tidak ada penyakit atau rasa sakit pada seseorang. Untuk sementara istilah yang dipakai masih menggunakan bahasa Inggris, wellness.

Apa sebenarnya pengertian dari wellness itu sendiri? Wellness adalah suatu proses aktif membuat banyak pilihan menuju kehidupan yang sehat dan penuh. Ketika seseorang melakukan banyak praktik kebiasaan sehat secara teratur setiap hari yang bertujuan untuk mencapai kesehatan fisik dan mental yang diharapkan. Melakoni hal itu secara berkelanjutan akan menjadikan Anda tak hanya bertahan dalam hidup tetapi juga berkembang menjadi pribadi yang lebih baik.

Dimensi Wellness

Dalam rangka mengejar pertumbuhan dan keseimbangan yang berkesinambungan maka ada baiknya individu tidak berpikir wellness hanya sebatas kesehatan fisik saja. Wellness tidak hanya mengenai nutrisi, olahraga, mengelola berat tubuh, tekanan darah dan lainnya, namun wellness lebih dari sekadar itu.

Wellness adalah tentang inetgrasi penuh pada aspek fisik, mental dan kesejahteraan spiritual. Suatu interaksi rumit yang membawa Anda pada kualitas hidup yang diinginkan. Oleh karena itu, wellness seringkali dipandang memiliki tujuh dimensi yang menyertainya, dimana setiap dimensi memberikan kontribusi pada rasa diri akan kualitas hidup dan masing-masing dimensi saling terkait satu sama lain. Jika salah satu dimensi terabaikan makaakan berdampak pada kualitas hidup secara keseluruhan.

Sejauh ini ada tujuh dimensi yang tercakup dalam ruang lingkup wellness, yaitu:

1. Dimensi fisik

Wellness secara fisik meliputi ragam perilaku sehat termasuk olahraga yang tepat, nutrisi yang baik dan jauh dari kebiasaan yang berbahaya seperti penggunaan obat dan alkohol yang berlebihan. Maknanya adalahseseorang harus belajar tahu dan mengenali gejala suatu penyakit, melakukan pemeriksaan medis yang teratur, dan melindungi diri sendiri dari cedera dan gangguan fisik yang menyakitkan. Mengembangkan kebiasaan sehat hari ini tidak hanya akan menambah panjang waktu hidup tetapi juga meningkatkan rasa senang dan kualitas perjalanan hidup Anda.

2. Dimensi emosional

Dilihat dari sudut pandang emosonal, wellness merupakan suatu kondisi dinamis yang mengalami naik turun secara berkala tergantung pada enam dimensi wellness lain yang ada. Memiliki kendali emosi yang baik seringkali dinyatakan memiliki kemampuan untuk merasakan dan mengekspresikan emosi manusia seperti kebahagiaan, kesedihan atau kemarahan.

Baca juga 5 Alasan Membuat Kue Bisa Mengurangi Stres dan Kecemasan

Maknanya adalah Anda memiliki kemampuan untuk mencintai dan dicintai dan menerima rasa penuh dalam kehidupan. Wellness secara emosional meliputi optimisme, percaya diri, penerimaan diri, dan kemampuan untuk berbagi rasa.

3. Dimensi intelektual

Dimensi intelektual memicu kreatifitas dan memberi stimulasi pada aktifitas mental. Pikiran kita harus terus menerus mendapat inspirasi dan dilatih sama halnya seperti tubuh. Mereka yang memiliki rasa intelektual tinggi memiliki pikiran yang aktif dan terus belajar. Mereka menggunakan banyak sumber yang tersedia untuk memperluas pengetahuan dan meningkatkan keahlian diri. Tahu tentang situasi dan kondisi terkini di masyarakat dan berpartisipasi dalam aktifitasnya adalah penting bagi meningkanya kualitas hidup.

4. Dimensi sosial

Wellness secara sosial merujuk pada kemampuan seseorang untuk berinteraksi dengan baik di dalam komunitas global dan memenuhi ekspektasi peran yang dimainkan. Artinya, Anda sebagai individu harus memiliki keahlian berkomunikasi yang baik, mengembangkan hubungan baik dengan orang lain, dan menciptakan jaringan teman dan keluarga yang selalu memberikan dukungan penuh atas segala yang Anda lakukan.

Wellness secara sosial meliputi menunjukkan rasa hormat pada orang lain juga diri sendiri, dan memberikan kontribusi pada komunitas dan dunia untuk membangun rasa saling memiliki yang baik.

5. Dimensi spiritual

Dalam aspek spiritual, wellness termasuk dalam memiliki kepercayaan, prinsip, atau nilai yang bisa memberikan arah pada kehidupan seseorang. Hal ini termasuk juga keyakinan, harapan dan komitmen pada diri sendiri untuk menggapai makna dan tujuan yang ingin dicapai. Kesediaan untuk mencari makna akan keberadaan manusia, mempertanyakan banyak hal, dan menghargai hal-hal yang belum bisa dijelaskan atau dimengerti. Orang yang spiritual akan mencari harmoni di antara kekuatan di dalam dan di luar diri.

6. Dimensi lingkungan

Terkait aspek lingkungan, wellness merupakan kesadaran akan kondisi Bumi yang tidak stabil dan efeknya pada kebiasaan manusia setiap harinya pada lingkungan fisik. Hal ini termasuk pada cara menjaga cara hidup yang bisa memaksimalkan harmoni dengan Bumi dan meminimalisir bahaya pada lingkungan, juga terlibat dalam tanggungjawab secara aktifitas sosial untuk melindungi lingkungan.

7. Dimensi pekerjaan

Terkait dimensi pekerjaan, wellness melibatkan persiapan dan penggunaan talenta, keahlian dan kemampuan individu untuk mencapai tujuan, mendapatkan kebahagiaan dan pencerahan dalam hidup. Hal ini terkait juga  pada perilaku Anda tentang pekerjaan yang sedang dilakoni. Meraih dimensi pekerjaan yang baik akan menjaga Anda tetap berperilaku positif dan mengalami kepuasan yang terintegrasi dengan pekerjaan Anda.

Wellness dalam dimensi pekerjaan maknanya adalah bisa mengintegrasikan komitmen dengan baik pada pekerjaan Anda menjadi gaya hidup yang memuaskan dan bermanfaat.

So, berdasarkan uraian singkat di atas apakah Anda sudah bisa mendapatkan harmoni dan keseimbangan dari seluruh dimensi wellness di atas?

Raih hidup sehat, bahagia dan seimbang dengan bantuan Wellness Coach kami.

Related Posts