Seberapa Penting Suplemen untuk Tubuh Kita?
Wellness Coaching

Seberapa Penting Suplemen untuk Tubuh Kita?

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Ketika Anda meraih botol berisi vitamin C atau pil minyak ikan, Anda mungkin penasaran sebagus ap acara kerja suplemen ini dan apakah aman untuk dikonsumsi oleh tubuh. Pertanyaan pertama yang harus diajukan adalah apakah Anda butuh mengkonsumsi suplemen tersebut atau tidak. Kita semua tahu banyak orang mengkonsumsi suplemen setiap hari atau sewaktu-waktu.

Suplemen ini tersedia di banyak apotek dan bisa dibeli tanpa memerlukan resep dokter. Suplemen yang umum di pasaran adalah vitamin C, mineral dan produk herbal. Orang menggunakan suplemen untuk memastikan tubuh mendapat nutrisi penting yang cukup untuk menjaga atau meningkatkan kesehatan. Namun begitu, tidak semua orang butuh mengkonsumsi suplemen.

Vitamin adalah nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh agar bisa berfungsi baik, namun tubuh tidak bisa memproduksi sendiri. Artinya, sumber vitamin untuk tubuh didapatkan dari asupan makanan kita. Jika Anda membutuhkan vitamin C maka Anda bisa mengkonsumsi buah-buahan. Jika butuh vitamin A Anda bisa mengkonsumsi wortel dan lainnya. Ini berarti terkadang orang dengan asupan makanan yang kurang seimbang tidak bisa mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan agar tetap sehat.

Beberapa suplemen memiliki efek samping, terutama jika dikonsumsi sebelum pembedahan atau dikonsumsi bersamaan dengan obat lain. Suplemen bisa menyebabkan gangguan kesehatan jika Anda memiliki riwayat penyakit tertentu. Penelitian menyebutkan bahwa kekurangan vitamin D akan menyebaban depresi, tetapi bukan berarti Anda harus terus menerus mengkonsumsi vitamin, karena ada sumber lain yang bisa dimanfaatkan, misalnya berjemur di bawah sinar matahari pagi akan menambah dosis vitamin D di dalam tubuh. Jadi jika Anda bisa melakukan hal ini secara konstan maka Anda tidak perlu mengkonsumsi tablet vitamin D setiap hari.

Baca juga Mengatasi Insomnia (Sulit Tidur)

Terlalu banyak vitamin juga tidak baik karena konsumsi vitamin yang berlebihan akan menimbulkan efek samping bagi kesehatan. Terlalu banyak mengkonsumsi vitamin A, D, E, atau K misalnya, maka Anda bisa meningkatkan risiko gangguan kesehatan serius seperti kerusakan liver, tulang rapuh, sakit kepala atau mual muntah.

Hal ini terjadi karena vitamin yang larut dalam lemak disimpan oleh tubuh, sedangkan vitamin yang larut dalam air tidak. Artinya bahwa jika Anda overdosis dari vitamin yang larut dalam lemak dapat menyebabkan penumpukan dalam sistem tubuh. Karena itu, penting untuk memantau beberapa vitamin yang Anda konsumsi. Apakah Anda perlu meminumnya setiap hari? Apakah Anda menunjukkan tanda-tanda kekurangan vitamin?

Jadi, kebutuhan akan suplemen tergantung dari seberapa seimbang asupan makanan bernutrisi yang dikonsumsi setiap hari. Namun, bagi anak-anak, mereka sebaiknya mengkonsumsi suplemen yang mengandung vitamin A, D, dan C untuk mencapai keseimbangan nutrisi karena tidak mudah memaksa anak-anak untuk mengkonsumsi makanan yang sudah sepenuhnya seimbang dan mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Raih hidup sehat, bahagia dan seimbang dengan bantuan Wellness Coach kami. 

Related Posts